Contoh Surat Tidak Resmi yang Menarik Lengkap dengan Contoh Tiap Bagian

Surat Tidak Resmi yang Menarik – Surat tidak resmi atau lebih bersifat pribadi merupakan salah satu jenis surat yang sering sekali diperuntukkan kepada teman, sahabat, guru, tetangga ataupun keluarga. ┬áDalam penulisan surat pribadi tidak perlu menggunakan kriteria kriteria khusus, cukup bisa dibaca saja. Meskipun era teknologi telah merubah cara berkomunikasi menjadi digital, namun keberadaan surat tidak resmi seperti ini masih banyak dipergunakan.

Saat teman ada acara ulang tahun juga tidak mungkin menggunakan surat resmi untuk mengundang teman temannya. Selain itu juga tidak mungkin mengadakan acara bridal shower atau baby shower dengan memakai tipe undangan resmi. Penulisan surat tidak resmi dan resmi sangatlah berbeda sekali. Surat resmi banyak mengandung unsur aturan aturan tertentu yang jumlahnya tidak sedikit dan memiliki sifat surat formal, seperti dalam penulisan surat resmi untuk lamaran pekerjaan. Sedangkan surat tidak resmi atau surat pribadi lebih bersifat luwes, tidak banyak mengandung unsur aturan, nyaman dan santai. Isi dari surat tidak resmi bergantung kepada penulisnya, dan tidak mengikat. Adanya surat pribadi bisa dipergunakan untuk membantu menyampaikan sesuatu apabila tidak bisa menyampaikan secara lisan.

Bagian Surat Tidak Resmi

1. Pembukaan Surat (Opening)

Setiap surat baik resmi atau tidak resmi harus memiliki pembuka surat untuk menyapa sekaligus membuka percakapan, agar tidak muncul kesan to the point. Adanya pembuka surat lebih mempunyai nilai kesopanan daripada tidak menggunakan sama sekali atau langsung ke intinya surat. Pembuka surat ini bisa berupa Assalamu alaikum, salam sejahtera, salam keselamatan, salam cinta, salam rindu, salam sayang dan lain sebagainya.

2. Isi Surat

Setiap penulisan surat selalu memiliki isi surat sebagai dasar utama. Tidak mungkin menulis surat hanya dengan menggunakan awal dan akhir saja (opening dan closing). Inti dari surat ini merupakan pokok dari penulisan dan di point ini bisa menuliskan apa saja yang harus ditulis karena tidak ada ketentuan umum ataupun khusus terhadap tulisan. Point ini bisa berisi ungkapan rasa rindu, ingin member kabar, berharap segera bertemu atau apapun itu. Dalam penulisan surat tidak resmi tetap harus dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, agar pembaca yang menerima dapat mengerti apa yang disampaikan.

3. Penutup Surat (Closing)

Selalu gunakan penutup surat agar muncul kesan kesopanan. Tidak mungkinkan bila menggunakan pembuka surat (opening) tanpa memakai penutup (closing) juga. Biasanya penutup ini berisi Walaikum salam atau sekedar salam salam penutup yang lain.

Contoh Surat Tidak Resmi

Surat Tidak Resmi biasanya ditulis dan dikirimkan kepada orang orang special dalam hidup. Surat ini digunakan sebagai pengganti ungkapan yang tidak bisa disampaikan melalui kata kata lisan. Dibawah ini adalah contoh contoh surat tidak resmi, diantaranya :

1. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman

Surat yang ditujukan untuk teman atau sahabat biasanya menggunakan bahasa yang lebih luwes dan akrab dan selalu menggambarkan kehidupan sehari hari. Penulisan ini pun tidak harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, namun bisa menggunakan bahasa daerah atau bahkan Inggris.

Usahakan memilih bahasa yang sesuai antara pembuat surat dengan penerima surat. Apabila penerima surat tidak bisa bahasa Inggris sebaiknya pengirim surat tidak usah menggunakan bahasa tersebut. Berikut adalah contoh surat tidak resmi yang diperuntukkan untuk teman :

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNTUK TEMAN

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNTUK TEMAN

2. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Guru

Membuat surat untuk guru tidak melulu digunakan untuk surat izin tidak berangkat sekolah karena sakit atau keperluan keluarga. Penulisan surat tidak resmi kepada Guru bisa digunakan untuk menyambung silaturahmi antara guru dan muridnya. Dalam proses penulisan surat ini usahakan menggunakan kalimat kalimat lebih sopan untuk menghormati yang lebih tua. Contoh surat tidak resmi untuk guru bisa dilihat dibawah ini :

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNTUK GURU

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNTUK GURU

3. Contoh Surat Tidak Resmi Ulang Tahun

Surat jenis ini biasanya digunakan untuk merayakan atau syukuran atas umur yang bertambah. Meksipun perayaaan ulang tahun sebenarnya tidaklah wajib, namun bisa digunakan sebagai rasa syukur atas hari itu. Tujuan penulisan surat berkarakter seperti ini agar orang yang menerima surat bisa berkenan untuk hadir dan sekaligus merayakan bersama sama. Contoh surat tidak resmi ulang tahun adalah sebagai berikut :

CONTOH SURAT TIDAK RESMI ULANG TAHUN

CONTOH SURAT TIDAK RESMI ULANG TAHUN

4. Contoh Surat Tidak Resmi Undangan

Surat dengan karakter seperti ini meskipun bersifat tidak resmi namun memiliki tujuan mengundang agar hadir pada acara tertentu, seperti acara ulang tahun, bridal shower, baby shower, pengajian atau acara acara tertentu. Contok surat tidak resmi undangan ada dibawah ini :

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNDANGAN

CONTOH SURAT TIDAK RESMI UNDANGAN

5. Surat tidak resmi singkat

Ada banyak varian dalam penulisan surat tidak resmi singkat yang ditujukan untuk teman, sahabat, guru, orang tua, tetangga atau bahkan kerabat yang jauh. Salah satu contoh surat tidak resmi singkat ada dibawah ini :

SURAT TIDAK RESMI SINGKAT

SURAT TIDAK RESMI SINGKAT

Contoh contoh diatas bisa dijadikan sebagai referensi untuk penulisan surat tidak resmi. Meskipun begitu tetap jangan lupa untuk menuliskan nama dan alamat lengkap pengirim dan penerima agar tidak salah sasaran.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.