Komponen dan Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Bisa Dikatakan Berkualitas

Makalah.id – Contoh proposal penelitian kualitatif memang bisa digunakan sebagai sumber referensi guna menunjang proposal penelitian yang sobat akan buat. Proposal penelitian kualitatif memang dianggap sebagai salah satu metode terbaik yang bisa meningkatkan kualitas penelitian itu sendiri. Metode penelitian kualitatif pada dasarnya menggunakan teknik sistematis sehingga bisa memudahkan anda dalam upaya menyusun proposal lengkap secara menyeluruh.

contoh proposal penelitian kualitatif

contoh proposal penelitian kualitatif

Untuk mendapatkan contoh proposal penelitian kualitatif berkualitas tentu saja dibutuhkan teknik tersendiri. Anda wajib paham mengenai komponen – komponen yang mendukung agar tersusun sebuah proposal penelitian kualitatif yang baik. Untuk itu anda bisa simak penjelasan di bawah ini yang akan mengupas tuntas mengenai proposal penelitian kualitatif. Penjelasannya sebagai berikut antara lain :

Penggunaan Margin Wajib Diperhatikan

Margin merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh secara langsung terhadap proposal itu sendiri. Penggunaan margin yang kurang tepat akan sangat mempengaruhi penampilan dari penulisan yang anda buat. Jadi anda wajib memperhatikan komponen satu ini.

penggunaan margin

penggunaan margin

Sebelum memulai penulisan, anda bisa mengatur margin sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai terlewatkan karena bisa saja menjadi kesalahan fatal nantinya. Kemudian jika anda mengerjakan perbagian proposal di lembar kerja yang berbeda, pastikan pengaturan marginnya harus sama. Karena jika tidak sama, maka proposal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu penilaian bahwasannya anda ialah orang yang teledor dan kurang teliti.

Untuk pengaturan margin sendiri terdapat bermacam – macam, ada fungsi yang sudah disediakan oleh windows dan ada juga fungsi custom yang bisa anda isi sendiri sesuai dengan keinginan. Yang terpenting proposal anda marginnya senada dan rapi. Berikut ini contoh marginnya :

  • Normal.
  • Narrow.
  • Moderate.
  • Wide.
  • Mirrored.
  • Custom setting.

Penggunaan Bullet dan Numbering Wajib Diperhatikan

Agar proposal penelitian kualitatif anda terlihat lebih menarik, maka penggunaan bullet dan numbering bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang tepat. Tidak mungkin juga dalam satu proposal hanya berisi paragraf – paragraf penjelasan saja dan tidak ada penjelasan mengenai poin – poin tertentu. Nah poin – poin yang dicantumkan pastinya akan membutuhkan yang namanya bullet dan numbering.

Namun perlu diperhatikan sobat, penggunaan bullet dan numbering juga tidak bisa dipakai sembaranga. Terdapat aturan mainnya agar bisa memudahkan pembaca nantinya. Antara bullet dan numbering tidak boleh sejajar ya sobat. Alasan logisnya adalah antara poin utama dan poin pendukung agar bisa dibedakan berkat adanya bullet dan numbering tersebut.

Penyisipan Tabel dan Gambar Tidak Boleh Sembarangan

Harap diperhatikan, dalam penyisipan tabel dan juga gambar pada sebuah proposal tidak boleh sembarangan ya sobat. Pastikan gambar dan tabel tersusun dengan rapi dan tidak menimbulkan kesan semrawut. Sesuaikan ukuran gambar terlebih dahulu sebelum disisipkan agar tidak terlihat terlalu dominan.

Untuk tabel, anda wajib menyusunnya perhalaman. Usahakan tidak menggunakan tabel yang tidak muat dalam satu halaman karena akan membuat proposal anda kurang rapi. Jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat tabel. Isikan hal – hal yang penting saja tanpa penjelasan panjang lebar. Namun jika dibutuhkan penjelasan sebagai bahan pendukung, anda bisa meletakkannya di tabel berbeda agar nantinya tetap terlihat rapi dan tidak semrawut.

Perhatikan Penomoran Pada Setiap Halaman Proposal

Untuk penomoran pada halaman proposal juga wajib diperhatikan. Pada bagian kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka berbeda dengan halaman lainnya. Karena ketiga bagian tersebut wajib menggunakaan penomoran dengan jenis angka romawi. Namun banyak orang yang tidak sadar menggunakan penomoran otomatis sehingga penomoran pada halaman tersebut ikut terbawa.

penomoran pada proposal penelitian kualitatif

penomoran pada proposal penelitian kualitatif

Saran dari penulis agar ketiga halaman tersebut tidak ikut terbawa pada halaman otomatis, maka anda bisa membedakan lembar kerjanya saja. Ketiga halaman tersebut bisa anda jadikan pada satu lembar kerja sehingga saat anda atur dengan penomoran otomatispun tidak menjadi masalah. Anda hanya perlu merubah penomorannya menjadi angka romawi. Mudah bukan?

Perhatikan Penggunaan Tata Bahasa Secara Keseluruhan Tanpa Terkecuali

Jangan anggap remeh tata bahasa yang digunakan pada setiap proposal yang anda buat. Karena tata bahasa sendiri bisa dianggap sebagai nyawa dari proposal itu sendiri. Penyusunan tata bahasa harus berdasarkan dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Dengan begitu proposal anda akan menjadi semakin sempurna.

Usahakan anda melakukan pengecekan kembali secara menyeleruh terhadap tata bahasa yang anda gunakan. Karena kesalahan kecil (typo), bisa mempengaruhi kualitas jika pembaca menemukannya. Meskipun hanya sedikit, tetap saja akan mengurangi kualitas secara keseluruhan. Kebanyakan pembaca menentukan kualitas proposal dengan memukul rata tanpa peduli kesalahan yang ada sangatlah minim.

Bisa diambil kesimpulan pada ulasan di atas bahwasannya untuk membuat contoh proposal kualitatif berkualitas tidak sesulit yang anda bayangkan sobat. Pasalnya jika anda mau berusaha dan mengikuti komponen – komponen yang mendukung, tentu saja akan bisa selesai dengan baik dan hasil maksimal. Untuk itu ketelitian sangat dibutuhkan dalam hal ini, terutama pada saat proses pengecekan akhir.

Demikian yang bisa penulis informasikan pada ulasan kali ini mengenau contoh proposal kualitatif. Semakin banyak referensi yang anda baca dan kumpulkan, maka akan semakin banyak ide yang bisa anda tuangkan sobat. Jadi tidak ada salahnya anda mencari sebanyak – banyaknya referensi dari berbagai macam sumber termasuk ulasan kali ini bisa anda jadikan sebagai salah satu sumber informasi. Semoga apa yang penulis utarakan pada kesempatan kali ini bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua ya sobat. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.