Skripsi Akuntansi Keuangan : Tips, Cara Cepat Membuat dan Penjelasannya

Makalah.id – Skripsi akuntansi keuangan berbeda dengan skripsi – skripsi jurusan lainnya. Karena memang akuntansi keuangan fokus pada ilmu hitung yang berhubungan dengan bagaimana mengelola penyajian laporan keuangan sehingga bisa menghasilkan data yang akurat. Dalam dunia perusahaan poin ini memang sangat diprioritaskan dan diperhatikan setiap waktu. Kemudian pikirkan juga mengenai Judul Skripsi Akuntansi keuangan yang akan anda gunakan agar bisa menarik dan pastikan judul yang anda buat original.

Skripsi Akuntansi Keuangan

Skripsi Akuntansi Keuangan

Proposal Skripsi Akuntansi Keuangan dan skripsi akuntansi keuangan juga bisa dijadikan sebegai bahan penilaian mengenai seberapa jauh kemampuan anda dalam menguasai materi dan seberapa cakap kemampuan yang anda miliki. Jadi anda wajib memberikan perhatian lebih agar nantinya saat terjun ke dunia kerja sudah tidak merasa kebingungan dan enjoy. Nah agar skripsi yang anda buat bisa sukses dan berhasil, maka anda bisa mengikuti prosedur dan struktur di bawah ini.

1. Dalam Menyusun Skripsi Akuntansi Keuangan Harus Mempunyai Data Real

pentingnya keberadaan data real

pentingnya keberadaan data real

Ini wajib anda lakukan dan tidak bisa ditawar – tawar lagi. Jangan sampai anda menggunakan data manipulatif dalam menyusun skripis akuntansi keuangan. Karena anda diwajibkan untuk melakukan penelitian secara langsung, maka anda harus menggunakan data – data valid yang ada pada tempat penelitian tersebut. Dengan begitu anda akan menemukan berbagai masalah yang harus dipecahkan dan tentu saja bisa menambah pengalaman buat anda pribadi. Tujuan melakukan penelitian secara langsung adalah memperkenalkan kepada anda ke dunia kerja secara langsung.

2. Sesuaikan Prosedur yang Ditentukan dengan Susunan Skripsi yang Anda Kerjakan

Sebelum anda memulai untuk mengerjakan skripsi akuntansi, sebaiknya anda perhatikan prosedur dan struktur yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan mengikutinya baik – baik, maka anda bisa menghasilkan hasil penyusunan skripsi sesuai yang diinginkan. Untuk memaksimalkannya anda harus menguasai materi yang diambil.

Prosedur dan struktur sendiri mempunyai fungsi dan tujuan dalam membimbing anda agar proses penyusunannya menjadi lebih mudah. Jika anda tidak mengikutinya dengan baik, yang rugi anda sendiri. Kesalahan – kesalahan akan banyak ditemukan dalam prosesnya. Yang paling parah revisi berulangkali akan menyebabkan waktu terbuang – buang. Belum lagi biaya dan tenaga, tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan. Jadi penulis sangat menyarankan kepada anda untuk mengindahkannya.

3. Buatlah Ceklis Target

ceklis target

ceklis target

Pembuatan ceklis target akan membantu anda dalam proses penyusunan skripsi. Target – target harian dan mingguan bisa dijadikan sebagai bahan pantauan sampai dimana progress pekerjaan yang anda kerjakan. Setelah anda mengetahui update an dan perkembangannya, maka anda bisa kejar ketertinggalan yang mungkin saja terjadi. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pengingat, sudah seberapa jauhkah anda mengerjakan skripsi tersebut. Kemudian sifat menunda – nunda pekerjaan menjadi lebih bisa diminimalisir.

4. Gunakan Metode yang Tepat

Penggunaan metode yang anda lakukan dalam proses penyusunan skripsi akuntansi keuangan akan sangat membantu step by stepnya. Runtutan yang tepat mempunyai pengaruh yang cukup baik dalam menentukan perkembangan skripsi anda tersebut. Hindari penggunaan metode coba – coba, kebanyakan kasus jika menggunakan metode coba – coba justru akan memperburuk keadaan dan membuang –  buang waktu. Iya kalau metode yang digunakan tepat, kalau tidak tepat, anda sendiri yang rugi. Belum lagi waktu anda sudah terpotong untuk mencoba metode tersebut.

5. Dibutuhkan Ketelitian dalam Perhitungan

Saat menyusun skripsi akuntansi keuangan ketelitian dalam perhitungan memang menjadi poin cukup penting. Karena memang pembahasan utama yang akan diangkat adalah perhitungan keuangan di sebuah organisasi atau insitut tertentu yang menjadi tempat penelitian berlangsung. Kesalahan perhitungan yang anda lakukan akan sangat fatal nantinya.

Terlebih lagi jika sudah sampai sidang dan anda tidak sadar akan kesalahan perhitungan yang dilakukan, bisa jadi akan menimbulkan masalah. Apalagi jika sampai diketahui oleh dosen penguji, wah bisa kacau nanti. Beruntung jika anda hanya diminta revisi karena kebaikan dari dosen penguji, kalau disuruh mengulang apa tidak anda sendiri yang rugi.

6. Lampirkan Dokumen Pendukung

Kepercayaan dosen pembimbing dan dosen penguji mengenai keoriginalan karya tulis skripsi akuntansi keuangan bisa ditentukan berdasarkan data – data yang anda tunjukkan dari tempat penelitian. Disinilah penilaian bisa diambil apakah anda memanipulasi data atau tidak. Penelitian yang manipulatif tentu saja tidak akan ada gunanya di kemudian hari. Mengingat tujuan peneletian sendiri adalah untuk mengetahui kemampuan anda sampai mana dan mematangkan kemampuan yang anda miliki dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Untuk itu keberadaan dokumen pendukung sangat dibutuhkan agar penelitian anda lebih bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu anda juga bisa lebih mudah saat memberikan penjelasan pada saat sidang karena ada contoh alat peraganya yakni dokumen pendukungnya. Anda bisa memintanya di tempat penelitian yang anda lakukan. Jika perlu anda bisa memfotokopi banyak dokumen sebagai perbandingan. Jika memang tidak diperbolehkan anda bisa memfotonya saja. Itu saran dari penulis agar anda tidak kesulitan di kemudian hari.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk menghasilkan skripsi akuntansi yang baik dan sempurna, anda wajib memperhatikan komponen – komponen yang penulis berikan di atas. Diharapkan selanjutnya kemampuan yang anda miliki akan semakin matang dan siap terjun ke dunia kerja atau pun dunia bisnis.

Penjelasan informatif di atas memang singkat, tapi sedikit banyaknya manfaat bisa anda ambil dan menunjang penyusunan skripsi akuntasi keuangan yang sedang anda kerjakan. Jangan bosan untuk mencari bahan bacaan yang bisa menambah wawasan baru bagi anda. Penulis yakin tidak ada informasi yang merugikan selama anda menerapkannya dengan baik. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.