Makalah Penelitian Geografi : Komponen Pendukung dan Penjelasannya

Makalah.id – Makalah penelitian geografi biasanya diperlukan untuk melengkapi tugas geografi bagi anda yang sedang belajar di bangku SMP dan SMA. Namun di bangku perkuliahan jurusan geografi terkadang juga dibutuhkan. Untuk membuat Contoh Makalah Geografi yang berkualitas dan baik, maka anda harus memperbanyak referensi agar penggunaan kalimat lebih beragam dan variatif.

makalah penelitian geografi

makalah penelitian geografi

Termasuk dalam pembuatan makalah penelitian geografi, anda bisa menyesuaikan tingkatan pendidikan yang sedang anda tempuh. Usahakan dalam membuat makalah disesuaikan dengan observasi yang anda lakukan. Jangan budayakan menggunakan bahan manipulatif yang sudah pasti pembahasannya kurang menarik. Berbeda dengan pembahasan yang akan disampaikan jika memang makalah yang dibuat murni hasil observasi secara langsung. Untuk itu anda harus memperhatikan hal Рhal berikut ini agar Contoh Makalah Karya Ilmiah penelitian geografi anda mendekati sempurna. Inilah pembahasannya untuk anda semua!

Berikan Pembatasan Masalah Pada Makalah Penelitian Geografi

Pembatasan masalah sangatlah berpengaruh dalam menentukan seberapa jauh ruang lingkup yang anda teliti. Dengan memberikan pembatasan masalah, maka pertanyaan – pertanyaan yang mungkin dilontarkan tidak akan melewati batas yang ditentukan. Karena pembaca pun sudah memahami bagaimana anda memberikan batasan. Penguasaan terhadap materi pun menjadi bisa lebih maksimal.

berikan pembatasan masalah

berikan pembatasan masalah

Selain itu saat anda membuat laporan pun akan menjadi lebih mudah dengan adanya pembatasan masalah sobat. Daftar permasalahan yang ada menjadi tidak merembet kemana – mana dan anda akan menjadi lebih fokus pada pokok – pokok permasalahan yang diambil saja.

Ikuti Prosedur yang Sudah Ditentukan 

Jangan lupa sebelum memulai untuk mengerjakan makalahnya, anda wajib mempelajari prosedur yang sudah diberikan. Jika memang prosedur tidak diberikan anda bisa mencoba untuk meminta pada guru atau dosen pengajar agar bisa lebih mudah dan terstruktur.

Prosedur biasanya menjelaskan tentang poin – poin apa saja yang nantinya wajib dibahas dan dilengkapi. Kemudian persyaratan seperti penggunaan jenis kertas, margin, font size, font type, spasi, line spacing, dan lain sebagainya. Inilah semua komponen yang dibutuhkan sehingga semua laporan bisa tampak lebih rapi dan enak untuk dibaca.

Carilah Sumber Pendukung Sebanyak – Banyaknya

Dengan banyak sumber yang anda kumpulkan dan baca, maka dalam proses penyusunan laporan pun akan menjadi semakin lengkap. Disisi lain kosa kata yang akan anda gunakan menjadi lebih banyak dan tentu saja akan meningkatkan daya tarik dalam penyusunan laporan tersebut.

carilah sumber pendukung

carilah sumber pendukung

Sumbernya bisa anda cari dari buku – buku yang ada di perpustakaan, bisa beli buku, internet atau pun jurnal – jurnal internasional. Inilah salah satu faktor yang seringkali disepelekan dan dikesampingkan. Jika anda ingin mendapatkan hasil laporan makalah yang maksimal, sebaiknya anda bisa mengikuti saran yang penulis berikan.

Buatlah Jadwal dan Laporan Target Secara Menyeluruh

Pembuatan jadwal dan laporan target secara menyeluruh akan sangat terasa manfaatnya bagi anda. Semua pekerjaan yang anda lakukan akan selesaiai sesuai dengan rencana pada tahap awal. Misalnya saja dalam proses pembuatan makalah penelitian diberikan waktu maksimal 1 bulan lamanya.

Nah dalam 1 bulan tersebut anda bisa membagi – baginya menjadi beberapa bagian dan bisa anda targetkan sesuai dengan kemampuan. Minggu pertama 25 persen, minggu kedua 25 persen, minggu ketiga 25 persen dan minggu ke empat 25 persen. Dengan begitu proses pengerjaan makalah penelitian geografi bisa selesai sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Berbeda cerita jika anda tidak membuat perencanaan dengan baik. Biasanya proses pengerjaan tanpa rencana yang tepat akan menyusahkan anda sendiri. Kondisi menunda – nunda pekerjaan pun akan anda rasakan selanjutnya. Untuk itu penulis menyarankan kepada anda agar mengindahkan informasi yang penulis berikan. Setuju ya sobat?

Maksimalkan Waktu Penelitian dan Pembuatan Laporan

Jangan lupa inti dari pembuatan makalah ini adalah proses penelitiannya. Jika anda tidak memaksimalkannya, maka anda akan tidak bisa mendapatkan bahan dan informasi secara lengkap. Untuk itu penulis sarankan untuk memaksimalkan penelitian. Manfaatkan waktu yang sudah diberikan dengan baik tanpa menunda – nundanya. Kemudian fokuskan pikiran anda pada bahan penelitian agar bisa mempelajarinya secara mendalam.

Proses Pemeriksaan Akhir Wajib Dilakukan

Setelah anda selesai membuat pelaporan makalah penelitia geografi, anda wajib melakukan yang namanya proses pemeriksaan akhir untuk memastikan bagian demi bagian agar tidak ada yang terlewatkan atau terdapat kesalahan – kesalahan fatal. Kesalahan yang biasa terjadi adalah typografi (kesalahan penulisan). Yang tampaknya sepele namun dampaknya cukup besar bagi kualitas laporan makalah yang anda buat.

Meskipun dalam proses pengecekannya anda wajib membaca halaman demi halaman dengan baik dan detail, jangan anggap hal tersebut cukup menyusahkan. Anggap saja anda sedang mempelajari sambil melakukan pengecekan. Justru malah akan bermanfaat bagi anda, selain anda bisa memastikan kualitas penulisan, anda pun bisa memahami laporan penelitian tersebut. Penghematan waktu pun akan anda rasakan.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya jika anda memperhatikan baik – baik mengenai tips dan ulasan yang sudah penulis berikan seputar makalah penelitian geografi, penulis yakin anda akan mampu menciptakan makalah penelitian geografi dengan kualitas yang baik.

Nah itulah pembahasan lengkap yang bisa penulis sampaikan kepada anda mengenai makalah penelitian geografi. Harapan besar dari penulis ialah semoga ulasan lengkap dan singkat ini bisa membawa dampak positif dan bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah membaca artikel pada pembahasan kali ini dan sampai jumpa di pembahasan – pembahasan berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.