Komponen yang Wajib Diprioritaskan dalam Menyusun Skripsi Ekonomi Syariah

Makalah.id – Skripsi ekonomi syariah dalam penyusunannya pasti membutuhkan dasar – dasar yang tepat khususnya pada hukum islam tentang ekonomi syariah. Untuk itu diperlukan ketekunan dan ketelitian pada setiap bagiannya agar bisa terintegrasi dengan baik. Berbeda dengan skripsi ekonomi manajemen pada umumnya, dalam ekonomi syariah menonjolkan perintah – perintah yang dianjurkan dalam ajaran Islam.

Skripsi Ekonomi Syariah

Skripsi Ekonomi Syariah

Anda bisa menyimak pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai skripsi ekonomi syariah yang akan coba penulis kupas tuntas, agar nantinya anda semua yang sedang menyusun skripsi ekonomi syariah mempunyai pandangan dan standarisasi tersendiri. Beberapa komponen yang wajib anda prioritaskan saat sedang menyusun skripsi ekonomi syariah, antara lain sebagai berikut :

Buatlah Tema dan Judul Skripsi Ekonomi Syariah yang Spesifik 

Tema dan judul skripsi ekonomi syariah yang spesifik akan membantu memudahkan anda dalam menemukan materi – materi pendukung nantinya. Buatlah terlebih dahulu beberapa pilihan judul dan pertimbangkan mana saja yang terbaik untuk anda ambil serta nyaman anda teliti lebih lanjut.

Judul Skripsi Ekonomi Syariah

Judul Skripsi Ekonomi Syariah

Kebanyakan orang hanya asal – asalan dalam menentukan judul, bahkan ada yang sengaja mencari judul yang hampir sama, dengan tujuan agar memudahkan dalam proses penyusunan skripsi. Padahal kegiatan semacam ini tidak membawa manfaat bagi anda. Untuk itu usahakan untuk membuat judul yang original, namun pembahasannya spesifik fokus pada tujuan tertentu.

Carilah Sumber Referensi Pendukung Skripsi Ekonomi Syariah Sebanyak – Banyaknya

Setelah proses membuat proposal skripsi anda sukses, sumber pendukung seperti buku – buku, data hasil penelitian, data tambahan berupa e-book atau jurnal wajib anda miliki agar memudahkan proses penyusunan skripsi ekonomi syariah. Informasi mana saja yang kiranya anda butuhkan bisa anda kumpulkan. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan ide baru dan segar lebih besar. Sehingga hasil skripsi yang anda susun original dan berkualitas.

Selipkan Dasar Hukum Islam Sebagai Pendukung Pembahasan Pada Skripsi Ekonomi Syariah

Dalam skripsi ekonomi syariah pasti dibutuhkan yang namanya dasar hukum agar bisa dijadikan sebagai penguat pembahasan yang anda ulas dan bisa digunakan untuk meyakinkan apa yang telah anda susun bisa dipertanggungjawabkan.

Dasar Hukum Islam

Dasar Hukum Islam

Dalam hukum islam, ekonomi syariah sudah sangat detail dan jelas pembahasannya. Keberadaan riba diharamkan dalam dunia perputaran ekonomi syariah. Anda bisa sedikit mengulas mengenai dasar – dasar tersebut. Mulai dari firman Allah di dalam Al Qur’an sampai dengan sabda Rasulullah yang sudah tertuang di dalam Hadits.

Perhatikan Susunan dan Prosedur dalam Menyusun Skripsi Ekonomi Syariah

Setelah anda mempersiapkan komponen prioritas sebelumnya, sekarang saatnya anda memperhatikan susunan dan prosedur yang sudah ditetapkan. Anda wajib mengikuti semua pedoman yang sudah diberikan oleh pihak kampus. Jika anda bisa dan mampu mengikutinya dengan baik, maka anda akan bisa lebih cepat menyelesaikan penyusunan skripsi ekonomi syariah tersebut.

Banyak Bertanya Seputar Informasi yang Dibutuhkan

Jangan canggung apalagi gengsi untuk bertanya. Banyak bertanya kepada teman dan dosen pembimbing akan menambah wawasan dan membuka ide baru yang mungkin sebelumnya belum pernah terpikirkan dibenak anda. Dengan bertanya, anda juga akan tahu perkembangan – perkembangan terkini perihal penyusunan skripsi. Jadi jika sewaktu – waktu ada perubahan anda bisa tahu.

Budayakan Sharing dengan Dosen Pembimbing Sesuai Jadwal yang Ditentukan

Keseriusan anda akan diuji saat proses bimbingan sedang berlangsung. Jangan sepelekan atau pun melewatkan setiap jadwal bimbingan. Karena semua itu akan membantu mempercepat perkembangan skripsi ekonomi syariah yang sedang anda susun. Seiring berjalannya waktu, anda akan mendapatkan banyak masukan dan saran, sehingga kualitas skripsi anda akan menjadi semakin baik.

Jangan Sia – Siakan Kelas Tambahan yang Ditawarkan Oleh Dosen Pembimbing

Meskipun tidak banyak dosen pembimbing yang memberikan kelas tambahan, namun penulis pernah merasakan mendapatkan dosen pembimbing yang cukup support dan baik. Jika anda mendapatkan tawaran kelas tambahan di luar jadwal bimbingan yang telah ditentukan, sebaiknya anda tidak perlu berpikir panjang. Langsung saja setujui dan ambil kelas tersebut. Itu juga demi kebaikan skripsi anda sendiri. Ingat yang butuh adalah anda bukan dosen pembimbing anda.

Usahakan Proses Penyusunan Skripsi Selesai Tidak Mepet Dari Jadwal Sidang

Saat sedang menyusun skripsi seperti halnya bidang ekonomi syariah, ada baiknya anda mempunyai target untuk menyelesaikannya sebelum jadwal sidang ditentukan. Waktu paling lambat yang patut menjadi perhatian adalah 2 minggu sebelum sidang. Ini adalah waktu maksimal ya.

Lantas apa tujuannya? Dengan space waktu yang cukup, anda mempunyai kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan mempelajari serta menguasai materi yang akan disampaikan pada saat sidang. Kematangan dalam persiapan sidang akan sangat terlihat dari penguasaan materi yang anda sampaikan. Jadi usahakan sebisa mungkin menyelesain penyusunan skripsi jauh hari sebelum sidang dilakukan.

Sebagai saran tambahan, jika anda mengikuti penjelasan yang sudah penulis berikan di atas, peluang besar anda sukses dalam menyusun skripsi ekonomi syariah sangatlah besar. Informasi yang dirasa baik untuk perkembangan skripsi anda, tidak ada salahnya untuk dicoba dan diikuti. Dengan demikian pengalaman yang anda miliki akan semakin banyak.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya tidak ada hal yang sulit jika anda berusaha dengan tekun, giat dan sungguh – sungguh. Berusahalah agar penelitian anda bisa berguna bagi banyak orang dan bukan hanya sebagai persyaratan untuk lulus saja.

Setelah menyimak penjelasan di atas, sekarang anda pasti sudah paham apa saja yang wajib diprioritaskan dan menjadi perhatian khusus dalam menyusun skripsi ekonomi syariah. Dengan begitu anda akan mempunyai banyak referensi dan informasi tambahan yang bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.