Surat Pernyataan Menjalankan Usaha Lengkap dan Terbaru

Surat pernyataan menjalankan usaha dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Surat ini diperlukan ketika anda akan mengurus pinjaman ke bank, pinjaman ke koperasi, mengurus NPWP, dan berbagai dokumen lainnya. Surat pernyataan menjalankan usaha menjelaskan jenis usaha yang anda lakukan.

Dengan adanya surat pernyataan menjalankan usaha, maka orang lain akan lebih percaya pada usaha yang anda lakukan. Pernyataan ini juga bisa dijadikan sebagai bukti yang sah jika anda suatu saat terbukti melakukan kebohongan atau kepalsuan dalam pengurusan dokumen.

Jadi, jika anda punya keinginan untuk surat pernyataan menjalankan usaha, ada beberapa hal yang harus anda pahami terlebih dahulu. Berikut ini kami memberikan penjelasan lengkapnya untuk anda.

Bagian-Bagian Surat Pernyataan Menjalankan Usaha

surat pernyataan usaha

surat pernyataan usaha

Ketika anda ingin membuat surat pernyataan menjalankan usaha, pastikan anda untuk memasukan unsur-unsur berikut ini:

  1. Tempat dan tanggal surat
  2. Identitas pemilik usaha. Identitas ini ditulis selengkap mungkin, meliputi nama, alamat, usia, dan nomor induk kependudukan (NIK).
  3. Identitas usaha yang dimiliki. Tuliskan nama, alamat, bidang usaha, dan informasi lain yang diperlukan.
  4. Nama dan tanda tangan pemilik usaha. Di bagian bawah surat, silahkan bubuhkan tanda tangan dan nama jelas. Pada bagian ini juga anda umumnya diminta untuk menggunakan materai. Anda dapat menggunakan materai 6.000 atau 3.000 sesuai dengan kebutuhan anda. Surat pernyataan kegiatan usaha dan tempat kegiatan usaha bermaterai dibutuhkan agar surat keterangan tersebut lebih memiliki dasar hukum yang kuat. Sehingga surat ini bisa dipertanggung jawabkan jika terjadi masalah kedepannya.

Beberapa kondisi yang memungkinkan anda membutuhkan surat keterangan menjalankan usaha adalah:

Pengurusan NPWP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan nomor yang diberikan kepada warga negara yang menjadi wajib pajak. Nomor ini digunakan untuk mengurus administrasi perpajakan dan dijadika sebagai identitas wajib pajak ketika wajib pajak akan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Ada banyak fungsi NPWP di dalam pekerjaan dan bisnis. NPWP diperlukan jika anda ingin mengurus berbagai dokumen usaha ke instansi pemerintah atau swasta. Ketika anda ingin mengurus NPWP dan tidak bekerja di suatu instansi, anda dapat mengurus NPWP sebagai pemilik usaha. Disaat inilah anda membutuhkan surat keterangan menjalankan atau memiliki usaha.

Peminjaman Dana ke Bank dan Koperasi

Guna menambah modal usaha, anda mungkin akan mengajukan pinjaman ke bank atau koperasi. Beberapa bank dan koperasi memiliki pinjaman khusus untuk pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya. Ketika anda mengajukan pinjaman ke bank untuk mengembangkan usaha anda, pihak bank tentu meminta surat keterangan usaha yang anda miliki. Usaha yang anda jalankan akan menjadi pertimbangan kelayakan anda menerima pinjaman modal. Usaha yang tengan anda kembangkan juga akan disesuaikan dengan besaran pinjaman yang akan anda dapatkan.

Pengurusan Surat Izin Usaha

Surat Izin Usaha merupakan surat yang menunjukan bahwa usaha yang anda jalankan telah mendapatkan izin dari instansi terkait. Ada banyak kegunaan dari Surat Izin Usaha ini. Misalnya, anda memiliki usaha pembuatan kerupuk dan ingin mengajukan nomor registrasi BPOM untuk produk anda. Anda tentu harus menyertakan surat pernyataan menjalankan usaha sekaligus dengan Surat Izin Usaha.

Surat Izin Usaha juga memungkinkan bahwa usaha anda tidak akan dipermasalahkan di kemudian hari karena telah memiliki izin. Pemerintah kerap melakukan razia dan akan memberikan peringatan kepada usaha-usaha yang tidak memiliki izin. Dalam pengurusan Surat Izin Usaha, anda memerlukan beberapa dokumen. Salah satunya adalah surat keterangan menjalankan usaha yang anda miliki. Anda juga mungkin akan membutuhkan dokumen lainnya, seperti fotocopy KTP, NPWP, dan berbagai dokumen lainnya.

Contoh Surat Pernyataan Menjalankan Usaha

surat pernyataan kegiatan usaha untuk npwp

surat pernyataan kegiatan usaha untuk npwp

Contoh surat pernyataan berikut ini bisa anda gunakan sebagai surat pernyataan kegiatan usaha untuk npwp. Anda juga dapat menggunakannya untuk kebutuhan lainnya yang tidak mengharuskan kepemilikan NPWP.

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Luqmanul Hakim
Nomor Induk Kependudukan: 1234781239476582
Tempat, Tanggal Lahir: Tasikmalaya, 20 Januari 1989
Alamat: Jalan Asahan RT 35, Kecamatan Makmur Sejahtera, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Dengan ini menyatakan bahwa saya benar-benar memiliki sebuah usaha sebagai berikut:
Nama usaha: Kolam Ikan Lele
Alamat: Jalan Asahan RT 35, Kecamatan Makmur Sejahtera, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Bidang Usaha: Peternakan dan Pembiakan Ikan
Tahun berdiri: 2017

Saya bersedia menerima hukuman apabila dikemudian hari ditemukan kesalahan dalam Surat Pernyataan yang saya buat ini.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak manapun agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Tasikmalaya, 30 Januari 2019
Pembuat Pernyataan,

 

Luqmanul Hakim

surat pernyataan kegiatan usaha dan tempat kegiatan usaha bermaterai

surat pernyataan kegiatan usaha dan tempat kegiatan usaha bermaterai

Ketika anda sudah memiliki NPWP, anda bisa memasukan nomor NPWP ke dalam surat pernyataan. Anda dapat menggunakan surat pernyataan ini sebagai surat pernyataan kegiatan usaha dan tempat kegiatan usaha bermaterai untuk pengurusan pinjaman ke koperasi atau bank.

Surat Pernyataan

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Faridah Ananda
NPWP: 88-23-989-OI-298
Nomor KTP: 98789567432819574
Alamat: Jalan Anggrek Raya No 35, Semarang, Jawa Tengah

Dengan ini menyatakan bahwa saya benar memiliki dan menjalankan sebuah usaha berupa pembuatan kue ulang tahun dan kue basah yang bernama “Faridah’s Cake” yang beralamat di Jalan Anggrek Raya No 35, Kota Semarang, Jawa Tengah. Saya siap untuk menerima sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku jika dikemudian hari isi Surat Pernyataan ini tidak terbukti benar.

Demikian Surat Pernyataan Menjalankan Usaha ini saya buat dengan keadaan sadar dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Semarang, 20 Januari 2009
Pembuat Pernyataan,

(materai 6000)

Faridah Ananda

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.