Pengertian dan Contoh Surat Paklaring Yang Penting Untuk Diketahui

Makalah.id – Apakah anda pernah membuat sebuah contoh surat paklaring? Atau mungkin anda malah tidak tahu apa itu surat paklaring dan bagiamana contoh atau cara membuat surat tersebut. Memang pertanyaan ini banyak yang menanyakannya karena tidak sedikit orang yang masih bingung tentang apa itu sebenarnya surat paklaring dan bagaimana atau seperti apa bentuknya.

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

Bagi anda yang masih bingung, maka tentunya anda harus menyimak penjelasan kami berikut ini karena kami akan memberikan anda penjelasan mengenai apa pengertian atau definisi dari surat paklaring dan juga seperti apa contoh surat paklaring yang sering beredar atau dibuat oleh seseorang. Namun sebelum itu, mari kita membaha bersama – sama mengenai definisi dari surat paklaring.

Pengertian Surat Paklaring

Surat paklaring merupakan sebuah surat yang dibuat oleh suatu perusahaan PT atau perusahaan yang menyatakan bahwa orang tersebut pernah bekerja menjadi karyawan, staff, maupun bagian lainnya di dalam perusahaan tersebut. Surat ini nantinya akan berisi tentang sejak kapan anda bekerja di perusahaan yang bersangkutan maupun juga sampai kapan anda berada di situ.

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

Dengan kata lain, surat paklaring merupakan surat yang berisi tentang sejak kapan dan sampai kapan anda bekerja di perusahaan PT tersebut karena nantinya hal ini akan menjadi sebuah data penting bagi kedua belah pihak ketika nantinya akan dilakukan pendataan.

Dan ketika seseorang tersebut sudah habis masa kerjanya, maka nantinya perusahaan akan memberikan sebuah surat kepada orang tersebut, dan surat inilah yang disebut sebagai surat paklaring. Dan biasanya dengan pemberian atau pembuatan surat ini nantinya akan digunakan sebagai bukti bahwa orang tersebut pernah bekerja di suatu perusahaan PT dan menjabat atau menduduki jabatan tertentu di perusahaan tersebut.

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

Seberapa Penting Surat Paklaring?

Lantas, seberapa penting surat paklaring? Tentu surat ini sangat penting karena dengan memberikan surat tersebut berarti anda sudah memberitahukan bahwa anda pernah atau berpengalaman bekerja di perusahaan tertentu dengan menduduki posisi tertentu.

Dan juga melalui surat paklaring inilah ketika anda melamar di perusahaan lain, maka surat tersebut akan sangat berguna. Kenapa? Karena secara tidak langsung anda memberitahu pihak perusahaan bahwa anda memiliki pengalaman bekerja di perusahaan tertentu, terlebih lagi jika misalnya posisi yang ingin anda lamar sama dengan pengalaman anda selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Hal inilah yang akan membuat perusahaan yang anda lamar kemungkinan besar akan menerima lamaran anda dan mengizinkan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jadi anda jangan sampai meremehkan surat paklaring ya? Apalagi jika sampai anda membuang surat tersebut karena anda sakit hati karena anda berhenti atau masa kerja anda sudah habis.

Syarat Mendapatkan Surat Paklaring

Perlu anda tahu bahwa syarat seseorang agar nantinya bisa mendapatkan surat paklaring adalah seseorang yang minimal bekerja di perusahaan tersebut selama minimal satu tahun. Jadi, ketika seseorang tersebut sudah bekerja di sana selama lebih dari satu tahun dan kemudian ia memutuskan untuk resign, maka orang tersebut tentunya memiliki hak untuk mendapatkan surat paklaring dari perusahaan tempat ia bekerja.

Namun, anda juga harus memperhatikan alasan kenapa perusahaan tersebut memberikan surat paklaring. Selain anda harus memperhatikan masa kerja, anda juga harus memperhatikan mengenai penyebab anda keluar dari perusahaan anda tempat bekerja tersebut.

Jika anda melamar di suatu lembaga atau perusahaan dengan membawa surat paklaring, dan ternyata di dalamnya berisi bahwa alasan anda keluar karena anda dipecat. Maka hal ini tentu akan membuat perusahaan yang anda lamar akan berpikir dua kali untuk menerima anda, atau bahkan anda tidak akan diterima di perusahaan tersebut.

Fungsi Surat Paklaring

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa surat paklaring berfungsi untuk memberikan informasi tentang kapan dan sampai kapan anda bekerja di perushaan tersebut dan juga mengenai alasan anda berhenti di sana. Namun ada lagi fungsi lain dari surat paklaring yang umum digunakan adalah untuk mencairkan dana dari BPJS.

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

Setelah kita tadi sudah membahas mengenai pengertian, fungsi, dan juga syarat pembuatan surat paklaring. Sekarang tiba saatnya kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai contoh surat paklaring yang harus anda ketahui.

1. Contoh Surat Paklaring Untuk Klaim BPJS dan Ketenagakerjaan

Di bawah ini akan kami berikan sebuah contoh surat paklaring yang berkaitan dengan BPJS dan Ketanagakerjaan:

PT Bintang Kecil Kejora

Ruko Indah Permai Blok A61 No. 12

Jalan Raya Megawati KM 4,9 Surabaya 65141

Telp. 031 333 422 Fax. 031 333 321 Mobile. 085755011305

Website: www.bintangkecilkejora.com Email: [email protected]

 

SURAT PAKLARING

No. : 17/HRD/XI/2015

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Muhammad Ubaidillah Ka’ab
  • Jabatan: Direktur PT Bintang Kecil Kejora

Dengan keluarnya surat ini maka kami ingin menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

  • Nama: Ahmad Khoirul Huda
  • Alamat: Jalan Brigjen Sudirman Said 711 Surabaya

Bahwa nama yang telah disebutkan di atas benar – benar telah menjadi karyawan di PT Bintang Kecil Kejora terhitung mulai tanggal 19 Juni 2010 sampai dengan 09 Januari 2015, dengan jabatan terakhir yang diemban adalah sebagai Account Officer.

Saudara Ahmad Khoirul Huda telah bekerja dengan memberikan dedikasi serta loyalitas yang tinggi kepada perusahaan dan saudara tersebut tidak pernah terlibat dengan hal – hal yang bersifat negatif yang mana hal tersebut membawa pengaruh buruk bagi perusahaan selama yang bersangkutan menjadi karyawan di PT Bintang Kecil Kejora. Pada pernyataan ini kami juga ingin menjelaskan bahwa yang bersangkutan telah memutuskan untuk mengundurkan diri atas inisiatif atau permintaan pribadi.

Kami ingin menyampaikan rasa tterima kasih atas segala kinerja yang telah saudara lakukan selama bekerja di sini. Semoga saudara Khoirul Huda dapat menjadi pribadi yang lebih sukses di masa yang akan datang.

Demikianlah surat paklaring ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Malang, 10 Januari 2015

 

Direktur

 

Siti Fatimah Indah Puspita

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

2. Surat Paklaring Kerja

Di bawah ini akan kami berikan sebuah contoh tentang surat paklaring restoran yang harus anda ketahui.

PT. JAVA ADI PURNAMA

The Best IT Solution

Jl. Cempaka Putih Blok D3 No.21 Perum. Pohon Kasturi Raya Kemiling Jakarta Utara

Website: https://java.co.id, Telp: (021) 273511, Faks: (021) 278816 ==============================================================================SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 07/HRD/XI/2015

  Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yunus Indra Leksmana, S.T.

Jabatan : Direktur PT. Java Adi Purnama

Dengan dikeluarkannya surat ini, maka kami ingin menenerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Deni Hendra Setiawan, S.Kom.

Alamat : Jl. Bunga Mawar Indah No. 11 Sumber Agung Kemiling Jakarta Utara

Bahwa saudara tersebut telah benar – benar bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung mulai tanggal 01 Maret 2005 sampai dengan 02 November 2015. Adapun jabatan terakhir yang diemban adalah sebagai Manager Information Technology Department.

Selama Saudara Deni Hendra Setiawan bekerja di Perusahaan Kami, Saudara Deni Hendara Setiawan telah menunjukkan dan memberikan dedikasi serta loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan kami dan juga Saudara yang bersangkutan tidak pernah melakukan hal – hal negatif yang dapat merugikan perusahaan. Saudara Deni Hendra Setiawan telah memberikan keputusan secara mutlak bahwa ia ingin mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih serta kami juga berharap semoga Saudara yang bersangkutan dapat menjadi pribadi yang lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini kami buat agar nantinya dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta Utara, 02 November 2015

YUNUS Indra Leksmana, S.T.

Direktur PT. Java Adi Purnama

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

3. Contoh Surat Paklaring Pabrik

Berikut ini akan kami berikan contoh yang terakhir tentang surat paklaring pabrik.

Contoh Surat Paklaring dari Perusahaan Multinasional

PT. Makmur Setia Abadi
Ruko Perum Bunga Mawar Merah Blok B3 No. 14
Jl. Raya Harumnya Teh Melati Km. 5,8 Semarang 670957
Telp. 024 312799 Fax. 024 312796 Mobile. 0819190190190
Website: www.makmursetiabadi.com Email: [email protected]

 

SURAT PAKLARING
No. : 09/HRD/XII/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama          : Mikho Saputra Werkudara
Jabatan      : Direktur PT. Makmur Setia Abadi

Dengan keluarnya surat ini, kami ingin menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang saudara bersangkutan di bawah ini:
Nama                    : Farid Eko Wahyudi
Alamat                  : Jl. Gunung Gangsir No.20 Semarang

Benar – benar telah bekerja pada perusahaan yang kami terhitung mulai tanggal 20 Desember 2013 sampai dengan 20 September 2015, dan jawaban terakhir yang diemban yaitu sebagai Staff Frontliner Executive.

Selama saudara menjadi karyawan di PT. Makmur Setia Abadi, Saudara Farid Eko Wahyudi telah menunjukkan dan memberikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan kami sertai saudara tidak pernah melakukan hal – hal negatif yang merugikan perusahaan. Maka dalam hal ini saudara yang bersangkutan ingin mengundurkan diri atas kemauannya sendiri dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih dan juga kami berharap semoga saudara yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat paklaring ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 20 September 2015

Direktur

Mikho Saputra Werkudara

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan contoh surat paklaring. Semoga informasi tersebut bisa menfaat untuk kita semuanya. Dan juga kami ingin memberikan informasi lain yang juga tidak kalah penting seperti contoh CV yang menarik untuk fresh graduate dan juga contoh kata pengantar laporan atau prakerin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.