Surat Pengunduran Diri Guru yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri guru diberikan oleh guru kepada pihak sekolah. Hal ini dilakukan ketika memutuskan untuk tidak bekerja lagi di sekolah tersebut. Memberikan surat pengunduran diri membuat pihak sekolah bisa secepatnya mencari guru pengganti.

Guru yang mengundurkan diri diharapkan tidak mengganggu proses belajar mengajar. Selain itu, surat pengunduran diri guru menjadi bentuk profesionalitas guru sebagai tenaga pengajar.

Surat pengunduran diri guru dapat diberikan karena beberapa alasan. Berikut ini alasan-alasan yang memungkinkan seorang guru mengundurkan diri:

Guru Tidak Memperoleh Haknya Sebagai Guru

Sebagai tenaga kerja yang memberikan ilmunya, guru sudah seharusnya mendapatkan imbalan yang setimpal. Guru harusnya mendapatkan gaji dan tunjangan yang sesuai dengan jam mengajar.

Namun, anda bisa melihat bahwa di beberapa sekolah gaji guru masih sangat rendah. Terutama guru-guru honorer di sekolah-sekolah negeri. Mereka bahkan hanya digaji ratusan ribu setiap bulannya.

Gaji ini juga terkadang tidak diterima setiap bulan. Gaji akan diberikan setiap tiga atau enam bulan. Besaran gaji ini tentu tidak sesuai dengan jam kerja guru yang sudah lelah dalam mengajar.

Guru Ingin Berkarir Dengan Lebih Baik di Sekolah Lainnya

surat pengunduran diri guru word

surat pengunduran diri guru word

Demi mendapatkan perkembangan karir dan perekonomian yang lebih baik, guru bisa memutuskan untuk berpindah lokasi mengajar. Lokasi mengajar yang baru mungkin bisa memberikan bayaran yang lebih sesuai. Sekolah yang baru juga mungkin lebih dekat dari rumah sang guru.

Sekolah baru yang ditujumungkin memberikan fasilitas pengembangan kemampuan bagi guru. Seorang guru juga bisa memilih pindah sekolah karena di sekolah baru diberikan kesempatan mengajar sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki.

Ada banyak alasan yang bisa membuat guru akhirnya memutuskan berpindah dari sekolah lama ke tempat mengajar yang baru.

Pilihan Karir yang Berbeda

Seseorang bisa saja berpindah pilihan karir di dalam hidupnya. Begitu pun seorang guru. Mungkin sang guru merasa bahwa mengajar bukanlah hal yang bisa dia lakukan dengan maksimal.

Misalnya, seorang guru ekonomi ternyata merasa bahwa menjadi wirausaha lebih baik daripada menjadi guru. Ia bisa memutuskan untuk mengundurkan diri dari profesi sebagai guru dan membuka bisnis sendiri.

Contoh lainnya adalah seorang guru yang mengajar politik. Ia memutuskan untuk lebih fokus dalam kegiatan berpolitik di pemerintahan. Tentu ia harus mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai guru.

Ingin Berhenti Menjadi Guru

Berhenti menjadi guru dapat dilakukan juga karena alasan pribadi. Misalnya, seorang guru didiagnosa menderita sakit keras. Ia harus menjalani serangkaian pengobatan yang membutuhkan waktu lama. Hal ini membuatnya harus berhenti menjadi guru dan menjalani proses pengobatan.

Seorang guru wanita yang memilih menjadi ibu rumah tangga setelah menikah juga bisa mengundurkan diri dari pekerjaannya. Serta, dengan alasan-alasan lain yang membuat seseorang ingin berhenti bekerja sebagai seorang guru.

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru yang Benar

Beberapa contoh surat pengunduran diri guru yang dapat diberikan kepada pihak sekolah adalah:

Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Honorer

Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Honorer

Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Honorer

Berikut ini contoh surat pengunduran diri guru bagi guru yang berstatus sebagai pegawaai honorer. Surat pengunduran diri guru ini bisa digunakan sebagai contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru SD, guru SMP, atau guru SMA.

Surat Pengunduran Diri

                                                                             Cimahi, 31 Januari 2019

Yth. Kepala SMK Negeri 1 Cimahi
Jl. Mahar Martanegara No. 48 Utama
Cimahi Selatan, Jawa Barat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya:

nama: Annisa Sanari Azkiya
jabatan: Guru Honorer Bahasa Indonesia

secara resmi mengundurkan diri sebagai Guru Honorer Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Cimahi terhitung mulai tanggal 31 Januari 2019. Saya mengucapkan terima kasih kepada SMK Negeri 1 Cimahi yang telah memberikan saya kesempatan untuk membagikan ilmu dan mengajar siswa-siswi di sekolah ini.

Saya juga memohon maaf kepada semua pihak di SMK Negeri 1 Cimahi atas semua tindakan yang pernah saya lakukan yang mungkin tidak baik dan kurang berkenan di hati Bapak/Ibu. Besar harapan saya SMK Negeri 1 Cimahi bisa menjadi sekolah yang terus mencetak SDM unggulan dan berprestasi di semua bidang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Annisa Sanari Azkiya

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Guru TK Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri dari sekolah yayasan

contoh surat pengunduran diri dari sekolah yayasan

Bagi anda yang ingin mengundurkan diri sebagai guru TK, berikut ini contoh surat pengunduran diri yang dapat anda ajukan kepada pihak pengelola TK (Taman Kanak-Kanak). Surat pengunduran diri ini juga dapat dijadikan contoh surat pengunduran diri dari sekolah yayasan.

Surat Pengunduran Diri

Perihal: Pengunduran Diri                                             Jakarta, 31 Januari 2019

Yth. Kepala Kidea Duren Sawit
Jl. Duren Sawit Baru A1/4, RT. 10 RW. 11, Duren Sawit
Jakarta Utara, DKI Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Aretha Zayba Almira
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 23 April 1993
Jabatan: Guru

Secara resmi mengundurkan diri sebagai guru dan pengajar di Kidea Duren Sawit, Jakarta Utara terhitung sejak hari Kamis, 31 Januari 2019. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kidea Duren Sawit, Jakarta Utara yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja dan mengajar anak-anak di sekolah ini. Selain itu, saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh dewan guru dan jajaran staff di Kidea Duren Sawit bila terdapat hal-hal yang tidak baik yang saya lakukan selama bekerja sebagai guru.

Saya selalu berharap Kidea Duren Sawit dapat menjadi sekolah yang membina anak-anak agar menjadi generasi penerus bangsa yang pintar di bidang akademik dan non akademik.

Hormat saya,

 

Aretha Zayba Almira

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.