Pengertian Dan Contoh Surat Penawaran Berikut Isinya

contoh surat penawaran

contoh surat penawaran

Makalah.id – Apakah anda pernah tahu mengenai contoh surat penawaran? Pada dasarnya surat penawaran merupakan sebuah surat yang dibuat dengan tujuan menjalin sebuah kerja sama antara kedua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama. Biasanya surat penawaran ini dibuat oleh perusahaan atau lembaga lainnya yang digunakan untuk semakin memajukan perusahaan tersebut dan salah satu caranya adalah melalui kerja sama.

Anda harus tahu bahwa surat penawaran termasuk ke dalam salah satu surat formal atau resmi. Dengan kata lain, jika anda ingin membuat contoh surat penawaran maka anda harus memperhatikan mengenai diksi atau pemilihan kata dan juga anda harus memperhatikan tentang struktur kata yang anda masukkan di dalam surat tersebut akan bisa menarik minat dari pihak lain agar supaya mau bekerja sama atau menerima tawaran anda yang tertera di dalam surat tersebut.

Di dalam surat penawaran harus dicantumkan secara jelas mengenai rincian harga maupun juga barang yang anda tawarkan atau barang yang ingin anda jual atau produk dan jasa yang ingin anda lakukan kerja sama dengan pihak kedua. Bahasa yang digunakan di dalam surat penawaran tentunya harus menggunakan bahasa yang persuasif dimana hal ini bertujuan agar supaya orang tersebut mau menerima penawaran anda maupun juga mau bekerja sama dengan anda untuk mencapai tujuan bersama.

contoh surat penawaran

contoh surat penawaran

Apa Saja Fungsi Dari Surat Penawaran?

Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai apa saja fungsi ataupun kegunaan dari surat penawaran yang harus anda ketahui:

  • Surat penawaran digunakan untuk menawarkan sebuah produk
  • Surat penawaran digunakan untuk melakukan promosi terhadap suatu produk
  • Surat penawaran juga digunakan untuk membantu meningkatkan pemasaran produk
  • Surat penawaran bisa digunakan untuk menjalin suatu kerja sama untuk mencapai tujuan bersama
  • Dilakukan juga untuk memperluas koneksi atau jaringan

Apa Isi Dari Surat Penawaran?

Setelah anda mengetahui tentang definisi atau pengertian dari surat penawaran, maka sekarang anda harus tau tentang apa saja yang harus anda cantumkan di dalam surat penawaran yang nantinya akan anda buat. Pada dasarnya di dalam isi surat penawaran haruslah ada keunggulan atau kelebihan dari produk maupun juga jasa yang anda tawarkan kepada orang lain sehingga kemudian akan membuat orang tersebut menerima tawaran barang dan jasa yang anda tawarkan.

Akan tetapi yang harus anda perhatikan adalah surat yang anda buat tersebut hanyalah untuk menjelaskan mengenai keunggulan produk dan jasa secara umum, karena nanti kebanyakan orang tersebut akan meminta anda untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai produk maupun juga jasa yang anda tawarkan.

contoh surat penawaran

contoh surat penawaran

Apa Saja Sifat Dari Suran Penawaran?

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa surat penawaran merupakan salah satu surat yang bersifat formal atau resmi, akan tetapi pada dasarnya ada sifat dari surat penawaran yang penting untuk anda ketahui:

  • Surat penawaran bersifat bebas, yang artinya bahwa jika misalnya terdapat perubahan suatu harga maka penjual atau anda tidak perlu harus memberitahu pihak pembeli
  • Surat penawaran bersifat terikat, yang artinya jika ada kebijakan lainnya yang berubah maka tentunya anda harus memberitahu pihak pembeli
  • Surat penawaran bersifat berjangka, yang artinya bahwa penawaran yang dilakukan hanya bersifat sementara kecuali memang kedua belah pihak telah melakukan beberapa ketentuan yang disetujui bersama.
contoh surat penawaran

contoh surat penawaran

Bagaimana Contoh Surat Penawaran?

Setelah mengetahui mengenai definisi, tujuan, serta sifat dari surat penawaran, maka selanjutnya yang harus anda tahu adalah mengenai contoh dari surat penawaran yang nantinya harus anda buat. Dengan mengetahui contoh dari surat penawaran ini diharapkan nantinya anda bisa membuat surat penawaran dengan baik sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang berlaku.

contoh surat penawaran

Surabaya, 10 Maret 2010

Kepada
Yth. Manajer General Affair
PT. Jaya Selalu Group
Jl. KH. Ahmad Dahlan No 23
Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkelanlkan diri kami bahwa kami dari Perusahaan yang bernama PT. Untung Jaya Group yang bekerja di bidang distributor alat – alat komputer dan juga alat – alat tulis.

Berdasarkan informasi yang telah kami peroleh, bahwa PT. Jaya Selalu Group adalah sebuah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan juga akan membuka lagi beberapa cabang kantor pemasaran yang ada di Surabaya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perkenankan karena kami ingin menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer maupun juga alat – alat yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami juga telah mlampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.

Apabila perusahaan Anda menerima lalu kemudian membutuhkan layanan kami, maka kami telah menyediakan nomor telepon yang bisa anda hubungi yakni 0341-98xxx dan kami akan langsung mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan (jika yang anda pesan alat – alat komputer). Selain itu, kami juga akan memberikan harga khusus kepada Anda jika misalnya nanti akumulasi pembelian yang dilakukan lebih dari Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Kami pun berharap agar supaya penawaran yang dilakukan ini nantinya dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Jika nantinya Saudara berminat, maka kami siap melakukan presentasi dan juga siap untuk melakukan pembicaraan yang lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas waktu dan juga perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,
PT. Jaya Selalu Group

Muhammad Iqbal Maulana
Manajer Marketing

1. Contoh Surat Penawaran Makanan

Di bawah ini akan kami berikan contoh surat penawaran makanan yang mungkin bisa jadi referensi untuk anda:

contoh surat penawaran makanan
PT. SEGAR JAYA ABADI
Ruko Mawar Permai Blok A3 No. 41 Jl. Raya Dr. Wahidin Sudirohusodo Km. 38 Jakarta 670617
Telp. 021 331242 Fax. 021 232112 Mobile. 08765738737373
Kepada
Manager Pemasaran
PT Karya Gemilang Jaya Group
Up. Bapak Muhammad Amirul Mukminin
Jalan KH. Ahmad Zainudin No. 21 A
Surabaya
SURAT PENAWARAN
No. 005/PTSAB/60/XI/2016
Dengan hormat,
Melalui surat ini kami ingin bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. Segar Jaya Abadi kepada perusahaan Bapak, yakni PT Karya Gemilang Jaya Group. Kami juga ingin mengajukan sebuah penawaran kepada PT Karya Gemilang Jaya Group tas produk yang telah kami hasilkan dan sekarang sudah kami jadikan sebagai produk unggulan kami.
PT. Segar Jaya Abadi adalah perusahaan yang telah lama memproduksi berbagai macam makanan ringan atau snack. Makanan ringan yang kami produksi yaitu makanan yang di dalamnya mengandung banyak gizi dan juga diproduksi secara higenis. Jadi anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tidak mengandung bahan – bahan pengawet.
Seperti informasi yang telah saya peroleh, bahwasanya PT Karya Gemilang Jaya Group adalah sebuah perusahaan retail yang sedang berkembang pesat. Jadi, kami ingin menyarankan agar supaya perusahaan bapak menggunakan produk dari kami agar supaya omset perusahaan bapak dapat semakin bertambah. Kami juga telah mempersiapkan sebuah potongan harga khusus kepada PT Karya Gemilang Jaya Group sebesar 20%.
Kami berharap bahwa penawaran ini dapat terwujud dalam suatu bentuk kerjasama yang dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. Dan juga sebagai bahan perbandingan, kami mempersilahkan Bapak untuk melihat informasi yang ada di di lampiran yang berisikan beberapa daftar harga produk makanan ringan yang telah kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat, maka tentunya kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.
Demikianlah surat penawaran ini kami sampaikan, atas waktu, perhatian serta kerjasama PT Karya Gemilang Jaya Group, kami ucapkan terima kasih.
Surabaya, 15 November 2012
Hormat kami,
Manager Marketing
PT Segar Jaya Abadi
Contoh Surat Penawaran Makanan

Contoh Surat Penawaran Makanan

2. Contoh Surat Penawaran Negosiasi

contoh surat penawaran negosiasi

Bandung, 21 Oktober 2010
Kepada Yth
PT. Agung Maju Sentosa

Di,-
Bandung
No. : 088/PNR/2010
Hal : Penawaran Barang dan Jasa
Lampiran. : 1 Berkas

Dengan Hormat
Dengan mengirimkan surat ini kami bermaksud agar diperbolehkan untuk memperkenalkan perusahaan kami yaitu PT. Agung Setia Abadi, kepada Bapak / Direktur  PT. Agung Maju Sentosa yang berlokasi di Jl. Teratai Putih No. 33 Bandung.

Kami merupakan perusahaan yang beroperasi di dalam bidang pengadaan barang dan jasa, yakni pemasangan atau instalasi litrik. Perusahaan kami juga telah berpengalaman dalam melakukan pemasangan listrik di gedung-gedung perkantoran atau pertokoan yang ada di Jakarta maupun daerah sekitarnya.

Maka dari itu, sesuai informasi yang kami peroleh bahwa PT Agung Setia adalah perusahaan properti yang saat ini sedang berkembang pesat dan akan membangun lagi gedung – gedung pertokoan dan perkantoran untuk samakin mengembangkan usahanya. Sehubungan hal itu, maka kami mengajukan sebuah penawaran untuk pemasangan dan instalasi listrik sesuai dengan bidang kami.

Harapan kami adalah bahwa penawaran ini nantinya dapat terwujud dalam sebuah bentuk kerjasama sehingga kemudian dapat menguntungkan kedua belah pihak. Jika perusahaan bapak berminat kepada penawaran kami, maka tentunya kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas waktu, perhatian, dan juga kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

PT. Agung Maju Sentosa

Manajer Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan contoh surat penawaran. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

Ada beberapa informasi yang juga penting untuk anda ketahui yaitu:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.