Metode Penelitian Hukum : Komponen, Memilih Sumber dan Teknik Cara Membuatnya

Makalah.id – Metode penelitian hukum dalam proses penyusunannya harus mengikuti pedoman dan prosedur yang ada. Jika tidak maka anda jangan berharap bahwa metode penelitian yang anda buat bisa memenuhi standar dan berkualitas. Karena fakta di lapangan memang masih banyak orang kebingungan saat membuat metode penelitian hukum khususnya pada saat menginjak musim skripsi.

metode penelitian hukum

metode penelitian hukum

Metode penelitian hukum mempunyai beberapa komponen yang wajib anda perhatikan. Dengan mengikuti bagaimana tahapannya dengan benar, maka anda akan mampu menyusun metode penelitian hukum yang mempunyai kualitas baik.

Meskipun pada dasarnya sama saja penggunaan metode penelitian, namun pengaplikasiannya pasti terdapat perbedaan antara satu dengan yang lain sesuai dengan ilmu terapan yang dipelajari. Untuk hukum kebanyakan mengacu pada dokumen – dokumen yang keputusannya pasti dan tidak bisa diganggu gugat. Sehingga prosesnya harus diperhatikan dan dipahami dengan baik.

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan yang berhubungan dengan metode penelitian hukum, yuk simak bersama – sama sobat :

Metode Penelitian Hukum dengan Teknik Wawancara

Setiap karya tulis, tentu saja membutuhkan yang namanya metode penelitian. Tanpa adanya metode penelitian tidak mungkin sebuah penelitian berjalan dengan baik. Jika memang bisa dilakukan, sudah dipastikan karya tulis tersebut adalah hasil plagiat.

metode penelitian hukum dengan teknik wawancara

metode penelitian hukum dengan teknik wawancara

Karena untuk bisa melanjutkan pada bab – bab selanjutnya, sangat diperlukan informasi yang asalnya dari sumber tertentu. Tidak hasil dari mengarang bebas yang hasilnya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Nah untuk menunjang penelitian itu sendiri, maka anda bisa menggunakan metode penelitian hukum dengan teknik wawancara sobat.

Teknik wawancara yang dilakukan, dianggap bisa menjadi teknik yang tepat dalam rangka mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya dari objek atau permasalahan yang sedang diteliti. Karena dengan bertanya langsung pada orang – orang yang bersangkutan, pastinya akan sangat mudah mendapatkan informasi yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Untuk memaksimalkan teknin wawancara, maka anda bisa lihat beberapa teknik di bawah ini, antara lain :

  • Tumbuhkanlah rasa percaya diri anda.
  • Susunlah strategi yang tepat.
  • Pilihlah tempat yang tepat.
  • Gunakan nada bicara yang mebuat nyaman.
  • Pahami terlebih dahulu cara bertanya yang baik.
  • Siapkan pertanyaan yang sesuai.
  • Melakukan transkrip tanpa mengubahnya sedikitpun.
  • Membuat kesimpulan tanpa adanya ambiguitas.

Metode Penelitian Hukum dengan Teknik Observasi

Metode penelitian hukum selanjutnya bisa dengan memanfaatkan teknik observasi. Teknik observasi merupakan teknik yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke tempat yang sedang anda teliti. Sehingga anda bisa langsung mengamati aktivitas, proses, tindakan dan tingkah laku yang bisa dijadikan sebagai sumber informasi.

metode penelitian hukum dengan teknik observasi

metode penelitian hukum dengan teknik observasi

Teknik ini wajib dilakukan karena tanpa tahu bagaimana prosesnya secara langsung dan hanya mengandalkan informasi dari wawancara saja rasanya masih tidak cukup. Karena dokumen – dokumen yang terkait dengan objek yang sedang diteliti juga dibutuhkan sebagai penunjang. Anda bisa mengambil kesimpulan dari proses yang anda lihat sobat.

Jangan lupa untuk merangkum proses demi prosesnya dan dipilah – pilah sesuai dengan department yang bersangkutan. Misalnya saja pada proses hukum yang sedang diputuskan melalui proses sidang. Maka proses vonis hukum antara tindakan pidana satu dengan yang lain tidaklah sama. Jadi inilah yang penulis maksud untuk merangkum dan memilah – milah proses satu dengan lainnya agar nantinya anda tidak kebingungan.

Secara umum teknik observasi sendiri terbagi menjadi beberap kategori, antara lain sebagai berikut :

  • Research setting.
  • Educationan and vocational selection.
  • Educationan and vocational guidance.
  • Legal setting.
  • Clinical setting.
  • Alamiah dan buatan.
  • Overt and convert.
  • Partisipan dan non partisipan.

Metode Penelitian Hukum dengan Sumber Buku, Internet, Jurnal

Metode penelitian hukum berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber tambahan sebagai data pendukung. Misalnya saja mengambil sumber informasi penelitian dari sumber buku, internet, jurnal atau pun sumber – sumber lainnya.

metode penelitian hukum dengan sumber buku

metode penelitian hukum dengan sumber buku

Dengan memanfaatkan sumber buku, internet atau jurnal, maka anda bisa mengutip beberapa data dan kemudian data tersebut lantas dimasukkan pada penelitian yang anda buat. Inilah yang disebut sebagai salah satu sumber kuat dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya yang posisinya adalah sebagai bahan pendukung teknik – teknik sebelumnya yakni teknik wawancara dan teknik observasi.

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendetail, sebaiknya anda merangkum poin demi poin yang dibutuhkan. Seperti halnya pengertian – pengertian dari istilah judul yang anda buat wajib dijabarkan untuk mempermudah proses pemahaman.

Kemudian berbagai pendapat dari para ahli akan semakin melengkapi penelitian yang anda buat. Jika anda mampu menggunakan teknik ini dengan baik, maka penelitian yang sedang anda susun akan menghasilkan karya dengan kualitas baik.

Selain itu selama proses penelitian berlangsung, ilmu yang anda peroleh akan semakin meningkat karena banyak sumber bacaan yang anda baca. Jadi diharapkan anda bisa mengikuti prosesnya dengan baik demi kebaikan anda sendiri. Jangan berpikir bahwa sumber informasi yang anda cari itu tidak mempunyai manfaat ya sobat.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk mendapatkan metode penelitian hukum yang baik, maka anda wajib mengikuti tahapan – tahapannya agar nantinya sumber informasi penelitian yang anda dapatkan bisa akurat dan menghasilkan karya tulis berkualitas.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai metode penelitian hukum. Jangan lupa untuk mengikuti artikel – artikel berikutnya yang tidak kalah menariknya. Semoga semua yang sudah dijelaskan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua obat. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung. Salam hangat selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.