Surat resmi perusahaan dan undangan (Format penulisan surat dan Contohnya)

Makalah.id – Surat resmi sering disebut juga dengan surat dinas yang berfungsi sebagai media komunikasi dalam format tulisan yang umumnya dipergunakan dalam kondisi formal ataupun resmi. Surat seperti ini dibuat sesuai dengan tata penulisan dasar persuratan dan juga beberapa syarat syarat tertentu. Surat resmi tidak hanya digunakan pada instansi saja, melainkan perusahaan, perorangan, organisasi ataupun lembaga. Surat resmi perusahaan dipergunakan perusahaan untuk melakukan banyak hal, mulai dari penawaran, edaran, pengumuman hingga tugas. Format penulisan surat ini hampir sama dengan penulisan surat undangan resmi perusahaan.

Fungsi dari surat resmi perusahaan :

  1. Sebagai sarana pemberitahuan untuk menyampaikan suatu hal tertentu, bisa berupa pemikiran, gagasan ataupun ide
  2. Sebagai bukti tertulis yang berbentuk dokumen dengan isi berkas bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan
  3. Sebagai pedoman kerja untuk menyampaikan langkah langkah kerja dan juga dasar dalam melakukan pekerjaan tertentu
  4. Sebagai alat pengingat mengenai suatu hal tertentu. Point ini lebih menitik beratkan pada penyimpanan surat dan apabila sewaktu waktu dibutuhkan bisa dipergunakan untuk mengingatkan
  5. Sebagai bukti sejarah terkait kronologis perjalanan secara jelas

Surat resmi terdapat berbagai ciri khas yang membedakan dengan surat tidak resmi. Hanya dengan memperhatikan beberapa poin poin khusus saja bisa langsung membedakannya.

Ciri surat resmi perusahaan :

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, efektif dan mudah dimengerti
  2. Memakai bahasa baku yaitu bahasa Indonesia dengan ejaan telah disempurnakan (EYD)
  3. Menggunakan struktur penulisan SPOK (subjek, predikat, objek dan keterangan)
  4. Cermat dalam memilih kata, tidak berbelit belit dan membingungkan
  5. Menggunakan bahasa eksplisit
  6. Format penulisan full block ataupun semi block/indented block
  7. Terdapat kop surat, nomor, lampiran, perhal, tanggal dan alamat tujuan
  8. Dalam kondisi tertentu, disertai stempel ataupun cap khusus perusahaan
  9. Format penulisan sistematis

Surat resmi perusahaan bisa dipergunakan untuk bermacam macam hal tergantung dari jenis surat resmi tersebut dan dengan peruntukan bervariasi.

Jenis jenis surat resmi perusahaan :

  1. Surat Permohonan

Surat ini biasanya dipergunakan untuk memohon sesuatu kepada orang lain. Secara umum surat permohonan seperti ini mempunyai sifat menginginkan sesuatu dan dalam penggunaannya ditujukan untuk atasan ataupun pengadilan.

  1. Surat Keputusan

Surat keputusan berisi keputusan yang dibuat dari atasan terkait hal hal tertentu yang belum jelas dan biasanya berkaitan dengan lembaga ataupun instansi. Surat keputusan sendiri merupakan perwujudan dari dasar hukum atas suatu tindakan, aktivitas, kegiatan, situasi, kondisi ataupun fungsi status bagi seseorang yang kemudian dijadikan sebagai aspek legal dalam menetapkan sesuatu. Aplikasi surat keputusan di dalam kehidupan nyata terkadang kurang tepat karena penggunaannya yang tidak sesuai sehingga menimbulkan kerancuan.

  1. Surat Panggilan/Undangan

Surat seperti ini dipakai untuk memanggil atau mengundang seseorang dalam acara kepentingan tertentu. Pemberian surat undangan adalah perwujudan penghormatan terhadap orang tertentu dalam suatu acara tertentu. Surat seperti ini umumnya disusun pada kertas menarik, berkualitas baik dan memakai sampul.

  1. Surat Perintah

Surat perintah memiliki fungsi sebagai perantara pesan dari atasan ke bawahan dengan cara memerintah ataupun menginstruksikan. Umumnya surat perintah diberikan dari pihak yang mempunyai jabatan lebih tinggi kepada pihak yang mendapatkan perintah.

  1. Surat Kuasa

Surat kuasa dimaksudkan untuk memberikan kuasa atau wewenang dari seseorang kepada orang lain untuk melakukan hal hal tertentu, seperti pengambilan ijazah, pemberian kuasa atas pengambilan uang pada bank tertentu atau bahkan pembayaran pajak.

  1. Surat Edaran

Surat edaran berisi pesan tertulis dengan tujuan untuk menginformasikan suatu hal/kegiatan tertentu yang ditujukan terhadap kelompok ataupun kalangan kalangan tertentu. Sifat dari surat seperti ini adalah tidak rahasia (umum) sehingga bisa diketahui oleh banyak orang. Surat ini mengandung pemberitahuan secara resmi.

CONTOH SURAT RESMI PERUSAHAAN

Terdapat berbagai macam contoh surat resmi perusahaan yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam penulisan. Beberapa contoh yang bisa bermanfaat sebagai pedoman adalah :

 1. Contoh surat resmi perusahaan swasta

Surat resmi perusahaan swasta baik skala makro ataupun mikro tetap harus memakai surat resmi sebagai fungsi administrative. Tidak mungkin perusahaan tanpa melakukan kegiatan ini karena bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut tidak bonfit. Contoh surat resmi perusahaan swasta yang bisa dipergunakan sebagai referensi adalah :

CONTOH SURAT RESMI PERUSAHAAN SWASTA

CONTOH SURAT RESMI PERUSAHAAN SWASTA

2. Contoh surat resmi undangan

Setiap perusahaan tidak mungkin tidak pernah membuat undangan kepada pihak luar ataupun orang lain dalam kegiatan atau acara tertentu. Dibawah ini adalah contoh surat resmi undangan yang bisa berfungsi membantu dalam format penulisan :

CONTOH SURAT RESMI UNDANGAN

CONTOH SURAT RESMI UNDANGAN

3. Contoh surat undangan resmi perusahaan

Setiap perusahan skala besar ataupun kecil juga akan membuat surat undangan resmi untuk acara ataupun kegiatan tertentu. Contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi adalah :

CONTOH SURAT UNDANGAN RESMI PERUSAHAAN

CONTOH SURAT UNDANGAN RESMI PERUSAHAAN

4. Contoh surat dinas swasta

Surat dinas bukan cuma dikeluarkan oleh pemerintah saja, melainkan perusahaan juga bisa mengeluarkan surat dinas untuk kegiatan atau acara tertentu. Contoh surat dinas swasta yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

CONTOH SURAT DINAS SWASTA

CONTOH SURAT DINAS SWASTA

5. Contoh surat resmi perusahaan doc

Ada banyak sekali contoh surat resmi perusahaan dengan berbagai macam jenis dan format penulisan. Salah satu contohnya adalah dibawah ini :

CONTOH SURAT RESMI PERUSAHAAN DOC

CONTOH SURAT RESMI PERUSAHAAN DOC

Demikianlah contoh surat resmi perusahaan yang bisa dijadikan sebagai dasar pedoman. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.