Pengertian dan 3 Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Makalah.id Apa pengertian dan contoh dari surat keterangan penghasilan? Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu surat resmi sehingga ketika anda membuatnya harus memperhatikan kaidah atau aturan-aturan yang ada di dalam pembuatan surat resmi. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut, kami akan memberikan penjelasan kepada anda terlebih dahulu mengenai pengertian atau definisi dari surat keterangan penghasilan.

Surat keterangan penghasilan merupakan sebuah surat resmi yang di dalamnya berisi informasi mengenai seberapa besar penghasilan dari orang yang bersangkutan setiap bulannya. Informasi mengenai besaran gaji atau bayaran dari orang tersebut tentunya harus dijelaskan secara detail di dalam surat ini. Perlu anda tahu bahwa biasanya seseorang yang berwenang di dalam pembuatan surat keterangan ini adalah sekretaris dengan berbagai format yang berbeda-beda di setiap perusahaan.

Mengenal Lebih Jauh Surat Keterangan Penghasilan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa karena surat keterangan penghasilan termasuk ke dalam surat resmi, sehingga dalam pembuatannya pun anda harus memperhatikan berbagai hal yang tentunya wajib anda tulis atau anda cantumkan di dalam surat tersebut.

Beberapa hal yang kami maksud adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Kop surat: Surat keterangan penghasilan juga harus mencamtukan kop surat yang berguna untuk menandakan bahwasanya surat ini merupakan surat resmi dan asli yang dikeluarkan oleh perusahaan tertentu dan juga surat ini bisa dipertanggungjawabkan.
  • Nomor surat: Nomor surat juga termasuk bagian penting yang harus ada di dalam surat keterangan penghasilan maupun surat resmi lainnya. Fungsi dari adanya nomor surat inni adalah untuk memberitahukan bahwa memang surat tersebut asli dan juga memiliki arsip.
  • Menerangkan si peminta surat: Pada bagian ini harus menjelaskan secara resmi bahwa karyawan atau pegawai yang bersangkutan benar-benar bekerja di perusahaan tersebut secara sah.
  • Menerangkan jabatan dan gaji: Surat ini juga harus memberikan informasi secara jelas dan lengkap mengenai jabatan apa yang diemban oleh orang yang bersangkutan serta besaran gaji yang ia dapatkan setiap bulannya. Dan yang tidak kalah penting adalah surat ini juga harus berisi mengenai apa saja tunjangan atau hal lain yang berhubungan dengan pendapatan dari orang tersebut selama bekerja di perusahaan itu.
  • Tanda tanganJangan lupa untuk meminta tanda tangan sebagai bukti bahwa orang yang memang berkewajiban mengeluarkan atua menyetujui surat keterangan ini telah setuju dan mengindikasikan bahwa surat keterangan yang anda terima benar-benar sah alias asli.

1. Surat Keterangan Penghasilan Sederhana

Di bawah ini kami akan memberikan contoh mengenai seperti apa surat keterangan penghasilan yang sederhana. Untuk poin pertama ini kami yakin anda semuanya tidak akan mengalami kendala ketika diminta untuk membuatnya. Selain itu, bentuk dari surat ini kemungkinan hanya tersedia untuk usaha kecil atau juga bagi seseorang yang tidak bekerja di perusahaan, namun karena suatu alasan ia diminta untuk mengumpulkan surat keterangan penghasilan.

Seperti yang anda lihat, anda akan menemukan informasi mengenai biodata dari seseorang meminta untuk dibuatkan surat keterangan penghasilan tersebut. Dan juga bagian yang tidak kalah penting adalah menjelaskan mengenai berapa besar jumlah gaji yang ia terima setiap bulannya.

Dan juga anda akan melihat bahwasanya surat keterangan penghasilan tersebut harus mendapatkan persetujuan dari Ketua RW dan Ketua RT sehingga memang surat ini hanya diperuntukkan untuk usaha kecil maupun juga seseorang yang memang diminta untuk membuat surat keterangan sementara ia bukan karyawan bank atau instansi tertentu.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh yang akan kami berikan di bawah ini:

 Surat Keterangan Penghasilan Sederhana

Surat Keterangan Penghasilan Sederhana

2. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Untuk contoh surat keterangan yang kedua biasanya diperuntukkan sebagai syarat yang wajib dilengkapi bagi siswa atau mahasiswa karena berhubungan dengan biaya sekolah atau biaya kuliah yang harus ia bayarkan setiap bulan atau setiap semesternya.

Dengan membuat dan menyerahkan surat keterangan penghasilan orang tua inilah nanti pihak sekolah atau pihak kampus bisa menentukan berapa biaya yang harus anda keluarkan selama anda menuntut ilmu di sekolah atau di kampus tersebut.

Berbeda dari contoh surat keterangan yang pertama, untuk surat keterangan penghasilan ini mencamtukan nominal atau besaran gaji atau bayaran yang didapatkan dengan menjelaskannya dalam bentuk paragraf sementara pada contoh pertama hanya menjelaskan dalam bentuk kalimat.

Silahkan anda perhatikan contoh yang akan kami berikan di bawah ini:

Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

3. Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Contoh dari surat keterangan penghasilan selanjutnya adalah sebuah informasi mengenai berapa besar penghasilan yang diperoleh oleh seorang karyawan yang bekerja di PT. Persero Tbk yang berlokasi di Jl. Letjen Hertasning Makssar.

Seseorang yang berhak atau memiliki wewenang dalam menyetujui surat keterangan penghasilan di suatu perusahaan adalah sekretaris maupun HRD yang tentu saja sebelumnya sudah mendapatkan wewenang dari Direktur atau pemimpin dari perusahaan tersebut.

Nantinya surat tersebut akan mendapatkan tanda tangan dari HRD maupun sektretaris seperti yang ada pada Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, NPWP, Kuliah dan Bank dan juga Contoh Kontrak Kerja Karyawan yang Lengkap dan Benar.

Di bawah ini merupakan contoh dari surat penghasilan karyawan yang bisa anda jadikan referensi.

Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai contoh surat keterangan penghasilan. Kami juga menyarankan agar supaya anda mendapatkan informasi lainnya yang tidak kalah penting yaitu Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Kredit Motor dan Kredit Mobil Paling Lengkap.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.