Pengertian, Jenis, Dan Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu mengenai seperti apa contoh karya ilmiah tentang kesehatan? Namun sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai topik yang akan kami jelaskan ini, kami menyarankan agar anda menyimak penjelasan dari kami yang sudah kami siapkan sebelumnya yakni Contoh Makalah Karya Ilmiah Sistem Keamanan Jaringan Terbaru dan juga 2 Contoh Makalah Karya Ilmiah Tentang Pendidikan Terbaru.

Karya ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang disusun secara sistematis yang di dalamnya berisi tentang laporan atau hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok. Di dalam pembuatan karya ilmiah, memang ada beberapa step atau langkah yang harus diperhatikan agar supaya karya ilmiah yang dibuat sesuai dengan ketentuan dan dapat diterima. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kami menjelaskan mengenai contoh karya ilmiah tentang kesehatan agar bisa anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Sebenarnya ada beberapa macam karya ilmiah, seperti tentang ekonomi, pendidikan, budaya, dan lain sebagainya. Namun pada penjelasan ini kami hanya akan fokus pada sebuah karya ilmiah yang berhubungan dengan kesehatan yang mana ia merupakan salah satu dari sekian jenis karya ilmiah yang sering dilakukan penelitian.

Selain itu, ada beberapa jenis karya ilmiah yang sering anda temukan dan mungkin anda merupakan salah satu orang yang sering mengerjakannya. Beberapa jenis dari karya ilmiah tersebut antara lain:

  • Makalah
  • Skripsi
  • Tesis
  • Disertasi
  • Buku, dan juga
  • Karya ilmiah populer

Kesemua jenis karya ilmiah tersebut pada dasarnya memiliki beberapa ketentuan yang sama, meskipun juga ada beberapa bagian yang berbeda. Beberapa ketentuan yang ada di dalam jenis-jenis karya ilmiah tersebut antara lain:

  • Pendahuluan, berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan
  • Isi, berisi tentang isi dari penelitian yang dilakukan
  • Penutup, berisi tentang kesimpulan dan saran

Untuk itu, silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini agar nantinya ketika anda membuat karya ilmiah tentang kesehatan, maka anda sudah tidak mengalami kesulitan.

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh

contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh
Contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh 1

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh 1

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kesehatan merupakan sebuah kondisi yang harus kita jaga setiap saat karena seperti pepatah lama bahwa “di dalam tubuh jiwa yang sehat, terdapat tubuh yang kuat” dimana hal ini mengindikasikan bahwa memang menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan kita.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan di dalam menjaga kesehatan tubuh anda, salah satunya adalah memastikan bahwa kebutuhan gizi anda tercukupi. Selain itu, cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan berolahraga secara rutin maupun menjaga pola makan anda karena hal ini juga berperan membuat tubuh anda selalu sehat.

Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan dari latar belakang, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu:

  1. Apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan?
  2. Seperti apa pengaruh tidur siang terhadap kaitannya dengan kesehatan tubuh?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan cara yang bisa dilakukan di dalam upaya untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk mengetahui tentang hubungan kebiasaan tidur siang dan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh.

BAB II

PEMBAHASAN

Cara Menjaga Kesehatan

Kesehatan tubuh wajib untuk dijaga karena dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit yang tentu dapat merugikan anda. Beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut:

  • Selalu membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral pada tubuh
  • Membiasakan diri untuk mengkonsumi makanan 4 sehat 5 sempurna
  • Tidak mengkonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, maupun juga tidak merokok
  • Membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin minimal seminggu sekali
  • Membiasakan diri meluangkan waktu untuk beristirahat dan juga tidur
  • Membiaskaan diri menjaga pola makan atau makan dengan teratur

Pengaruh Tidur Siang

Kebiasaan tidur siang merupakan sebuah kebiasaan yang baik di dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Tidur siang bukan hanya dilakukan oleh anak-anak, namun orang dewasa pun juga ada yang membiasakan diri meluangkan waktunya untuk tidur siang.

Adapun beberapa pengaruh membiasakan diri tidur siang di dalam menjaga kesehatan tubuh anda sebagai berikut:

  • Tidur siang mampu menghindarkan anda dari terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Tidur siang mampu untuk membantu di dalam penurunan tekanan darah
  • Selain itu, tidur siang juga sangat efektif untuk menghindarkan anda dari mengalami kelelahan dan membuat tubuh anda segar kembali
  • Pengaruh lainnya dari kebiasaan tidur siang adalah dapat menghindarkan serta menurunkan kondisi cemas dan gelisah

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwasanya tidur siang merupakan salah satu cara yang efektif dilakukan di dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun yang harus diingat bahwa membiasakan diri untuk tidur siang juga harus dilakukan sesuai dengan porsi yang benar dan jangan melakukannya secara berlebih karena hal ini hanya akan membawa dampak negatif yang akan merugikan dirinya sendiri.

Oleh sebab itu, semua aktivitas yang dilakukan haruslah didasari pada kebiasaan yang tidak berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tentu sangat tidak diperkenankan dan akan membawa dampak negatif.

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh 2

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan tubuh 2

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa contoh karya ilmiah tentang kesehatan. Kami juga menyarankan agar anda mendapatkan informasi lainnya yang juga masih ada hubungannya dengan sebuah karya ilmiah yakni Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama – Pandangan Islam Terhadap Bayi Tabung. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.