Tata Cara Penyusunan Tesis Manajemen Keuangan yang Baik

Makalah.id – Tesis manajemen keuangan itu mempunyai pembahasan yang cukup luas. Anda bisa mendapatkan tema dari berbagai sumber organisasi, instansi atau pun perusahaan. Bisa itu ruang lingkupnya sempit atau pun luas, baik negeri maupun swasta. Anda bebas memilihnya sesuka hati dan yang menjadi poin terpenting adalah harus unik ya sobat. Tesis merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masa depan anda, jadi jangan sampai anda sia – siakan. Mumpung ada kesempatan, gunakanlah kesempatan itu dengan baik.┬áIngat bahwa tesis itu berbeda dengan skripsi yang ruang lingkupnya lebih sempit.

Dalam proses penyusunan tesis manajeman keuangan memiliki banyak komponen yang harus anda perhatikan agar tercipta hasil maksimal. Semua komponen tersebut, nantinya akan coba penulis kupas tuntas pada penjelasan di bawah ini sobat. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Perhatikan Metode yang Anda Gunakan Pada Tesis Manajemen Keuangan

Metode merupakan komponen penting yang wajib anda pertimbangkan baik – baik. Terlebih lagi tesis yang akan anda buat berhubungan dengan manajeman keuangan. Berbicara mengenai manajemen keuangan sendiri mempunyai banyak resiko dan dianggap sangat sensitif. Karena ruang lingkup yang berhubungan dengan keuangan tidak ada tolerasi jika laporan yang disajikan terjadi selisih meskipun angkanya hanya terpaut 1 digit saja.

Metode – metode yang bisa anda gunakan, antara lain meliputi :

  • Metode wawancara (interview) secara langsung kepada narasumber.
  • Metode observasi (penelitian) secara mendalam.
  • Metode dengan sumber pendukung seperti buku, internet, jurnal atau pun sumber lainnya.

Ketiganya wajib anda gunakan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Karena semua metode yang akan dilakukan tersebut, masing – masing mempunyai kelebihan yang bisa mendukung proses penyusunan penelitian anda tersebut. Mulai dari dari pendapat orang terkait, proses yang ada di depan mata anda, sampai dengan bahan – bahan penunjangnya seperti dokumen dan lain sebagainya.

Gunakan Data – Data yang Real Tanpa Ada Rekayasa

sumber data nyata tanpa manipulasi

sumber data nyata tanpa manipulasi

Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu tempat yang sedang anda observasi baik atau tidak. Dapatkan data selengkap – lengkapnya dan hindari hal – hal yang menagarah kepada manipulasi data. Karena fakta – fakta yang anda temukan tersebut, otomatis akan menuntut anda untuk menemukan solusinya. Dan kabar baiknya, pengalaman seperti ini akan mengasah kemampuan anda sudah seberapa jauh. Sehingga nantinya saat anda terjun langsun ke dunia usaha, anda sudah mempunyai bekal yang cukup.

Susunlah Data – Data yang Anda Dapatkan dengan Baik

Kesemrawutan data yang didapatkan pada saat proses penelitian berlangsung merupakan hal yang sangat lumrah terjadi. Karena waktu yang terbatas dan dituntut untuk kerja cepat, tidak heran jika data – data yang dikumpulkan tidak bisa langsung dirapikan.

Namun perlu anda ingat, meskipun data – data yang anda dapatkan tidak teratur saat proses penelitian berlangsung, untuk mengatasinya ialah dengan cara merapikannya langsung setelah semua proses selesai. Jangan sampai anda menunda – nunda waktu.

Karena saat itu juga jika anda langsung merapikannya, maka akan jauh lebih mudah. Anda masih ingat betul prosesnya sehingga sumber data bisa tersaji dengan baik. Berbeda jika anda menundanya, penulis yakin anda pasti sudah lupa dan merasa kesulitan dalam hal merapikan. Setuju ya sobat?

Proses Perhitungan Wajib Dilakukan dengan Teliti dan Cermat

Anda tahu sendiri bahwasannya manajemen keuangan akan sering bertemu dengan deretan angka – angka. Salah satu digit saja maka resikonya akan sangat besar. Dalam proses mengolah data, sebaiknya anda melakukan perhitungan dengan lebih teliti dan cermat.

ketelitian dalam berhitung

ketelitian dalam berhitung

Karena perhitungan sendiri dalam ilmu manajemen keuangan bisa disebut sebagai jantung. Jadi anda sangat dianjurkan untuk mengasah kemampuan khususnya berhitung, agar nantinya saat sudah mengolah keuangan secara nyata, anda bisa mengelolanya dengan baik tanpa adanya resiko yang berarti.

Ketelitian dan kecermatanlah yang menjadi komponen penting untuk bisa mewujudkan kesempurnaan perhitungan yang anda lakukan tersebut. Meskipun terkadang akan membuat kepala menjadi pusing, namun jika anda sudah menemukan teknik perhitungan yang tepat dan mudah, maka anda akan bisa menikmatinya.

Biasakan Untuk Melakukan Pengecekan Ulang Beberapa Kali

Dalam mengelola keuangan, setelah proses penyusunan laporan selesai, sebenarnya anda dianjurkan untuk melakukan pengecekan kembali. Pasalnya jika anda hanya sekali saja melakukan pengelolaan data dalam satu proses pelaporan, maka akan beresiko besar terhadap kesalahan hitung. Jadi penulis menyarankan kepada anda untuk selalu melakukan pengecekan.

Tidak hanya satu kali saja, namun bisa anda lakukan dengan berkali – kali untuk memastikan bahwa perhitungan anda memang sudah benar – benar rampung tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Dalam hal ini berarti anda dituntut untuk bekerja sempurna ya sobat. Karena pengelolaan manajemen keuangan tidak ada toleransi. Lebih ya lebih dan kurang ya kurang. Tidak boleh lebih, dan tidak boleh kurang.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk mendapatkan tesis manajeman keuangan yang baik, pastikan anda mempunyai pertimbangan yang baik, selalu berusahan untuk mendapatkan ide – ide kreatif guna menemukan solusi, dan yang paling penting adalah wajib teliti dan pandai dalam menyusun laporan data keuangan yang sudah anda kumpulkan sebelumnya. Sehingga diharapkan anda mampu mengatasi segala permasalahan mengenai manajeman keuangan termasuk resiko besar yang harus ditanggung.

Demikian yang bisa penulis sampaikan kepada anda pada pembahasan kali ini mengenai tesis manajemen keuangan. Terima kasih sudah berkunjung dan juga membaca artikel ini. Semoga bisa membawa dampak baik dan banyak manfaat bagi anda semua. Jangan lewatkan artikel – artikel selanjutnya yang tidak kalah menariknya sobat. Salam hangat selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.