12 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar 2017

Setiap jobseeker harus memperhatikan surat lamaran kerja, maka dari itu kami akan berikan tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar terbaru. Surat lamaran kerja merupakan hal yang paling utama selain CV, karena surat lah yang menjadi patokan kepribadian kita. Apa kita benar-benar siap untuk bekerja dan rapih dalam kebiasaannya?

Seorang HRD bisa membaca surat lamaran kerja dari tulis tangan dan penempatan format lamarannya. Bagi seseorang fresh graduate pastinya sering kebingungan dalam memilih surat lamaran. Seperti apa sih surat lamaran kerja yang baik itu? Seperti apasih surat lamaran kerja yang benar itu atau bahkan ada pertanyaan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan itu?

Disinilah tugas kami, kami akan menjelaskan secara detail mengenai lamaran kerja. Mulai dari tips menulis surat lamaran kerja, cara membuat surat lamaran kerja sampai kami berikan contoh-contoh surat lamaran kerja. Tentunya khusus bagi Anda sebagai referensi dalam menulis ulang lamaran kerja sesuai posisi dan perusahaan yang akan dilamar.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Berikut ini tips menulis surat lamaran kerja, cermati dengan baik agar Anda langsung di panggil untuk interview. Surat lamaran kerja ini harus disusun dengan baik dan secara sistematika. Format tata bahasa menggunakan bahasa baku sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Tips surat lamaran kerja diantara:

  • Memastikan bahwa nama perusahaan ditulis dengan baik dan benar. Silahkan cari perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan sampai keliru menulis nama perusahaan.
  • Tulis surat lamaran kerja secara padat, penuh isi lamaran yang penting. Tulis lamaran serapih mungkin, hindari tipe-x, kotor, dll. Meskipun tulisan tidak terlalu bagus, hal itu tidak apa-apa yang penting rapih dan bersih. Jika tidak diwajibkan menulis dengan tulis tangan, lebih baik menulis lamaran kerja di ketik.
  • Gunakan bahasa baku sesuai ejaan yang disempurnakan, namun tetap menggunakan bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Jangan sampai menulis dengan bahasa yang tidak dimengerti. Jangan bertele-telem, gunakan bahasa singkat dan padat.
  • ISI
    Dalam isi surat lamaran kerja, ada yang harus diperhatikan yakni:
    – Pembukaan
    – Mengetahui penerimaan informasi tenaga kerja darimana. Apakah dari media sosial, iklan baris, atau koran?
    – Ceritakan secara singkat lowongan yang Anda inginkan.
    – Sebelum menulis, baca secara seksama requerement lowongan tersebut.
    – Pendidikan
  • Yang terakhir Proof Read
    Artinya silahkan Anda baca kembali dengan seksama supaya tidak ada kesalahan penulisan. Pastikan semuanya dengan benar tanpa ada kesalahan sedikitpun. Hindari kata-kata berulang.

7 Hal penting membuat surat lamaran kerja yang baik

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja.

  1. Riset perusahaan
    Sebelum menulis lamaran kerja, cari informasi tentang perusahaan yang akan Anda lamar.
  2. Jangan tulis ulang apa yang ada di CV
    Surat lamaran memang harus menjelaskan apa yang Anda capai selama ini. Namun usahakan tidak membuatnnya sama seperti yang ada di CV.
  3. Perhatikan paragraf pertama dan terakhir
    Paragraf awal jangan terbelit-belit. Pastikan langsung ke pokok bahasan yaitu jelas dan bersifat menjual. Paragraf terakhir harus tegas dan meminta mereka menghubungi Anda jika berkenan.
  4. Sebutkan kemampuan yang paling menonjol
  5. Tunjukan antusias Anda
  6. Tanda tangani surat lamaran kerja
  7. Tampilan surat

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini mengenai hal yang harus diketahui dalam menulis lamaran kerja yang baik dan benar. Sehingga dapat menarik pihak perusahaan.

Nah setelah mengetahui tips menulis lamaran kerja yang baik dan benar. Mari kita simak contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar versi www.makalah.id. Silahkan klik link berikut ini:

Leave a Reply