Pengertian Dan 4 Contoh Surat Resmi Terbaru

Makalah.id – Apakah anda sudah pernah membuat contoh surat resmi? Surat resmi memang sangat dibutuhkan terutama ketika menyangkut hal-hal yang bersifat formal dimana surat ini nantinya juga akan digunakan sebagai sarana komunikasi, baik yang berhubungan dengan kegiatan sekolah, perusahaan, maupun instansi-instansi terkait lainnya yang memang menuntut untuk membuat sebuah surat resmi. Penggunaan surat resmi memang wajib dilakukan karena jika tidak, maka tentu surat tersebut tidak akan diterima meskipun sebenarnya isinya memiliki maksud yang baik.

Dalam membuat surat resmi memang dibutuhkan beberapa hal yang harus anda pahami karena di dalam surat tersebut terdapat beberapa bagian yang harus dicantumkan. Bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat surat resmi yang baik dan sesuai dengan ketentuan, maka kami akan memberikan kepada anda beberapa contoh surat resmi yang nantinya bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membuat surat resmi versi atau karya anda sendiri. Sebelum itu, kami menyarankan agar anda membaca informasi yang juga tidak kalah penting yaitu 5 Contoh Surat Kesepakatan Bersama Hak Asuh Anak, Penyerahan, Pembagian Hadiah dan juga Surat resmi perusahaan dan undangan (Format penulisan surat dan Contohnya)

Mengenal lebih dalam tentang surat resmi

Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya surat resmi sering dibuat atau dikeluarkan oleh instansi atau organisasi tertentu karena adanya sebuah keperluan atau kepentingan. Salah satu contoh surat resmi yang umum dan mungkin sudah anda ketahui adalah seperti surat dinas atau juga surat kuasa.

Dan sebelum kita masuk ke dalam topik pembahasan kita kali ini, tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa pengertian dari surat resmi tersebut. Sebenarnya ada beberapa definisi atau pengertian dari surat resmi, namun secara umum memang surat resmi merupakan sebuah surat yang dikeluarkan oleh organisasi atau instansi terkait dengan mencantumkan maksud tertentu dan juga menggunakan bahasa yang formal.

Dalam pembuatan surat resmi tentu anda harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya yakni anda harus mengetahui tentang seperti apa ciri-ciri surat resmi sehingga nantinya anda juga akan paham dalam pembuatan surat resmi dan surat resmi anda juga tidak akan menyeleweng dari ketentuan-ketentuan yang berlaku.

  • Menggunakan kop surat: Sama halnya dengan surat lainnya, surat resmi pun harus menggunakan kop surat meskipun memang ada contoh surat resmi yang tidak menggunakan kop surat yakni surat resmi yang dibuat atau dikeluarkan oleh perorangan. Kop surat ini nantinya akan berguna sebagai identitas instansi atau organisasi.
  • Ada nomor surat, perihal, dan lampiran: Bagian ini juga harus ada di setiap surat resmi yang anda buat karena akan berfungsi untuk memudahkan dalam pencarian jika surat tersebut dibutuhkan maupun juga bisa berguna untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari pembuatan surat resmi tersebut.
  • Ada salam pembuka dan penutup resmi: Meskipun terlihat sederhana, namun anda jangan sampai melupakan bagian ini dan juga penggunaan salam yang anda tulis harus bersifat resmi alias formal.
  • Ada stempel dan tanda tangan: Surat resmi juga biasanya akan menggunakan stempel dan tanda tangan yang berisi persetujuan dari atasan atau pemangku jabatan bahwasanya surat tersebut asli dan sudah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait.

1. Contoh Surat Resmi Dinas Kesehatan

Di bawah ini kami akan memberikan sebuah contoh surat resmi yang dibuat atau dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan yang menjelaskan bahwa produk dari air mineral tertentu sudah terbukti dan juga telah teruji bahwa aman dan halal untuk dikonsumsi.

Contoh Surat Resmi Dinas Kesehatan

Contoh Surat Resmi Dinas Kesehatan

Dan yang harus anda tahu bahwa penggunaan bahasa pada surat ini menggunakan bahasa yang resmi dan juga baku sehingga jika misalnya ada surat resmi namun menggunakan bahasa yang informal, maka surat tersebut masih belum bisa disebut dengan surat resmi.

2. Contoh Surat Resmi Undangan Dari Sekolah

Contoh yang kedua adalah sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh sekolah yakni Sekolah Menengah Pertama yang mana di dalam surat tersebut berisi tentang undangan yang ditujukan kepada orang tua atau wali murid dalam rangka sosialisasi untuk kegiatan ekstrakulikuler.

Contoh Surat Resmi Undangan Dari Sekolah

Contoh Surat Resmi Undangan Dari Sekolah

Dalam surat ini sudah tercantum secara jelas tujuan dan waktu pelaksanaan acara sosialisasi tersebut karena memang semua surat resmi harus menginformasikan secara jelas agar tidak sampai menimbulkan penafsiran atau persepsi yang berbeda mengenai isi dari surat tersebut.

3. Contoh Surat Resmi Pengangkatan Karyawan

Contoh surat resmi yang ketiga adalah sebuah surat resmi yang bisa dikatakan juga sebagai surat keputusan yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait. Surat resmi tersebut berisi tentang pengangkatan karyawan yang diputuskan berdasarkan hasil seleksi administrasi yang secara ketat telah dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dan surat resmi pengangkatan karyawan ini juga biasanya akan memberikan sedikit informasi mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh karyawan yang bersangkutan sebagaimana informasi terlengkapnya yakni berada pada peraturan perusahaan.

Contoh Surat Resmi Pengangkatan Karyawan

Contoh Surat Resmi Pengangkatan Karyawan

4. Contoh Surat Resmi Tentang Panggilan atau Undangan

Surat panggilan juga bisa tergolong ke dalam salah satu surat resmi yang mana contohnya akan kami berikan pada gambar di bawah ini. Surat panggilan tersebut di dalamnya berisi tentang nama yang bersangkutan yang akan dipanggil atau diundang serta juga menjelaskan mengenai kapan dan dimana seseorang tersebut akan dipanggil.

Dan juga seperti halnya surat resmi pada umumnya, surat panggilan atau undangan ini pun juga akan disertai dengan stempel dan juga tanda tangan yang mengindikasikan bahwa memang surat resmi tersebut asli dan sah karena sudah mendapatkan persetujuan dari atasan atau pihak yang berwenang.

Contoh Surat Resmi Tentang Panggilan atau Undangan

Contoh Surat Resmi Tentang Panggilan atau Undangan

Itulah informasi dari kami tentang contoh surat resmi. Silahkan anda juga mengunjungi 4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Untuk Penjual Dan Pembeli yang juga termasuk surat resmi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.