Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Surat Jual Beli Mobil

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu mengenai seperti apa contoh surat jual beli mobi? Pada dasarnya surat ini tidak jauh berbeda dengan Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Format Perjanjiannya karena memang sama-sama berisi informasi mengenai penjualan terhadap aset atau barang berharga. Surat ini masuk ke dalam kategori surat resmi sehingga ketika anda membuatnya, maka anda harus benar-benar memperhatikan struktur dan pilihan kata agar supaya surat yang anda buat sesuai dengan ketentuan yang ada.

Alasan kami ingin menjelaskan mengenai contoh surat jual beli mobil adalah karena pembuatan surat ini memang sangat diperlukan karena berguna sebagai bukti bahwa pada tanggal tertentu anda telah melakukan sebuah transaksi jual beli berupa mobil dengan orang lain dan dengan harga yang sudah disepakati.

Surat Jual Beli Mobil

Surat Jual Beli Mobil

Mengenal Tentang Surat Jual Beli Mobil

Surat ini di dalamnya harus berisi informasi mengenai pernyataan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan transaksi jual beli mobil dengan nominal tertentu. Selain itu, surat ini juga harus berisi tentang apakah pembayaran yang dilakukan secara tunai atau secara kredit agar kemudian tidak sampai menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Jangan lupa juga agar surat ini juga harus dicantumkan tanda tangan oleh kedua belah pihak karena akan dijadikan sebagai bukti bahwa pada waktu tertentu dan tanggal yang sudah ditetapkan telah sepakat untuk membeli maupun menjual mobilnya.

Sebelum kami menjelaskan kepada anda mengenai seperti apa contoh dari surat jual beli mobil, anda harus terlebih dahulu memahami beberapa fungsi dari surat tersebut yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

Surat Jual Beli Mobil 1

Surat Jual Beli Mobil 1

Fungsi surat jual beli bagi mobil bagi penjual

  • Surat ini berfungsi untuk menyatakan bahwa kedua belah pihak merupakan orang yang sah yang akan melakukan transaksi jual beli mobil.
  • Memastikan bahwasanya pemindahan hak mobil dari penjual ke pembeli dilakukan setelah proses pembayaran dinyatakan selesai.
  • Memastikan bahwa penjualan mobil dilakukan dengan menggunakan cara pembayaran yang benar.
  • Memastikan bahwa tidak adanya komplain yang terjadi diluar scope yang sebelumnya telah disepakati.

Fungsi surat jual beli mobil bagi pembeli

  • Memastikan diri bahwa mobil yang dijual tersebut merupakan barang dari penjual yang berperan sebagai pemilik asli.
  • Memastikan jual beli mobil terbebas dari masalah yang berhubungan dengan penipuan.
  • Memastikan bahwa spesifikasi mobil yang dijual sama dengan spesifikasi yang sebelumnya telah diberikan.
  • Memastikan bahwa adanya suatu jaminan dari pihak penjual bahwa mobil yang telah dijual masih dalam kondisi yang bagus.

Setelah memahami mengenai beberapa fungsi dari pentingnya surat jual beli mobil, maka silahkan anda simak penjelasan kami di bawah ini mengenai seperti apa contoh dari surat tersebut agar nantinya bisa anda jadikan bahan referensi.

Contoh Surat jual beli mobil

Di bawah ini kami akan memberikan contoh surat jual beli mobil yang seperti kami jelaskan sebelumnya, bahwa harus ada informasi secara jelas mengenai pernyataan kesepakatan, harga mobil, cara pembayaran, dan lain sebagainya.

Surat Jual Beli Mobil 2

Surat Jual Beli Mobil 2

contoh surat jual beli mobil

 

SURAT JUAL-BELI MOBIL

Pada tanggal, ___________ 2018 telah dilakukan perjanjian jual – beli mobil dimana Pihak pertama telah menjual mobilnya kepada pihak kedua. Kami Yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama                       : Mukhammad Lukman
Jabatan                    : Pengusaha
Alamat                     : Jalan Raya Aku Padamu
Nomer KTP / SIM  : 546789087654356
Telepon                    : 5678o9p0[0987655467

Dalam hal ini sebagai pihak pertama.

Nama                       : Andika Kangen Band
Jabatan                    : Penyair
Alamat                     : Jalan Konohagakure
Nomer KTP / SIM : 657890987654667
Telepon                    : 46789089876544657

Dalam hal ini sebagai pihak kedua

Dengan ini kedua pihak sepakat untuk transaksi jual beli 1 buah unit mobil  TOYOTA YARIS G NEW.

Kedua pihak juga telah sepakat melakukan sebuah perjanjian yang sah dengan beberapa ketentuan yang akan dijelaskan pada pasal-pasal seperti di bawah ini:

Pasal 1

Pihak Pertama telah mnjual 1 unit mobil merk TOYOTA YARIS G NEW kepada pihak dedua dengan harga Rp.200.000.000,-

Adapun spesifikasinya sebagai berikut

Tahun Pembuatan              : 2016
No Rangka                           : 313582BC51210
Warna                                  : Hitam Metalik
Bahan Bakar                      : Bensin
No. Polisi                           : BH 19 BISA

lengkap dengan segala perlengkapannya.

Pasal 2

Pemindahan kepemilikan mobil beserta surat – suratnya segera diserahkan apabila mobil yang disebutkan telah dibayar lunas. Keuntungan maupun juga kerugian atas mobil tersebut, mulai saat ini dibebankan pihak kedua.

Pasal 3

Pihak pertama menjamin mobil yang dijual adalah benar miliknya serta tidak dijual ke orang lain ataupun hal semacamnya.

Jika misalnya pihak kedua tidak mampu membayar kontan, maka pihak kedua boleh melakukan pembayaran sebanyak tig akali dari harga yg telah disepakati.

Pikah Kedua nantinya akan dikenakan denda jika tidak segera melunasi biaya mobil tersebut, dengan waktu yang telah ditentukan. Dan juga Pihak Pertama memilik hak untuk membatalkan perjanjian jual beli mobil tersebut.

Pasal 5

Semua beban pajak dan balik nama serta lain-lain akan menjadi dibebankan kepada pihak kedua (pembeli). Selain itu, biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan surat ini akan sepenuhnya menjadi tanggungan yang harus dibayar oleh pihak kedua.

 

Jakarta, ___________ 2018

Pihak Pertama

 

(____________)

Pihak Kedua

 

(_____________)

SAKSI-SAKSI
Pihak Pertama
(____________)
SAKSI-SAKSI
Pihak Pertama
(____________)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa contoh surat jual beli mobil. Kami juga menyarankan agar supaya anda mempelajari informasi lainnya dari kami yaitu 5 Contoh Surat Kesepakatan Bersama Hak Asuh Anak, Penyerahan, Pembagian Hadiah dan juga Contoh MOU Kerja Perusahaan dan Sponsorship (Berikut Contoh Surat). Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.