Pengertian dan 4 Contoh Surat Keterangan Kerja

Makalah.id – Kali ini kami akan memberikan ulasan kepada anda mengenai seperti apa contoh surat keterangan kerja yang biasanya beredar di sekitar kita? Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang surat tersebut, tentu penting bagi anda memahami seperti apa pengertian dari surat keterangan kerja karena mungkin saja banyak dari anda yang belum tahu tentang definisi atau pengertian secara benar mengenai surat keterangan kerja.

Surat keterangan kerja merupakan sebuah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi pemerintahan yang mana di dalam surat tersebut menjelaskan bahwasanya karyawan atau pegawai yang bersangkutan sedang dalam periode bekerja pada perusahaan atau instansi tersebut. Surat keterangan kerja merupakan salah satu surat resmi sehingga dalam pembuatannya pun ada beberapa aturan-aturan yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Dan karena itulah penting bagi anda memahami tentang seperti apa contoh surat keterangan kerja sehingga anda tidak akan kesulitan ketika diminta membuatnya.

Mengenal Lebih Tentang Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja biasanya dibutuhkan oleh mahasiswa yang mana ia tidak bisa atau tidak mampu memenuhi tugas perkuliahan karena pada masa atau waktu itu ia sedang dalam masa kerja. Dan dalam hal ini, maka surat keterangan kerja tersebut juga akan berperan sebagai surat perizinan.

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja bagian-bagian penting yang ada di dalam surat keterangan kerja yang harus anda perhatikan agar supaya anda tidak sampai salah membuatnya ketika dimintai tolong oleh atasan atau orang-orang yang memang mempercayakan anda untuk membuatnya, namun sebelum itu silahkan anda memperoleh informasi terlebih dahulu dengan membaca Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar untuk Penjual dan Pembelidan juga Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, NPWP, Kuliah dan Bank

  • Kop resmi: Karena surat keterangan kerja termasuk ke dalam salah satu contoh surat resmi, maka tentu saja nada membutuhkan kop surat di dalam pembuatannya. Kop surat ini nantinya akan memberikan penjelasan tentang perusahaan apa atau instansi apa yang mengeluarkan surat keterangan kerja tersebut.
  • Perihal surat: Perihal surat juga termasuk bagian yang tidak kalah penting dan harus ada di dalam surat keterangan kerja maupun surat-surat resmi lainnya. Dengen mencantumkan perihal, maka pembaca atau pihak yang dituju akan paham mengenai tujuan atau maksud dari pengiriman atau pembuatan surat tersebut.
  • Identitas: Jangan lupa bahwa anda harus mencantumkan identitas diri secara jelas dan lengkap yang mana identitas diri tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah identitas si pembuatan surat dan yang kedua merupakan identitas dari orang yang bersangkutan yang diterangkan di dalam surat keterangan tersebut.
  • Periode kerja: Pada bagian ini nantinya akan menjelaskan mengenai periode atau masa kerja dari karyawan atau pegawai yang bersangkutan.

Selain itu, masih ada beberapa bagian penting lainnya yang harus ada di dalam surat keterangan kerja antara lain seperti tujuan dan penggunaan bahasa yang baik. Dan yang tidak kalah penting adalah surat keterangan tersebut harus ditandatangani oleh atasan atau pihak yang memang memiliki kewenangan.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Tetap

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda tentang seperti contoh dari surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tertentu yang menyatakan bahwa orang atau karyawan yang bersangkutan sudah mendapatkan status sebagai karyawan tetap.

Dan seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa memang di dalam pembuatan surat keterangan ini harus mencantumkan secara jelas informasi-informasi seperti identitas, perihal, dan juga tujuan agar supaya pembaca juga tidak bertanya-tanya mengenai isi yang sebenarnya dari surat keterangan tersebut.

Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Tetap

Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Tetap

2. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Kuliah

Surat keterangan kerja yang satu ini berperan juga sebagai surat perizinan yang menyatakan kepada pihak universitas atau kampus tempat orang yang bersangkutan menuntut ilmu bahwa ia memang benar merupakan karyawan dari perusahaan atau instansti tertentu dengan bukti berupa surat keterangan yang ditandatangani oleh atasan atau pihak yang berwenang.

Surat keterangan kerja ini juga akan mencantumkan dua identitas, yaitu identitas orang yang bertanda tangan dalam hal ini pemangku jabatan dan juga berisi tentang identitas dari mahasiswa yang merupakan karyawan dari perusahaan tersebut. Dan juga yang tidak kalah penting adalah di dalam surat tersebut nantinya akan diberikan stempel perusahaan untuk semakin menegaskan bahwa memang surat keterangan tersebut merupakan asli yang dikeluarkan oleh tempat mahasiswa tadi bekerja.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Kuliah

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Kuliah

3. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Security

Untuk contoh surat keterangan kerja kali ini adalah surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menyatakan bahwa memang orang yang bersangkutan telah bekerja sebagai security dan sampai surat itu dikeluarkan juga menegaskan bahwasanya yang bersangkutan masih aktif bekerja di perusahaan tersebut.

Perlu anda ingat bahwa surat keterangan kerja wajib mencantumkan informasi yang berkaitan dengan identitas seperti nama, tanggal lahir, dan alamat secara lengkap dan tidak boleh menggunakan nama samaran atau nama alias dimana bagan ini juga terdapat pada Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Kredit Motor dan Kredit Mobil Paling Lengkap

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Security

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Security

4. Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Surat keterangan kerja bukan hanya ditulis dalam bahasa Indonesia, namun di setiap negara tentu mereka memiliki surat keterangan kerja tersendiri dengan bahasa-bahasa yang berbeda tergantung bahasa resmi yang digunakan oleh negara tersebut.

Akan tetapi, secara umum memang surat keterangan kerja yang menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahkan menggunakan bahasa lainnya sekalipun tidak luput dari bagian-bagian yang telah kami jelaskan di awal meskipun memang kemungkinan ada beberapa bagian yang berbeda seperti formatnya atau isi dari surat itu sendiri.

 Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Demikian informasi dari kami mengenai contoh surat keterangan kerja. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.