Surat Jual Beli Mobil Bagi Penjual dan Pembeli serta Format Contohnya

Makalah.id Surat jual beli mobil memang sangat dibutuhkan ketika seseorang ingin membeli mobil baik langsung melalui dealer maupun juga ketika orang tersebut membeli mobil melalui teman atau saudaranya. Fungsi dari surat ini nantinya digunakan sebagai bukti bahwa pada hari, tanggal, tahun tertentu, kedua belah pihak telah sepakat melakukan jual beli mobil dengan ikhlas dan tanpa ada unsur paksaan apapun.

Akan tetapi, meskipun surat jual beli mobil sangat penting dalam melakukan jual beli mobil, tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai pengertian dan juga contoh dari surat jual beli mobil yang harus mereka buat yang nantinya akan dijadikan bukti jual beli.

Bagi anda yang masih bingung tentang surat jual beli mobil tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda semua tentang seperti apa contoh surat jual beli mobil yang benar yang sesuai dengan ketentuan. Namun sebelum itu, kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mengetahui tentang pengertitan surat jual beli mobil.

contoh surat jual beli mobil

contoh surat jual beli mobil

Pengertian Surat Jual Beli Mobil

Pengertian dari surat jual beli mobil adalah sebuah surat yang dibuat dan diketahui oleh kedua belah pihak bahwasanya pada waktu itu kedua belah pihak sudah sepakat untuk melakukan jual beli mobil dan kegiatan jual beli mobil tersebut dilakukan dengan sadar dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun.

Fungsi dari surat jual beli mobil ini nantinya dijadikan sebagai bukti bahwa mobil tersebut sudah sah menjadi milik pembeli dan tidak boleh diambil atau diakui lagi oleh pihak penjual. Berikut ini akan kami berikan beberapa fungsi dari dibuatkannya surat jual beli mobil baik bagi pembeli maupun juga bagi penjual.

Fungsi Surat Jual Beli Mobil Bagi Penjual

  • Memastikan bahwa penjual merupakan pihak yang sah secara hukum terhadap mobil yang akan dijual.
  • Memastikan bahwa pemindahan hak mobil dari penjual ke pembeli dilakukan setelah proses pembayaran dinyatakan selesai.
  • Memastikan bahwa penjualan mobil dilakukan dengan menggunakan cara pembayaran yang benar.
  • Memastikan bahwa tidak adanya komplain yang terjadi diluar scope yang sebelumnya telah disepakati.

Fungsi Surat Jual Beli Mobil Bagi Pembeli

  • Memastikan diri bahwa mobil yang dijual tersebut merupakan barang dari penjual yang berperan sebagai pemilik asli.
  • Memastikan bahwa jual beli mobil yang dilakukan terbebas dari hal – hal yang mengarah pada unsur penipuan.
  • Memastikan bahwa spesifikasi mobil yang dijual sama dengan spesifikasi yang sebelumnya telah diberikan.
  • Memastikan bahwa adanya suatu jaminan dari pihak penjual bahwa mobil yang telah dijual masih dalam kondisi yang bagus.

Maka dari itu, tentunya surat jual beli mobil sangatlah penting untuk dibuat dan juga akan memberikan keuntungan kepada masing – masing pihak yang melakukan jual beli mobi. Bukan hanya dalam hal jual beli mobil saja, melakukan transaksi jual beli lainnya tentunya harus membutuhkan surat sebagai tanda bukti telah dilakukannya transaksi jual beli.

contoh surat jual beli mobil

contoh surat jual beli mobil

Contoh Surat Jual Beli Mobil

Di bawah ini akan kami berikan sebuah contoh surat jual beli mobil yang harus anda perhatikan.

surat jual beli mobil

Contoh Surat Jual Beli Mobil Bekas

SURAT PERJANJIAN JUAL-BELI MOBIL

Pada tanggal, ___________ 2011 telah dilakukan perjanjian jual – beli mobil dimana Pihak pertama telah menjual mobilnya kepada pihak kedua. Kami Yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama                       :
Jabatan                    :
Alamat                     :
Nomer KTP / SIM  :
Telepon                    :

Dalam hal ini berperan sebagai penjual mobil dan juga disebut sebagai pihak pertama.

Nama                       :
Jabatan                    :
Alamat                     :
Nomer KTP / SIM :
Telepon                    :

Dalam hal ini berperan sebagai pembeli mobil dan juga disebut sebagai pihak kedua

Dengan ini Kedua belah pihak telah sepakat melakuakn transaksi jual beli berupa 1 buah unit mobil, merek TOYOTA YARIS G NEW.

Kedua belah pihak sepakat juga telah sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian yang sah dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1

Pihak Pertama telah mnjual 1 unit mobil, TOYOTA YARIS G NEW kepada pihak dedua. Pihak kedua juga telah sepakat untuk membeli mobil tersebut dengan harga Rp.200.000.000,-

Adapun spesifikasinya sebagai berikut

Tahun Pembuatan              : 2013
No Rangka                    : 313582BC51210
Warna                        : Merah Metalik
Bahan Bakar                  : Bensin
No. Polisi                   : BH 19 BISA

lengkap dengan segala perlengkapannya.

Pasal 2

Kepindahan kepemilikan beserta surat – suratnya akan segera diserahkan apabila mobil tersebut sudah selesai dibayar dengan lunas. Segala keuntungan maupun juga kerugian atas mobil tersebut, mulai saat ini telah menjadi tanggung jawab pihak kedua.

Pasal 3

Pihak pertama sangat menjamin bahwa mobil yang dijual tersebut adalah miliknya dan tidak sedang atau akan dijual kepada pihak lain ataup tuduhan lainya. Dan mengenai mobil tersebut, pihak kedua tidak akan mendapatkan tuntutan dan atau gugatan apapun dan dari pihak manapun.

Pasal 4

Jika misalnya pihak kedua tidak mampu membayar kontan, maka pihak kedua boleh melakukan pembayaran sebanyak dua kali atau setengahnya dari harga yg telah disepakati.

Pikah Kedua nantinya akan dikenakan denda jika tidak segera melakuka pelunasan biaya mobil tersebut, dengan waktu yang telah ditentukan. Dan juga Pihak Pertama memilik hak untuk embatalkan perjanjian jual beli mobil tersebut.

Pasal 5

Semua beban pajak, termasuk balik nama mobil sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab dari pihak kedua (pembeli). Selain itu, biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan surat ini akan sepenuhnya menjadi tanggungan yang harus dibayar oleh pihak kedua.

 

Jakarta, ___________ 2011

Pihak Pertama

 

(____________)

Pihak Kedua

 

(_____________)

SAKSI-SAKSI
Pihak Pertama
(____________)
SAKSI-SAKSI
Pihak Pertama
(____________)
contoh surat jual beli mobil

contoh surat jual beli mobil

Itulah informasi dari kami berkaitan dengan pengertian dan contoh surat jual beli mobil yang bisa anda jadikan referensi. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang contoh surat tidak resmi yang menarik dan kumpulan judul skripsi manajemen sumber daya manusia (SDM).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.