Tips Menyusun Tesis Manajemen Keuangan yang Baik dan Benar

Makalah.id – Tesis manajemen keuangan yang baik harus menggunakan data real keuangan dari salah satu instansi baik itu swasta atau negeri. Jangan hanya menggunakan data manipulatif yang nantinya justru menjadi tidak bermanfaat karena study kasusnya tidak nyata. Tidak hanya merugikan diri anda sendiri, namun orang lain pun akan dirugikan jika menggunakan tesis anda sebagai bahan percontohan.

Tips Menyusun Tesis Manajemen Keuangan

Tips Menyusun Tesis Manajemen Keuangan

Tesis manajemen keuangan bisa menentukan seberapa mahir anda mengelola keuangan dari penelitian yang anda lakukan sobat. Dengan demikian anda pun akah tahu seberapa jauh kemampuan yang anda miliki untuk diterapkan pada kehidupan nyata seperti halnya berbisnis atau pun bekerja di lembaga – lembaga yang berkecimpung di dunia keuangan.

Lantas hal apa saja yang wajib diperhatikan untuk menghasilkan tesis manajemen keuangan berkualitas? Untuk mewujudkannya anda bisa menyimak tips lengkapnya di bawah ini sobat. Hal – hal tersebut antara lain sebagai berikut :

Buatlah Judul Tesis Manajemen Keuangan dengan Permasalahan – Permasalahan Baru

Carilah Judul dari Permasalahan Baru

Carilah Judul dari Permasalahan Baru

Sebuah penelitian yang mengadopsi permasalahan – permasalahan keuangan yang sering terjadi di masyarakat pada umumnya tentu saja adalah hal yang wajar dan tidak menarik sama sekali. Karena hal tersebut merupakan kejadian yang banyak dan seringkali ditemukan dalam pembuatan pelaporan keuangan.

Contohnya saja permasalahan koruptif yang disengaja dengan merekayasa nominal – nominal di dalam laporan disertai dengan lampiran palsu. Inilah yang dikatakan sebagai permasalahan pasaran. Hindari pembuatan judul mengadopsi dari pemasalahan pasaran ya sobat.

Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Sesuai dengan EYD

Penelitian dikatakan baik tidak hanya karena isinya saja yang harus diperhatikan sobat, melainkan penggunaan susunan kalimat dan EYD juga sangat penting. Kalimat formal adalah kalimat paling tepat untuk digunakan dalam rangka menyusun sebuah penelitian. Tidak dianjurkan untuk menyingkat – nyingkat kalimat dalam menyusun sebuah penelitian ya sobat.

EYD (ejaan yang disempurnakan) yang diterapkan dengan baik dalam sebuah penelitian, secara otomatis akan menambah kualitas dari penelitian itu sendiri. Setiap orang yang membacanya akan merasa nyaman dan enak saat mempelajarinya. Naluri setiap orang adalah selalu jeli dalam menemukan kesalahan, jadi motivasi anda dalam menyusun sebuah penelitian harus lebih ditingkatkan dan diperhatikan setiap susunan kata yang anda rangkai.

Minimalisir Human Error Seperti Typography Font

Minimalisir Human Error Seperti Typography Font

Minimalisir Human Error Seperti Typography Font

Banyak orang yang tidak sadar bahwasannya kesalahan dalam penulisan atau populer disebut dengan nama ”typo”, sangat berpengaruh terhadap kualitas penulisan khususnya dalam menyusun sebuah penelitian. Baik itu kurang huruf, kelebihan huruf dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kesalahan yang mungkin saja terjadi saat proses pengetikan, maka anda wajib memperhatikan kata demi kata yang anda tulis ya sobat. Dengan memperhatikannya, tentu saja akan membantu anda meminimalisir typo. Jangan remehkan typo, karena typo bisa saja mengubah makna dalam sebuah kalimat.

Terapkan Semua Prosedur yang Telah Ditetapkan ke Dalam Penelitian Anda

Dalam menyusun sebuah penelitian, biasanya pihak kampus akan memberikan panduan dan prosedur apa saja yang harus diperhatikan serta diterapkan. Berbeda kampus pasti berbeda kebijakan. Jadi anda wajib memberi perhatian khusus.

Usahakan untuk mempelajari panduan dan prosedur terlebih dahulu sampai benar – benar paham. Jika anda tidak paham tentang panduan dan prosedur tersebut, maka kemungkinan besar banyak revisi sudah di depan mata anda sobat. Kemudian kerja keras yang anda lakukan pun akan terasa sia – sia belaka karena tidak sesuai dengan panduan dan prosedur yang telah ditentukan.

Perbanyak Referensi Sebagai Pelengkap Data Penelitian yang Relevan

Referensi Sebagai Pelengkap Data Penelitian yang Relevan

Referensi Sebagai Pelengkap Data Penelitian yang Relevan

Dalam menyusun sebuah penelitian yang baik, tentu saja bisa ditentukan dari sumber mana saja anda memperolehnya. Perbanyaklah referensi untuk mendapatkan kualitas penelitian dengan hasil memuaskan. Jangan malas untuk mengumpulkan referensi hanya bergantung dengan referensi yang teman anda cari saja. Sebaiknya anda yang lebih aktif untuk mengumpulkan referensi sebagai bahan penunjang penelitian.

Sekarang ini sudah dimudahkan berkat adanya internet. Anda bisa mencari referensi dengan mengetikkan berbagai kata kunci di mesin pencarian seperti google. Nantinya akan muncul berbagai sumber yang ada di internet. Sehingga proses pencarian buku referensi pun kan menjadi mudah.

Anda bisa pilih kategorinya menjadi book. Jadi saat anda pergi ke perpustakaan atau pun toko buku, maka anda sudah mempunyai rancangan referensi apa saja yang dicari, bukan hanya bingung saja disana. Karena pengalaman yang pernah saya rasakan seperti itu. Mending sudah menyusun rencana terlebih dahulu sebagai bekal agar lebih terstruktur dibandingkan hanya pergi tanpa tujuan.

Rekap Bukti Penelitian dengan Baik

Banyak waktu sudah anda habiskan untuk observasi di tempat penelitian. Tentu saja dalam proses observasi tersebut banyak bahan dan data yang sudah anda kumpulkan. Untuk menciptakan sebuah penelitian yang baik bisa ditentukan seberapa rapi anda merekap data – data yang sudah anda kumpulkan. Disusun sesuai dengan urutan yang benar untuk mempermudah pencarian.

Coba saja anda bayangkan jika dokumen dan data yang anda peroleh semrawut. Apakah nantinya anda tidak akan merasa kesulitan? Jawabannya pasti akan merasa kesulitan dalam memahaminya sobat. Jadi hal sepele seperti ini pun wajib anda perhatikan.

Terasa singkat informasi kali ini yang bisa penulis berikan kepada anda semua mengenai tesis manajemen keuangan. Semoga apa yang anda dapatkan pada kesempatan kali ini bisa membawa banyak manfaat berarti bagi kehidupan anda semua sobat. Sebelumnya penulis juga memohon maaf atas segala keterbatasan ilmu yang penulis miliki sehingga banyak kekurangan dari artikel di atas. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Salam hangat dari penulis dan sampai jumpa.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.