Contoh Surat Permintaan Penawaran Yang Harus Anda Tahu

Surat Permintaan Penawaran

Surat Permintaan Penawaran

Makalah.id – Mengetahui tentang contoh surat permintaan penawaran merupakan hal yang sangat penting di eraa sekarang ini karena harus kita akui bahwa bisnis merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Mengapa? Karena memang aktifitas ini sudah lama dilakukan pada zaman dahulu. Tujuan melakukan bisnis pun yakni karena mereka ingin menyambung hidupnya, mulai dari kebutuhan yang bersifat primer, sekuder, maupun juga kebutuhan yang bersifat tersier.

Dengan memenuhi kebutuhannya tersebut tentunya manusia akan merasa puas karena bisa memenuhi kebutuhannya tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan bisnis dan salah satu cara yang bisa anda lakkan adalah dengan mengirimkan surat permintaan atau penawaran untuk mulai melakukan kerja sama demi mencapai tujuan bersama. AKan tetapi anda tidak boleh asal membuat surat tersebut, anda harus tahu dulu mengenai contoh surat permintaan penawaran yang sesuai.

Contoh surat permintaan penawaran

Contoh surat permintaan penawaran

Bagi anda yang masih bingung mengenai apa sih pengertian dari surat permintaan penawaran dan bagaimana contoh surat permintaan penawaran, maka simak baik – baik penjelasan yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini.

Pengertian Surat Permintaan Penawaran

Contoh surat permintaan penawaranDefisini dari surat permintaan penawaran yaitu merupakan salah satu jenis surat yang digunakan dalam dunia bisnis yang berisi sebuah tawaran mengenai barang maupun jasa dari produsen kepada pelaku bisnis lainnya. Perlu anda tahu bahwa surat permintaan penawaran merupakan salah satu jenis dari surat resmi jadi anda harus membuat dengan bahasa yang formal dan harus memperhatikan setiap kata yang akan anda utarakan di dalam surat tersebut.

Contoh Surat Permintaan Penawaran

Contoh Surat Permintaan Penawaran

Surat permintaan penawaran tidak hanya digunakan dalam hal melakukan transaksi bisnis saja, akan tetapi jenis surat ini bisa anda gunakan dan memang umumnya digunakan untuk menjalin sebuah kerja sama antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya uantuk bisa mencapai tujuan bersama.

Apa Saja Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam membuat surat permintaan penawaran anda tidak bisa sembarangan karena surat tersebut tergolong ke dalam salah satu jenis surat resmi dimana harus menggunakan diksi serta kalimat yang tepat sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Jika misalnya anda membuat surat tersebut secara sembarangan, maka perusahaan akan langsung menolaknya dan sama sekali tidak tertarik dengan isi dari surat tersebut meskipun memang diketahui bahwa isi dari surat anda merupakan penawaran yang akan menguntungkan perusahaan tersebut.

Maka dari itu, anda harus tahu terlebih dahulu mengenai hal apa saja yang ada di dalam surat permintaan penawaran sehingga kemudian surat yang anda buat sesuai dengan ketentuan dan bisa menarik perhatikan dari perusahaan yang anda tuju.

  • Surat permintaan yang anda buat di dalamnya harus berisi informasi tentang perusahaan penjual termasuk di dalamnya produk maupun jasa yang akan anda tawarkan agar supaya perusahaan yang anda tuju bisa mengetahuinya.
  • Surat permintaan yang anda buat haruslah bisa membuat perusahaan tersebut yakin dan percaya mengenai barang maupun jasa yang anda tawarkan sehingga akan membuat perusahaan tersebut bersedia melakukan transaksi kerja sama maupun menerima tawaran barang dan jasa dari anda.
  • Surat permintaan penawaran yang anda gunakan harus terdiri dari tiga elemen penting, yakni pembuka, isi, maupun juga penutup.
  • Dan yang paling penting adalah surat yang anda buat harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.
Contoh surat permintaan penawaran

Contoh surat permintaan penawaran

Bagaimana Cara Menulis Surat Permintaan Penawaran?

Sekarang kita masuk kepada bagaimana cara membuat surat permintaan penawaran dengan benar dan sesuai sehingga kemudian bisa menarik minat dari seseorang yang ingin kita tawarkan produk maupun jasa kita kepadanya. Dan pada dasarnya terdapat tiga bagian penting dalam menulis surat permintaan penawaran, antara lain:

  • Paragraf Pertama

Pada paragraf ini anda harus mencantumkan mengenai hasil dari produk maupun juga bisa anda cantumkan berkaitan dengan produk – produk maupun jasa yang anda miliki atau anda tawarkan. Hal ini penting anda lakukan karena pada paragraf pertama inilah menjadi faktor awal yang menentukan ketertarikan calon pembeli.

  • Isi Surat

Untuk isi surat permintaan penawaran, anda harus mencantumkan informasi secara lengkap dan detail mengenai jasa ataupun produk yang anda tawarkan sehingga kemudian bisa membuat calon pembeli menjadi percaya dan yakin untuk membeli produk yang anda tawarkan sehingga kemudian pihak pembeli akan bersedia melakukan transaksi bisnis atau kerja sama dengan anda.

  • Paragraf Penutup

Di dalam paragraf tertutup anda harus mencantumkan himbauan maupun ajakan tentunya dengan kalimat yang persuasif akan pembeli mau melakukan transaksi bisnis serta mau menjalin hubungan kerja sama yang tentunya akan saling menguntungkan antara kedua belah pihak

Contoh Surat Permintaan Penawaran

Setelah anda mengetahui tentang defisini dan juga hal – hal apa saja yang harus anda perhatikan dalam membuat surat permintaan penawaran, maka selanjutnya yang harus anda ketahui adalah mengenai bentuk atau contoh dari surat permintaan penawaran yang harus anda buat.

Contoh surat permintaan penawaran

Contoh surat permintaan penawaran

1. Contoh Surat Permintaan Penawaran Block Style

Di bawah ini akan kami berikan contoh surat permintaan penawaran yang menggunakan gaya block style.

contoh surat permintaan penawaran block style

PT BINTANG KEJORA

Jl. Soekarno Hatta No. 28, Malang

Telp.(031)456787 Faks.241511

Nomor  : 22/AC/XXVI/21                                                                                                             2 September 2017

Lamp     :  –

Hal         : Permintaan penawaran

Yth. Direktur PT Surya Jaya Raya

Jl. Muhammad Abdul Manaf No.32

Surabaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan surat perkenalan Saudara yaitu 22/AC/XXVI/21 yang telah kami terima pada tanggal 2 september 2018, Maka dengan ini kami telah menerima permintaan kerja sama Saudara.

Adapun untuk memperlancar distribusi, maka kami ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk Saudara dan juga disertai keterangan-keterangan sebagai berikut ini:

  1. Syarat atau ketentuan penyerahan barang
  2. Bagaimana cara pengiriman barang
  3. Bagaimana layanan purnajual
  4. Apa saja yarat Pembayaran, dan juga mengenai
  5. Potongan harga

Demikian surat ini kami kirim. Atas waktu dan perhatian Saudara, kami sampaikan terimakasih.

                                                                                                                                        Hormat kami,

PT BINTANG KEJORA

Surya Aji Purnama

Manager Pemasaran

2. Contoh Surat Permintaan Penawaran Beserta Balasannya

Di bawah ini merupakan contoh dari sebuah surat permintaan penawaran beserta balasannya yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat surat penawaran.

This is box title

Jambi, 21 Juni 2010
Nomor: 21/AB/XVI/24
Perihal: Permintaan penawaran dan juga daftar harga

Kepada
Yth. PT Istana Maju
Jl. KH. Ahmad Subiyanto Purnoko No. 33
Maluku

Dengan hormat,

Sehubungan mengenai iklan Anda yang kami lihat pada harian Tribun tanggal 17 Juni 2010, maka kami tertarik untuk membeli berbagai macam jenis peralatan kantor yang sebelumnya Anda tawarkan. Maka dari itu kami mohon agar supaya Anda dapat mengirimkan spesifikasi, daftar harga, cara pembelian berikut cara pembayarannya secara lebih rinci. Adapun berkaitan dengan masalah pemesanan, maka akan segera kami lakukan setelah informasi dari Anda telah kami terima.

Demikian surat permintaan penawaran ini kami buat. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT Kencana Muda

Rizaldi Nur Hidayat
Manajer of Writer

Di bawah ini merupakan balasannya

This is box title

Jambi, 23 Juni 2010
Nomor: 31/AA/XVI/14
Perihal: Penawaran peralatan kantor

Kepada
Yth. Manajer of Writer
PT. Kencana Muda

Ditempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan Surat Permintaan Bapak Nomor: 21/AB/XVI/24  pada tertanggal 21 Juni 2010, maka dengan ini kami berikan informasi seperti yang sebelumnya Bapak perlukan. Berkaitan mengenai jenis maupun spesifikasi peralatan kantor produk kami dapat Bapak lihat pada dokumen terlampir. Bersama surat ini juga telah kami lampirkan yaitu brosur lengkap untuk beberapa produk unggulan kami beserta petunjuk manualnya. Apabila Bapak berkenan, kami juga dapat mengirimkan personil kami untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap sebagaimana yang Bapak dibutuhkan. Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas waktu dan perhatian serta kepercayaan Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT Maju Jaya

Sintia Puspita Sari
Manajer Marketing

3. Contoh Surat Permintaan Penawaran Berdasarkan Iklan

Untuk contoh selanjutnya, kami akan memberikan kepada anda mengenai surat permintaan penawaran berdasarkan iklan sehingga nantinya akan lebih mudah bagi anda untuk membuat surat permintaan penawaran yang berhubungan dengan iklan.

contoh surat permintaan penawaran berdasarkan iklan

PT. AGUNG LAKSONO JOYO GROUP

Jl. Muhammad Ubaidillah No. 13 A

Bandung

 13 Maret 2015

NO.011/526/PT.A/CD.03/2015

Kepada

Yth, Hot Snack

Jl.Gatot Nur Sodikin No.23

Bandung

Hal : Permintaan penawaran

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang Saudara buat pada majalah Kasih terbaru 2015, mengenai berbagai jenis alat tulis yang perusahaan Saudara produksi. Maka dari itu, perusahaan kami tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih rinci berkaitan dengan barang yang perusahaan Saudara produksi.

Demikian surat permintaan penawaran kami buat. Atas waktu dan perhatian Saudara, kami ucapkan terimaksih.

Hormat kami,

Annisa Ramadahani Puspita Sari

Direktur

Contoh surat permintaan penawaran

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan contoh surat permintaan penawaran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.

Kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi seperti di bawah ini:

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.