Surat Peminjaman Tempat untuk Seminar, Pernikahan dan Contohnya

Makalah.id – Ketika anda ingin menyewa atau meminjam suatu tempat untuk anda jadikan sebagai tempat melakukan acara, maka yang harus anda butuhkan adalah dengan membuat surat peminjaman tempat terlebih dahulu karena anda tidak bisa langsung datang ke tempat tersebut, kecuali jika memang tempat yang anda pinjam bukan digunakan untuk acara – acara resmi atau formal.

Surat Peminjaman Tempat

Surat Peminjaman Tempat

Bagi anda yang masih bingung mengenai seperti apa surat peminjaman tempat yang benar, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi serta penjelasan secara lengkap mengenai hal tersebut. Namun sebelum membahas mengenai format atau contoh dari surat peminjaman tempat, anda harus mengetahui terlebih dahulu seputar definisi beserta fungsi dari surat peminjaman tempat.

Pengertian Surat Peminjaman Tempat

Surat peminjaman tempat merupakan surat yang dibuat untuk memberitahukan maksud atau keinginan anda bahwa anda ingin meminjam tempat tersebut yang akan anda gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang tentunya harus anda cantumkan secara jelas di dalam isi surat tersebut.

Anda harus tahu bahwa surat peminjaman tempat merupakan surat resmi, dimana anda harus memperhatikan mengenai penggunaan bahasa yang nantinya anda gunakan karena anda tidak bisa menggunakan gaya bahasa informal atau bebas.

Anda harus memperhatikan mengenai ketentuan – ketentuan bahas formal yang berlaku di dalam pembuatan surat seperti ketika anda membuat surat lainnya. Surat peminjaman tempat yang anda buat tersebut nantinya akan berfungsi sebagai surat permohonan izin untuk memakai suatu tempat yang akan anda gunakan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan atau acara tertentu di sana.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat surat peminjaman tempat adalah seperti di bawah ini:

  • Kop surat
  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Kepada siapa surat tersebut anda tujukan
  • Isi dari surat peminjaman tempat

Perlu anda tahu bahwa di dalam isi surat peminjaman tempat, anda harus menjelaskan secara jelas mengenai tujuan atau maksud anda ingin meminjam tempat tersebut dan juga anda harus  menjelaskan mengenai berapa lama waktu yang akan anda butuhkan untuk meminjam tempat.

Maka dari itu, gunakanlah bahasa formal yang jelas dan tidak berbelit sehingga pembaca bisa membaca surat dan maksud anda dengan baik dan tidak menimbulkan salah persepsi.

Contoh Surat Peminjaman Tempat

Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh mengenai surat peminjaman tempat yang harus anda pahami sehingga nanti surat ini akan bisa anda jadikan sebagai referensi ketika sewaktu – waktu anda diminta untuk membuat sebuah surat peminjaman tempat.

Surat Peminjaman Tempat

Surat Peminjaman Tempat

1. Surat Peminjaman Tempat Untuk Seminar

surat peminjaman tempat untuk seminar

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS DAMAI SEJAHTERA INDONESIA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
Jalan Raya Kuning Segar No. 60 Semarang
Tlp. 024 – 691210  Fax. 024 – 610211

 

No                          : 010/BEMUDSI/08/2017
Hal                       : Surat Peminjaman Tempat
Lampiran            : 1 (satu) lembar

 

Yth.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana
Universitas Damai Sejahtera Indonesia Kota Semarang
di tempat

Dengan hormat,

Untuk memperingati acara Hari Pengetahuan Sedunia yang jatuh pada 1 September 2017, maka kami selaku mahasiswa dan tergabung kedalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Damai Sejahtera Indonesia Kota Semarang ingin bermaksud untuk mengadakan sebuah acara seminar nasional dengan tema  yaitu “Buku Jendela Dunia” dan juga nanti akan diadakan sebuah kegiatan bedah buku yang kemungkinan akan diselenggarakan pada :

Hari                       : Sabtu – Minggu
Tanggal                : 3- 4 September 2017
Waktu                  : 09.00 – selesai
Tempat                : Gedung. Seminar Universitas Damai Sejahtera Indonesia

Oleh dari itu, kami ingin bermaksud untuk meminjam tempat  yakni kami ingin meminjam Gedung Seminar Universitas Damai Sejahtera Indonesia pada waktu serta tanggal yang telah tersebut diatas guna lancarnya kegiatan ini. Sementara untuk rundown acara, kami juga telah melampirkan bersama surat ini.

Demikian surat peminjaman tempat ini kami buat, atas wattu, perhatian serta kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Semarang, 8 Agustus 2017

Ketua BEM
Universitas Damai Sejahtera Indonesia

Fahmi Trianinda

2. Surat Peminjaman Tempat Untuk Resepsi Pernikahan

surat peminjaman tempat untuk resepsi pernikahan

Surat Peminjaman Tempat

Bandung, 8 Agustus 2017

Perihal                   : Permohonan Peminjaman Tempat
Lampiran              : –

 

Kepada, Yth
Kepala Bagian Sarana dan Prasarana
SMK Negeri 6 Kota Semarang
Jalan Amanah Sejahtera IV No. 1A Semarang

 

Assalamualaikum Wr. Wb
Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                                     : Muhammad Arman Maulana
No. KTP                                 : 8272633720202474
Jenis Kelamin                       : Laki – Laki
Tempat/tanggal lahir         : Semarang, 4 Oktober 1980
Pekerjaan                              : Wiraswasta
Alamat                                   : Jalan Mawar Putih Gg. Mawar  Hitam No. 10 RT. 03 RW. 02 Kelurahan Melodi Cinta, Kecamatan Musik Kentrung Kota Semarang 32989

Dengan surat ini kami bermaksud untuk mengajukan sebuah permohonan peminjaman aula SMK Negeri 6 Kota Semarang untuk nantinya akan dipakai sebagai tempat melangsungkan acara resepsi pernikahan yang insyaallah akan diselenggarakan pada :
Hari                        : Minggu
Tanggal                  : 4 September 2017
Waktu                    : 10.00 – 14.00 WIB

Demikian surat ini kami buat. Atas waktu, perhatian, dan juga izin yang diberikan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat saya,

Muhammad Arman Maulana

Surat Peminjaman Tempat

Surat Peminjaman Tempat

Demikian ulasan dari kami mengenai pengertian dan juga seperti apa contoh dari surat peminjaman tempat yang harus anda tahu. Untuk itu, semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai contoh surat peminjaman tempat yang benar.

Selain itu, kami juga ingin menyarankan anda agar supaya anda membaca informasi lain dari kami seperti dengan membaca beberapa referensi contoh curriculum vitae yang menarik dan kreatif dan juga mengenai seperti apa contoh surat pernyataan keaslian skripsi magang yang baik dan benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.