Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Syarat Membuatnya

Makalah.id – Pernah melihat contoh surat perjanjian kerjasama? Atau mungkin anda pernah membuat sendiri surat perjanjian kerjasama tersebut untuk tugas sekolah maupun kepentingan lainnya. Namun, apakah anda tahu apa defisini sebenarnya serta fungsi dari surat perjanjian kerjasama?

contoh surat perjanjian kerjasama 5

contoh surat perjanjian kerjasama 5

Jika misalnya anda belum mengetahui tentang pengertian serta fungsi yang sebenarnya dari surat perjanjian kerjasama maka tentunya anda harus membaca dengan cermat karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai definisi, fungsi, dan juga contoh surat perjanjian kerjsama.

Pengertian Surat Perjanjian Kerjasama

Surat perjanjian kerjasama merupakan sebuah surat yang dibuat yang berkaitan dengan hak dan juga kewajiban yang harus diketahui serta dipenuhi oleh kedua belah pihak yang saling mengikatkan diri untuk melakukan sesuatu seperti yang tertera di dalam surat tersebut. Dan dari pengertian itu juga kita bisa mengetahui bahwa surat perjanjian kerjasama memiliki ciri khas yakni harus dibuat oleh kedua belah pihak yang ingin menjalin sebuah kerjasama.

contoh surat perjanjian kerjasama 5

contoh surat perjanjian kerjasama 5

Dalam beberapa kasus juga diketahui bahwa bukan hanya kedua belah pihak yang terlihat di dalam surat tersebut, akan tetapi ada pihak ketiga yang biasanya akan lebih berpersan sebagai mediator yang tentunya harus dimasukkan ke dalam surat perjanjian kerjasama yang dibuat. Memang pada zaman sekarang ini sangat penting untuk membuat sebuah surat yang mengikat antara kedua belah pihak untuk menghindari hal – hal yang bisa merugikan salah satu dari kedua pihak tersebut.

Perlu anda tahu bahwa di dalam surat perjanjian kerjasama terdapat dua hal penting, yaitu antara lain:

  • Perjanjian autentik, merupakan sebuah perjanjian yang dibuat dan disaksikan oleh pejabat pemerintah
  • Perjanjian di bawah tangan, merupakan sebuah perjanjian yang dalam pembuatannya tidak disaksikan oleh pejabat pemerintah

Namun anda harus ingat bahwa dua hal di atas tidak menjadi sebuah patokan akan sah atau tidaknya surat perjanjian kerjasama yang dibuat. Bahkan meskipun tanpa melalui notaris, surat perjanjian kerjasama tersebut bisa dikatakan sah jika memenuhi beberapa syarat yang akan kami jelaskan di bawah ini.

contoh surat perjanjian kerjasama 5

contoh surat perjanjian kerjasama 5

Syarat – Syarat Surat Perjanjian Kerjasama

Di bawah ini merupakan beberapa syarat yang harus anda perhatikan jika anda ingin membuat surat perjanjian kerjasama sehingga kemudian surat yang anda buat tersebut bisa dikatakan sah.

  • Surat perjanjian kerjasama harus dibuat pada kertas segel, yang artinya surat yang anda buat harus tercantum materai.
  • Dalam pembuatan surat perjanjian kerjasama harus berdasarkan rasa ikhlas, tidak ada paksaan, dan membuat dalam kondisi yang sadar.
  • Isi surat perjanjian kerjasama tentunya harus disetujui oleh kedua belah pihak yang melakukan kerjasama.
  • Pihak yang berjanji melakukan kerjasama tentunya merupakan pihak yang sudah dewasa dan tidak sedang mengalami gangguan mental dan juga masih sadar.
  • Isi yang dibuat di dalam surat perjanjian kerjasama harus sangat jelas dan tidak boleh mengandung multi tafsir karena dikhawatirkan akan dapat merugikan salah satu pihak.
  • Yang terakhir adalah isi dari surat perjanjian tersebut harus tidak boleh bertentangan dengan undang – undang yang berlaku dan juga tidak bertentangan dengan normal yang berlaku.

Fungsi Surat Perjanjian Kerjasama

Berikut ini akan kami berikan beberapa penjelasan mengenai fungsi atau kegunaan dari surat perjanjian kerjasama yang harus anda ketahui.

  • Surat perjanjian kerjasama dibuat untuk menciptakan ketenangan dan juga rasa aman dari kedua belah pihak karena bisa mengetahui tentang kepastian yang berjanji.
  • Surat perjanjian kerjasama dibuat agar kedua belah pihak mengetahui serta memahami mengetai hak maupun juga kewajiban dari kedua belah pihak tersebut.
  • Fungsi lain dari pembuatan surat perjanjian kerjasama adalah untuk menghindari terjadinya perselisihan di kemudian hari yang hanya akan merugikan salah satu atau bahkan keduanya.
  • Surat perjanjian kerjasama juga dibuat sebagai solusi jika suatu saat timbul perselisihan yang ditimbulkan dari perjanjian yang telah dibuat.
contoh surat perjanjian kerjasama

contoh surat perjanjian kerjasama

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Setelah kita semua mengetahui mengenai pengertian, syarat, dan juga fungsi dari surat perjanjian kerjasama. Maka sekarang kita juga perlu tahu tentang bagaimana contoh surat perjanjian kerjasama yang benar yang sesuai dengan ketentuan serta syarat – syarat yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

1. Contoh Surat MOU Kerjasama

Berikut ini akan kami berikan contoh surat MOU kerjsama atau yang juga disebut sebagai surat perjanjian kersama.

PERJANJIAN KERJASAMA MOU

SMA NEGERI 4 BENGKULU

KECAMATAN BENGKULU UTARA

DENGAN

PUSKESMAS KAMPUNG DURIAN

KOTA BENGKULU

Nomor : 029/VIII/OS/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Amirul Mukminin, S. Pd.

Jabatan : Kepala SMA Negeri 4 Bengkulu

Unit Kerja : SMA Negeri 4 Bengkulu

Dalam surat ini bertindak untuk melaksanakan serta mengatasnamakan SMA Negeri 4 Bengkulu yang kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Shafiratul Jannah

Jabatan : Humas ( Hubungan Masyarakat Puskesmas Kampung Durian )

Unit Kerja : Puskesmas Kampung Durian

Dalam surat ini bertindak untuk melaksanakan serta mengatasnamakan Puskesmas Kampung Durian Kota Bengkulu yang kemudian disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dengan tanpa melanggar ketentuan hukum yang telah disepakati dan berlaku di Indonesia, maka kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan sebuah perjanjian kerjasama dengan ketentuan – ketentuan yang sudah disepakati dan diatur bersama di dalam pasal-pasal sebagai berikut :

Maksud dan Tujuan Dilakukan Perjanjian

  1. Kami PIHAK PERTAMA telah sepakat bahwa akan menerima sebuah pelayanan kesehatan dari PIHAK KEDUA
  2. Kami PIHAK KEDUA telah sepakat bahwa bakan memberikan pelayanan kesehatan kepada PIHAK PERTAMA

Prosedur Pelaksanaan dan Pelayanan :

1. Pelayanan kesehatan: Untuk pelayanan kesehatan akan diberikan kepada PIHAK KEDUA yaitu bagi seluruh siswa yang bersekolah di SMA NEGERI 4 BENGKULU dengan ketentuan – ketentuan sebagai berikut :

  • Kedua belah pihak telah satu suara untuk menandatangani perjanjian kerjasama di dalam melaksanakan program pelayanan kesehatan yang akan dilakukan.
  • Untuk kriteria siswa yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan yakni para siswa didik yang telah terdaftar di sekolah tersebut.

2. Pelayanan Kesehatan: Untuk pelayanan yang akan diberikan oleh PIHAK KEDUA adalah seperti di bawah ini :

  • Memberikan imunisasi dan juga penyuluhan mengenai penitngnya menjaga kesehatan kepada seluruh siswa untuk setiap bulannya.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan siswa unntuk setiap satu semester sekali.
  • Melakukan pemeriksaan gigi kepada seluruh siswa untuk setiap satu semester sekali.
  • Melakukan tindakan cepat untuk memberikan pelayanan umum serta pelayanan gigi hanya ketika diperlukan.
  • Memberikan rujukan hanya pada saat yang diperlukan saja.

3. Kewajiban PIHAK PERTAMA

Adapun kewajiaban PIHAK PERTAMA diantaranya sebagai berikut :

  • Mempersiapkan serta mengirimkan seluruh data siswa didik dan juga harus dilengkapi dengan data tinggi badan maupun berat badan untuk setiap ajaran baru dimulai.
  • Menyiapkan sluruh siswa di kelas ketika dilakukan pelayanan kesehatan.
  • Menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan sebelum dilakukannya proses pelaksanaan pelayanan kesehatan.
  • Menyiapkan setidaknya 2 orang guru yang bertugas untuk mendampingi siswa didik selama dilakukan proses pemeriksaan kesehatan.
  • Melaksanakan penjaringan kesehatan kepada semua siswa sebelum diadakan kegiatan tersebut.
contoh surat perjanjian kerjasama

contoh surat perjanjian kerjasama

2. Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan

Di bawah ini akan kami berikan informasi tentng contoh surat perjanjian kesepakatan yang perlu anda pahami.

SURAT PERJANJIAN KESEPAKATAN 
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah:
Nama           : Sherly Puspita Dewi
Tempat/ tanggal lahir : Bengkulu, 2 April 1990
Agama         : Islam
Pekerjaan    : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Alamat         : Jalan Cendana Alami Nomor 10, Bengkulu
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA
Nama          : Yeni Rosmalia Anggraeni
Tempat/ tanggal lahir : Bengkulul, 07 Juli 1990
Agama         : Islam
Pekerjaan    : Pedagang
Alamat         : Jalan Kenanga Nomor 15, Bengkulu
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA
Dengan dibuatnya surat ini maka kedua belah pihak telah melakukan kesepakatan yang bersifat mengikat kedua belah pihak tersebut dengan ketentuan – ketentuan sebagai berikut:
  • Bahwa kedua belah pihak, baik PIHAK PERTAMA dan juga PIHAK KEDUA sudah sepakat untuk mengakhiri perseturuan hutang – piutang yang terjadi antara kedua belah pihak denganmelalui cara melakukan perdamaian.
  • Bahwa PIHAK KEDUA sudah mengakui dan juga telah sanggup membayar sisa hutang yang masih ada kepada PIHAK PERTAMA yaitu sebesar Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah).
  • Bahwa PIHAK KEDUA akan melakukan pembayaran sisa hutang tersebut dengan melalui sistem mencicil sebanyak 5 kali, dengan ketentuan dimana pembayaran paling lambat dilakukan pada akhir Oktober 2016.
  • Bahwa PIHAK KEDUA telah memberikan bukti pembayaran setiap kali PIHAK PERTAMA membayar cicilan tersebut.
  • Bahwa PIHAK KEDUA bisa melakukan pembayaran tersebut dengan cara pembayaran tunai maupun membayar lewat bank.
  • Bahwa PIHAK KEDUA tidak akan sampai lalai atau telat dalam melakukan setiap cicilan pembayaran pada tanggal yang sudah ditentukan.
  • Bahwa PIHAK PERTAMA akan nantinya mencabut laporan kepada kepolisian perihal penipuan hanya pada saat PIHAK KEDUA telah menunjukkan itikad baik sehingga pada pembayaran kedua. Namun jika PIHAK KEDUA tidak menunjukkan itikad baik, maka konfilik yang sedang terjadi tersebut akan tetap dibawa ke ranah hukum.
  • Bahwa PIHAK PERTAMA mempunyai hak untuk melakukan tindakan yang lebih tegas lagi dalam upayanya untuk membuat jera PIHAK KEDUA.
  • Dengan ditandatanganinya surat kesepakatan ini, maka persoalan yang terjadi antara PIHAK PERTAMA dan juga PIHAK KEDUA telah dinyatakan selesai dan tidak dianggap terjadi lagi.

contoh surat perjanjian kerjasama

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang contoh surat perjanjian kerjasama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan juga contoh surat undangan resmi perusahaan dan juga organisasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.