Pengertian Surat Perjanjian Kerja Dan 2 Contohnya

Makalah.id -Kenapa dalam perjanjian harus di lengkapi dengan surat perjanjian kerja ? Sebuah perjanjian dapat dalam bentuk lisan ataupun tertulis, akan tetapi perjanjian secara lisan akan terlihat sangat lemah di mata hukum, maka dari itu ketika terjadi suatu masalah semisal sengketa tanah di kemudian hari kedua belah pihak akan susah mencari bukti untuk menunjukan kebenaranya. Dalam surat perjanjian yang bersifat tertulis biasanya akan tertulis kesepakatan, kewajiban dan hak dari masing – masing pihak.

Macam – macam jenis surat perjanjian

Surat perjanjian kerja mempunyai banyak sekali bentuknya, akan tetapi di bedakan menjadi 2 jenis. Berikut ini jenis dari surat perjanjian :

  • Perjanjian di bawah tangan, merupakan perjanjian yang tidak di saksikan oleh pejabat pemerintah
  • Yang kedua adalah perjanjian Autentik yang merupakan sebuah perjanjian yang akan dan harus di saksikan oleh pejabat pemerintah

Akan tetapi dua perjanjian di atas tidak akan sah ketika ada salah penulisan atau syaratnya tidak memenuhi. Selain itu anda juga harus memperhatikan dimaana surat perjanjian itu harus di saksikan oleh pejabat pemerintahan atau tidak.

Apa syarat membuat surat perjanjian kerjasama ?

Apa syarat membuat surat perjanjian kerjasama

Apa syarat membuat surat perjanjian kerjasama

Agar surat perjanjian yang di buat benar dan resmi , maka anda harus memperhatikan beberapa syarat di bawah ini yang harus anda penuhi.

  • Yang pertama penulisan identitas diri oleh kedua belah pihak harus jelas dan tidak boleh ada yang salah satu katapun
  • Surat perjanjian harus selalu di awali dengan kalimat pembukaan
  • Isi pada surat perjanjian dapat berisi hak, kewajiban, dan pasal yang sudah di sepakati oleh kedua belah pihak
  • Dalam surat perjanjian wajib di sertakan waktu yang lengkap seperti , tanggal, hari, bulan, dan juga tahun untuk sebagai tanda berlakunya suatu perjanjian
  • Di dalam surat perjanjian juga di deklarasikan orang yang menanggung biaya
  • Surat perjanjian harus di buat dengan sadar, dan tanpa adanya paksaan dari masing masing pihak .
  • Bagian bawah atau akhir pada surat perjanjian harus ada tanda tangan dari kedua belah pihak yang melakukan perjanjian.
  • Isi dari surat perjanjian tidak boleh aneh, bermakna ganda, ambigu , dan tidak jelas
  • Surat perjanjian tidak boleh melanggar norma hukum baik di masyarakat ataupun yang lainya.

Apa fungsi dari surat perjanjian kerja ?

  • Dengan adanya surat perjanjian kerja tentunya akan membuat orang yang melakukan perjanjian akan merasa aman dan di lindungi secara hukum.
  • Dengan adanya surat perjanjian kedua belah pihak akan mengerti apa kewajiban yang harus di lakukan dan apa yang tidak boleh di lakukan pada saat perjanjian tersebut berlaku.
  • Dengan adanya surat perjanjian tentunya akan mengurangi angka perselisihan karna kerja sama.
  • Dengan adanya surat perjanjian kerja tentunya tidak aka nada pihak yang di rugikan, karna surat perjanjian kerja di buat harus sama – sama saling menguntungkan.
  • Ketika ada suatu masalah dalam suatu perjanjian, maka dengan adanya surat perjanjian kerja dapat di jadikan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan dapat menentukan siapa yang salah dan siapa yang benar.

Jenis – jenis surat perjanjian kerja

Nah untuk kalian yang bingung contoh dari surat perjanjian kerja itu bagaimana, tenang saja di sini kami juga akan memberikan contoh surat perjanjian kerja kontrak rumah.

Contoh surat perjanjian kerja kontrak rumah

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Pada hari Rabu 24 – September 2012 saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Argo rimulyo

Alamat : Jl.Gangga Rt:03 Rw:01, Yogyakarta

Selanjutnya di sebut sebagai pihak pertama / pemilik rumah

Nama  : Bardi riyoso

Alamat  : Pakualaman Rt:02 Rw:02, Yogyakarta

Selanjutnya akan di sebut sebagai pihak kedua / yang mengontrak

Pasal 1

Pihak pertama telah memberikan izin ke pihak kedua untuk menempati sebuah rumah yang beralamatkan di desa Pakualaman Rt:08 Rw:07 dengan perlengkapan meja, almari, dan kasur. Selama mengotrak 4 tahun mulai dari tanggal 29 – Desember – 2012 maka pihak kedua harus menaati peraturan yang ada di kampong. Pihak kedua sudah membayar sebesar Rp.7.000.000,- dan kekurangan nya akan di bayarkan pada bulan kedua sebesar 7.000.000.-.

Pasal 2

Selama pihak kedua menempati rumah pihak pertama maka biaya penggunaan listrik di bebankan kepada pihak kedua , yang harus rutin di bayar.

Pasal 3

Pihak kedua sepakat menjaga kebersihan rumah dari pihak pertama dan bersedia merawat selama menempati rumah pihak pertama.

Pasal 4

Ketika ada perselisihan yang timbul pada perjanjian ini maka akan di selesaikan secara kekeluargaan / musyawarah. Dan jika secara kekeluargaan belum menemui titik terang makan akan di lanjutkan secara hukum dan sepenuhnya akan di serahkan kepada pihak berwajib.

Pasal 5

Jika ada hal atau kewajiban yang belum di tetapkan pada surat perjanjian ini maka akan di tetapkan kemudian hari secara musyawarah dan harus dengan persetujuan antara dua belah pihak.

Demikian surat perjanjian kami buat dengan sebenar – benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Surat perjanjian ini telah di setujui antara kedua belah pihak pada hari 25-Desember – 2012, sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sah.

 

Argo rimulyo                                                                                 Bardi Riyoso

 

 

Pihak pertama                                                                               Pihak Kedua

Contoh surat perjanjian kerja kontrak rumah

Contoh surat perjanjian kerja kontrak rumah

Nah cukup sampai disini artikel Pengertian Surat Perjanjian Kerja Dan Contohnya, semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan pembaca. Kami mempunyai artikel lainya yang tidak kalah penting dan pastinya akan menambah pengetahuan anda juga tentang berbagai macam surat yaitu  contoh surat dinas swasta dan pemerintahan dan pengertian dan 3 contoh surat keterangan penghasilan. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.