Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contoh Judul Proposal

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu seperti apa contoh judul proposal yang umum digunakan oleh kebanyakan orang? Sebelum kita membahas mengenai hal tersebut, anda harus memperoleh informasi yang beberapa waktu lalu sudah kami berikan yakni Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian Usaha dan juga Contoh Daftar Pustaka Skripsi, Proposal dan Karya Ilmiah.

Perlu anda ketahui bahwasanya proposal adalah sebuah rencana tertulis yang tentu saja rencana ini dituangkan kedalam sebuah rancangan kegiatan dan kemudian akan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Pedoman secara umum akan digunakan sebagai acuan kerja di dalam melaksanakan sebuah tugas atau projek tertentu. Contoh judul proposal itu sendiri bermacam-macam, tergantung jenis atau kegiatan apa yang ingin dilakukan.

Contoh Judul Proposal

Contoh Judul Proposal

Contoh Judul Proposal

Ada beberapa fungsi mengapa seseorang harus membuat proposal sebelum ia melakukan tugas atau projeknya. Fungsi proposal yang akan kami berikan di bawah ini berkaitan dengan pihak pembuat maupun juga pihak yang menerima proposal tersebut. Adapun beberapa fungsi dari proposal antara lain seperti di bawah ini:

  • Untuk bidang penelitian umum, proposal digunakan sebagai pedoman dasar di dalam melakukan sebuah penelitian yang ada kaitannya dengan budaya, sosial, agamam, ekonomi, maupun bidang-bidang yang lainnya.
  • Untuk usaha dan bisnis, proposal itu sendiri digunakan sebuah gambaran maupun juga proyeksi yang akan digunakan sebagai acuan di dalam mendirikan sebuah usaha.
  • Proposal juga memiliki fungsi yakni untuk memberikan sebuah informasi secara lengkap atau detail mengenai sebuah kegiatan seperti ketika ingin mengajukan dana untuk perayaan, pelatihan, seminar, dan lain sebagainya.
  • Dalam sebuah proyek, proposal juga digunakan sebagai acuan dasar di dalam melakukan sebuah tender, baik tender yang dilakukan pemerintah maupun juga tender yang dilakukan swasta.
  • Contoh Judul Proposal Non PTK

    Contoh Judul Proposal Non PTK

Selain fungsi, kami juga akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja jenis proposal yang selama ini terdapat di sekeliling anda yang mungkin saja anda pernah membuat salah satu dari jenis proposal tersebut.

  • Proposal bisnis: Proposal yang dibuat dengan tujuan bisnis, baik yang dilakukan perseorangan maupun juga yang dilakukan oleh kelompok. Beberapa contoh dari proposal bisnis seperti proposal pendirian usaha, proposal kerjasama, dan lain sebagainya.
  • Proposal kegiatan: Proposal yang dibuat dengan tujuan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan. Di dalam proposal tersebut berisi pengajuan usaha, baik yang diajukan oleh individu atau juga diajukan oleh kelompok.
  • Proposal penelitian: Biasanya proposal jenis ini dilakukan untuk tujuan akademik. Beberapa contoh proposal penelitian adalah seperti prosoal pengajuan skripsi, tesi, dan sebagainya.
  • Proposal proyek: Proposal ini juga hampir sama dengan proposal bisnis karena sama-sama dibuat untuk tujuan bisnis. Di dalam proposal proyek harus mencantumkan informasi mengenai rancangan kegiatan bisnis dan salah satu contohnya adalah proposal proyek pembangunan.

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, maupun juga jenis-jenis proposal, maka di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja judul proposal yang mungkin akan anda jadikan sebagai bahan referensi untuk pembuatan proposal anda.

Contoh Proposal Skripsi

Contoh Proposal Skripsi

  • Faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan dan juga motivasi terhadap prestasi para karyawan yang bekerja di PT. Makmur Sentosa.
  • Faktor yang mempengaruhi motivasi siswa terhadap prestasinya di dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang. Penelitian yang dilakukan pada kelas VIII A.
  • Evaluasi mengenai pelaksanaan program BPJS di dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Studi khusus yang dilakukan di Kecamatan Wadungrejo. Kecamatan Makmur, Kabupaten Sentosa.
  • Faktor yang mempengaruhi perilaku kekerasan yang terjadi di kalangan pelajar dan kaitannya dengan pergaulan siswa. Survei yang dilakukan pada kelas XII SMA Negeri 10 Malang.
  • Analisis mengenai perilaku anak jalanan dan faktor-faktor yang menjadi penyebab keberadaan mereka. Penelitian yang dilakukan di Kota Malang.
  • Analisis mengenai faktor yang mempengaruhi sikap gelandangan terhadap maraknya prostitusi yang ada di sekitar mereka. Penelitian yang dilakukan pada sekelompok gelandangan yang ada di Kec. Suka Maju, Kab. Suka Mundur.
  • Faktor yang menyebabkan ketergantungan para pedagang angkringan terhadap juragannya. Penelitian yang dilakukan pada pedagang angkringan yang ada di Kec. Suka Maju, Kab. Suka Mundur.
  • Faktor yang mempengaruhi hubungan sosial, status ekonomi keluarga, serta tingkat pendidikannya terhadap maraknya aksi kriminalitas yang ada di Rutan Salemba.
  • Faktor yang mempengaruhi perubahan masyarakat asli akibat banyaknya industri pengelolaan kayu. Penelitian (deskriptif kualitatif) yang dilakukan di Desa Makmur Sentosa Kec. Suka Maju, Kab. Suka Mundur.
  • Analisis mengenai perilaku pergaulan bebas yang ada di kalangan remaja yang berpacaran.
  • Analisis mengenai perilaku pergaulan bebas yang ada di kalangan remaja yang ada di Desa Ngadingrejo.
  • Analisis mengnai strategi survival industri rumah tangga batik yang ada di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Analisis mengenai faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan karyawan terhadap pemahamannya di dalam mematuhi peraturan perusahaan. Penelitian yang dilakukan kepada karyawan yang bekerja di Perusahaan Manufaktur yang ada di Kota Brebes.
  • Analisis mengenai pemanfaatan bonus demografi yang terdapat pada sektor industri kreatif dengan menggunakan media VMBD (Virtual Micro Bussiness Discussion).
  • Faktor yang membantu di dalam mengatasi permasalahan urbanisasi dengan melalui roadmap pemberdayaan varietas tanaman lokal di dalam meningkatkan modal desa yang berbasis kerakyatan.

Demikian informasi dari kami mengenai beberapa contoh judul proposal yang bisa anda gunakan. Kami juga menyarankan agar anda mendapatkan informasi lainnya yakni Surat Peminjaman Tempat (Contoh Surat Peminjaman Gedung, Tempat Kegiatan, Pinjam Pakai Alat) dan juga 4 Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.