Surat Pernyataan Orang Tua : Poin Poin Penting Berikut Contohnya

Makalah.id – Surat pernyataan orang tua memang seringkali dibutuhkan sebagai persetujuan. Contohnya saja saat sang anak akan bertugas dalam pertukaran pelajar. Untuk keberangkatannya tersebut, maka surat pernyataan orang tua harus ada sebagai salah satu syarat. Tidak hanya itu saja, untuk keperluan karya wisata terkadang juga diharuskan untuk membuat surat pernyataan orang tua. Jika anda membuat surat pernyataan,  Format Surat Pernyataan wajib diperhatikan.

Dalam kondisi – kondisi seperti pertukaran pelajar atau karya wisata, memang keberadaan surat pernyataan orang tua memang penting. Karena jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, orang tua pun tidak akan menuntut pihak terkait karena dengan memberikan surat pernyataan, berarti sudah menyetujui segala sesuatunya termasuk kemungkinan terburuh yang memang mungkin bisa saja terjadi. Karena pentingnya contoh surat pernyataan orang tua yang sama pentingnya dengan contoh surat pernyataan lain seperti Contoh Surat Serah Terima, maka anda tidak boleh sembarangan dalam membuatnya. Untuk membuat surat pernyataan orang tua tersebut, maka anda wajib memperhatikan beberapa poin berikut ini, antara lain sebagai berikut.

Judul Surat Pernyataan

Untuk membuat surat pernyataan anda wajib memperhatikan judul dari surat pernyataan yang anda buat. Jangan sampai penulisan sampai keliru. Karena tujuan dari surat pernyataan sangatlah penting. Jika judul dengan isi berbeda dan tidak sinkron, pasti akan membuat penerimanya menjadi kebingungan. Jadi anda wajib memperhatikannya baik – baik ya. Untuk penulisannya, anda bisa menggunakan huruf kapital semua dengan mengaplikasikan fungsi center dan di cetak tebal agar lebih jelas. Untuk font size bisa anda sesuaikan ukurannya. Kemudian untuk font type, disarankan menggunakan font type yang cocok untuk bahasa formal.

Inti Surat Pernyataan

inti surat pernyataan

inti surat pernyataan

Bagian inti dari surat pernyataan harus spesifik menyampaikan maksud dan tujuan. Misalnya saja menjelaskan seseorang atau pun pernyataan untuk melakukan kegiatan tertentu. Inti surat pernyataan juga mengandung poin  poin penting yang harus diperhatikan seperti :

  • Identitas Diri Lengkap Pihak yang Memberikan Surat Pernyataan Orang Tua

Dalam hal ini nantinya keberadaan data diri penting karena posisinya sebagai penanggung jawab karena sudah memberikan persetujuan. Semua konsekuensi yang ditanggung pelaksana merupakan ijin langsung yang sudah disetujui. Jadi jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, pihak pemberi surat pernyataan tidak bisa melakukan penuntutan.

  • Isi dari Surat Pernyataan Orang Tua

Buatlah isi dari surat pernyataan sesuai dengan kebutuhan dan dilarang untuk menyalahgunakannya. Karena jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, maka orang tua atau wali selaku pemberi ijin akan terbebani. Jadi kebenaran dari isi surat pernyataan sangatlah penting dalam hal ini tanpa terkecuali.

  • Identitas Diri Lengkap Pihak Ketiga Jika Diperlukan

Bagian ini diperlukan keberadaannya, jika yang membuat surat pernyataan adalah pihak lain karena suatu alasan sehingga anda tidak bisa membuatnya sendiri. Namun jika anda bisa membuatnya sendiri secara pribadi, maka bagian ini tidak perlu dicantumkan lagi.

Penutup Surat Pernyataan

penutup surat pernyataan

penutup surat pernyataan

Bagian terakhir ini meliputi beberapa poin yang wajib diperhatikan keberadannya. Misalnya saja kalimat penutup, ucapan terima kasih karena sudah memberikan perhatiannya, tanggal pembuatan surat pernyataan, identitas diri siapa yang membuat surat pernyataan, nama terang pihak – pihak yang bersangkutan. Kemudian jika anda gelar, jabatan dan nomor induk bisa ikut disertakan karena surat pernyataan merupakan surat resmi. Jangan lupa tempelkan materai dan bubuhkan tanda tangan sebagai poin penting telah menyetujui surat pernyataan tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua yang Diberikan untuk Mahasiswa Baru

SURAT PERNYATAAN

Dengan datangnya surat ini saya :
Nama                                    : Sariyanto
Nomor KTP                         : 9090900001
Alamat                                  : Jalan Bengawan Solo No. 1
Pekerjaan                             : Wiraswasta

selaku orang tua atau wali dari Sdr/Sdi :
Nama                                    : Suharyanto
Tempat/Tanggal lahir       : Blora, 25 Maret 2002
Jenis Kelamin                     : Laki – laki
Asal Sekolah                        : SMA N 1 JEPON
Diterima di                          : STTI Sony Sugema Bekasi

Menyatakan bahwa saya:

Bersedia memberikan pengawasan dan bimbingan kepada calon mahasiswa tersebut di atas agar bisa mentaati aturan dan tata tertib yang sudah ditentukan dan berlaku di Kampus STTI Sony Sugema Bekasi. Jika mahasiswa tersebut di atas memang tidak bisa mentaati aturan dan tata tertib yang ada, maka kami sebagai orang tua / wali dari mahasiswa tersebut, berkenan dan memberikan ijin kepada mahasiswa tersebut agar bisa menerima sanksi antara lain:

  1. Dilarang untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di Kampus STTI Sony Sugema dalam kurun waktu yang telah ditentukan.
  2. Diserahkan kepada orang tua atau wali dari mahasiswa jika memang sudah tidak bisa mentaati peraturan dan tata tertib yang diberlakukan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bora, 22 Februari 2019

Yang membuat pernyataan,

Materai Rp. 6000 + tanda tangan

Sariyanto

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua yang Diberikan untuk Kesediaan Terhadap Suatu Hal

SURAT PERNYATAAN

Dengan datangnya surat ini saya :
Nama                                    : Sariyanto
Nomor KTP                         : 9090900001
Alamat                                  : Jalan Bengawan Solo No. 1
Pekerjaan                             : Wiraswasta

selaku orang tua atau wali dari Sdr/Sdi :
Nama                                    : Suharyanto
No.KTP                                 : 9091000010
Jenis Kelamin                     : Laki – laki
Tempat/Tanggal Lahir      : Blora, 25 Maret 1992

Telah memberikan izin jika anak saya ditempatkan di berbagai cabang perusahaan yang berada di seluruh Indonesia untuk mengemban tugasnya sebagai karyawan perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bora, 22 Februari 2019

Yang membuat pernyataan,

Materai Rp. 6000 + tanda tangan

Sariyanto

Demikian yang bisa penulis sampaikan dan bagikan pada kesempatan kali ini mengenai surat pernyataan orang tua. Penulis mempunyai harapan besar agar pembahasan kali ini bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk mampir. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.