Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Metode Wawancara, Observasi dan Pengumpulan Data

Makalah.id – Tesis manajemen sumber daya manusia bisa anda susun dengan baik jika anda mengetahui komponen – komponen pendukungnya. Berbagai metode bisa diterapkan demi menunjang proses penyusunannya. Tidak seperti skripsi yang bahan penelitiannya terbatas, untuk tesis sendiri ruang lingkupnya tentu akan lebih luas sesuai dengan jenjang pendidikannya.

tesis manajemen sumber daya manusia

tesis manajemen sumber daya manusia

Berbagai macam metode dalam proses penyusunan tesis manajemen sumber daya manusia memang mempunyai pengaruh besar terhadap sukses dan tidaknya karya tulis tersebut dibuat sobat. Jadi jangan sampai anda menyepelekannya jika tidak ingin gagal. Selama proses penyusunan anda akan terus berkecimpung dengan metode – metode yang wajib anda gunakan. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini :

Menyusun Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Metode Wawancara (Interview)

metode wawancara sebagai pendukung tesis manajemen sumber daya manusia

metode wawancara sebagai pendukung tesis manajemen sumber daya manusia

Metode pertama yang wajib digunakan adalah dengan metode wawancara. Dengan melakukan wawancara maka anda bisa mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya pada orang – orang yang berhubungan dengan objek yang sedang anda teliti. Dalam rangka melakukan wawancara hendaknya anda memperhatikan berbagai cara yang wajib digunakan agar wawancara anda sukses :

  • Perhatikan Tujuan Utama dan Temanya

Tujuan utama harus anda utarakan kepada narasumber terlebih dahulu, apakah anda membutuhkan informasi seputar isu yang ada pada lingkungan tempat ia bekerja atau anda membutuhkan informasi juga mengenai pengalaman pribadi yang berkaitan dengan narasumber. Kemudian satu hal yang seringkali dilewatkan adalah tema, pertanyaan yang akan anda ajukan harus sesuai dengan tema yang anda ajukan pada proposal penelitian.

  • Anda Wajib Menyusun Rencana Terlebih Dahulu Bagaimana Proses Wawancara Akan Berjalan

Ini penting sobat, jangan sampai anda melaksanakan interview spontan begitu saja, karena dijamin data yang akan anda dapatkan kurang lengkap. Karena akan ada beberapa yang pasti kelupaan. Rencana wawancara yang anda susun bisa digunakan sebagai panduan dalam proses wawancara sedang berlangsung.

  • Melakukan Janjian Terlebih Dahulu Kapan Waktu yang Tepat Agar Tidak Mengganggu Aktivitas Kerjanya

Sebelum memutuskan untuk melakukan wawancara, sebaiknya anda menghubungi nara sumbernya terlebih dahulu. Disarankan jangan melalui chat atau pesan singkat, anda bisa menelponnya terlebih dahulu, kapan dan dimana proses wawancara bisa dilakukan. Dengan demikian anda tidak akan mengganggu kesibukan nara sumber. Bukan nara sumber yang mengikuti anda, tapi anda yang mengikuti jadwal dari nara sumber.

  • Proses Transkripsi Hasil Wawancara

Setelah data yang anda butuhkan terkumpul semua, sekarang saatnya anda memulai untuk menyusun transkripsi. Transkripsi digunakan untuk memudahkan anda dalam memahami data. Data menjadi lebih rapi dan berurutan sesuai porsinya. Karena tanpa adanyap pengolahan data mentah yang anda dapatkan tersebut, maka anda akan kebingungan sendiri nantinya.

  • Berikan Hasil Transkripsi Mentahnya Kepada Narasumber Agar Transparan

Jangan lupa jika anda sudah selesai menyusun transkripsi, tawarkan data tersebut kepada nara sumber jika memang ia ingin melihatnya guna mencegah kecurigaan dari nara sumber. Jadi semua yang sudah dilakukan menjadi lebih transparan.

  • Proses Analisa Data Hasil Transkripsi

Tidak hanya selesai pada data transkripsi saja, selanjutnya anda bisa melakukan proses analisa data transkripsi yang sudah anda buat tersebut. Analisa data tersebut akan membuat anda menjadi lebih memahami apa saja informasi yang ada. Usahakan untuk membacanya berkali – kali. Karena jika sekali saja, pemahaman anda menjadi tidak maksimal.

Menyusun Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Metode Observasi

metode observasi sebagai pendukung tesis manajemen sumber daya manusia

metode observasi sebagai pendukung tesis manajemen sumber daya manusia

Nah untuk metode selanjutnya berbeda dengan metode sebelumnya sobat. Karena metode ini, peneliti dituntut untuk memperhatikan dengan seksama objek yang ia teliti. Mulai dari aktivitas, perilaku, dan hal lainnya yang bisa dijadikan sebagai sumber informasi nantinya.

Semua kejadian yang anda lihat di depan mata, wajib dicatat guna mengumpulkan data itu sendiri. Selain itu anda juga harus bisa lebih fokus dengan objek yang anda teliti. Jika anda melakukan observasi di ruang lingkup perusahaan, usahakan untuk tidak mengganggu aktivitas para kerjanya. Pengamatan yang anda lakukan sudah cukup menjadi sumber informasi bagaimana suatu proses itu terjadi.

Menyusun Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Metode Pengumpulan Data Melalui Buku, Dokumen, Internet dan Jurnal

Metode selanjutnya ini gampang – gampang susah sobat. Untuk mendapatkan sumber informasi tambahan sebagai bahan pendukung, tentu saja anda harus bekerja keras membaca hal – hal yang berkaitan dengan semua penelitian yang anda lakukan. Karena jika tidak anda lakukan dengan teliti, sumber informasi pendukung akan sulit anda dapatkan.

Dibutuhkan banyak waktu luang untuk mengumpulkan data penunjang baik itu dari buku, dokumen, internet atau pun jurnal. Anda bisa membuat daftar, informasi apa saja yang diperlukan agar kesemuanya bisa tersusun dengan baik. Selanjutnya anda bisa menjadwalkan kapan bisa mulai berburu buku yang dibutuhkan.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk mendapatkan tesis manajemen sumber daya manusia yang sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan perjuangan keras untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Karena dengan kerja keras dan kemauan yang tinggi, hal yang sulit sekalipun akan menjadi lebih mudah.

Demikian ulasan artikel yang bisa penulis sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai tesis sumber daya manusia. Semoga sedikit ulasan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika pengetahuan yang penulis miliki sangatlah terbatas. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.