Pengertian Dan 2 Contoh Surat Dakwaan Paling Update

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu mengenai seperti apa contoh surat dakwaan? Namun sebelum kita membahas mengenai topik yang akan kami jelaskan, kami menyarankan agar anda mempelajari informasi penting lainnya yang sudah kami siapkan yakni Contoh Surat Gugatan: Pengertian dan Cara Membuatnya Lengkap dan juga mengenai Contoh Surat Gugatan Perdata Tentang Sengketa Jual Beli, Hak dan Gugatan Wanprestasi.

Dan sebelum kami membahas mengenai seperti apa contoh surat dakwaan, terlebih dahulu anda harus paham terlebih dahulu sebenarnya pengertian atau definisi yang terkandung di dalam surat tersebut. Surat dakwaan merupakan sebuah surat atau juga disebut dengan akta dimana surat ini dibuat oleh penuntut umum yang mana surat ini di dalamnya berisi tentang apa saja dakwaan yang dibebankan kepada terdakwa.

Tentu saja dakwaan yang dibebankan tersebut sebelumnya telah melalui penyidikan dan kesimpulan yang telah dibuat oleh para ahli yang memang berwenang di dalam mengurusi tindak pindana. Selain itu, surat dakwaan hanya bisa dibuat oleh JPU atau Jaksa Penuntut Umum yang sekaligus nantinya akan ia gunakan sebagai senjata untuk menjera terdakwa dengan pasal-pasal yang sesuai kejahatan atau tindak pidana yang ia lakukan.

Contoh Surat Dakwaan

Contoh Surat Dakwaan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Surat Dakwaan

Surat dakwaan ini termasuk juga ke dalam salah satu surat resmi, meskipun memang ada beberapa bagian yang terdapart pada surat dakwaan, tidak tercantum di dalam surat resmi pada umumnya dan tentu saja jelas berbeda dengan Contoh Surat Pemberitahuan Dinas, Sekolah, Kegiatan Kampus dan Kegiatan RT Paling Lengkap.

Surat dakwaan harus dibuat sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku, termasuk juga format dan apa saja isi yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa persyaratan yang harus diketahui dan dipenuhi oleh seseorang yang ingin membuat surat dakwaan, dalamhal ini yakni Jaksa Penuntut Umum.

Beberapa persyaratan tersebut akan kami bagi menjadi dua bagian, yakni secara formil dan juga materil. Untuk persyaratan bersifat formil adalah sebagai berikut:

  • Surat dakwaan harus diberi tanggal dan juga tanda tangan dari penuntut umum yang mengindikasikan bahwa memang surat ini merupakan surat asli dan resmi.
  • Surat dakwaan harus berisi informasi secara jelas mengenai identitas dari seseorang yang didakwa atau yang juga disebut dengan terdakwa. Beberapa informasi yang harus tercantum antara lain seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, umur, kebangsaan, jenis kelamin, alamat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, untuk persyaratan materil adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Surat dakwaan harus memberikan penjelasan mengenai uraian dari apa saja unsur pidana yang telah dilakukan oleh terdakwa dan juga harus menjelaskan mengenai apa saja hukuman atau pelanggaran yang telah ia lakukan serta pasal-pasal yang akan dibebankan kepada terdakwa. Tentu saja hal ini sebelumnya sudah harus dilakukan berbagai macam kajian dengan dipadukan fakta dan keterangan saksi, baik saksi biasa, maupun saksi ahli.
  • Uraian yang terdapat di dalam surat dakwaan harus bersikap lengkap dan tidak boleh kurang sedikitpun. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah bukti yang kuat yang akan menjerat terdakwa atas tindak pidana yang telah ia lakukan. Maka dari itu, biasanya setelah pembuatan surat dakwaan, Penuntut Umum akan melihat dan mencermati terlebih dahulu apakah dakwaan yang tertuang di dalam surat dakwaan bersikap lengkap atau tidak.

1. Contoh Surat Dakwaan Tunggal 

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai seperti apa contoh dari surat dakwaan tunggal agar nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Dakwaan Tunggal 

Contoh Surat Dakwaan Tunggal

Seperti yang anda lihat pada contoh surat dakwaan di atas, bahwa meskipun sama-sama merupakan surat resmi, namun ada beberapa bagian yang menjadi pembeda antara surat ini dengan surat resmi pada umumnya. Anda akan melihat informasi mengenai identitas dari seseorang yang dijadikan sebagai terdakwa dan juga sebelumnya anda juga telah melihat mengenai nomor dari surat tersebut yang menunjukkan bahwa memang surat ini sah dan memiliki kekuatan hukum.

Kemudian, seperti yang telah kami jelaskan bahwa surat dakwaan harus memberikan uraian yang lengkap, maka anda akan melihat bahwa uraian yang ada di dalam surat ini juga sudah lengkap, dimana uraian tersebut dibagi menjadi beberapa bagian.

Selain itu, surat ini juga menjelaskan mengenai apa saja pelanggaran yang telah dilakukan oleh terdakwa, lengkap dengan tanggal kejadiannya.

2. Contoh Surat Dakwaan Kejaksaan Negeri

Contoh Surat Dakwaan Kejaksaan Negeri

Contoh Surat Dakwaan Kejaksaan Negeri

Seperti yang anda lihat, bahwa surat ini merupakan sebuah surat dakwaan yang dikeluarkan oleh lembaga Kejaksaan Negeri, tepatnya dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Banda Aceh.

Sebenarnya contoh yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan contoh yang pertama, baik dari segi format surat maupun juga isi dari surat tersebut dimana diawali dengan adanya kop surat, kemudian identitas terdakwa, dan lalu ada informasi mengenai dakwaan yang dibebankan kepada yang bersangkutan.

Berdasarkan surat tersebut, saudara yang bersangkutan telah dilakukan penahanan sejak tanggal 24 Mei sampai dengan 25 Juni. Memang biasanya waktu penahanan dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih 30 sampai dengan 40 hari.

Dan juga dari surat tersebut anda juga bisa melihat bahwa yang bersangkutan telah dilakuan penahanan terhitung mulai tanggal 26 Mei sampai dengan 4 Juli 2009.

Demikian penjelasan dari kami mengenai contoh surat dakwaan. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda sekaligus bisa dijadikan bahan referensi bagi anda yang ingin membuat sebuah contoh surat dakwaan.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.