Contoh Surat Peringatan 1, 2 dan 3 Paling Lengkap dengan Formatnya

Contoh surat peringatan bisa anda jumpai disini. Apakah anda udah tau mengenai surat peringatan? Ya betul, surat peringatan atau lebih populer dengan sebutan”SP” mempunyai peranan yang cukup besar bagi perkembangan diri seseorang agar ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya saja di lingkungan perusahaan. Bagi mereka yang melakukan kesalahan fatal saat bekerja, secara otomatis akan mendapatkan surat peringatan dengan tujuan untuk memberikan efek jera dan diharapkan tidak terulang kembali kesalahan serupa.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan informasi dan pembahasan mengenai contoh surat peringatan. Bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini. Yuk kita simak bersama – sama!

Surat peringatan mempunyai tingkatan sebanyak tiga kali, yakni surat peringatan 1, surat peringatan 2, dan surat peringatan 3. Kenapa dibuat dalam beberapa tingkatan? Bagi anda yang sudah bekerja, tidaklah sulit untuk menjawab pertanyaan ini. Tingkatan tersebut dibuat berdasarkan seberapa berat kesalahan atau pelanggaran itu dilakukan. Perlu anda ingat bahwa surat peringatan merupakan surat resmi dan bukan termasuk surat tidak resmi. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa surat peringatan adalah surat tidak resmi.

Contoh Surat Peringatan 1

contoh surat peringatan 1

Contoh Surat Peringatan 1

Surat peringatan 1 biasanya diberikan bagi mereka yang melakukan masalah dengan kadar yang masih wajar atau pun ringan. Meskipun demikian, hal ini sebaiknya anda jadikan sebagai cambuk agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Contoh Surat Peringatan 1 Paling Mudah

KOP Perusahaan

Nomor      : JM/050/I/2018
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal      : Surat Peringatan

Kepada Yth.
Bapak Rudy
Supervisor Perumahan Kirana Residence
di Tempat

Memperhatikan surat perjanjian kerja Pembangunan Perumahan Kirana Residence No JM/050/I/2018 tanggan 10 Januari 2018, maka dengan ini Direktur PT. Jaya Makmur menginformasikan sebagai berikut :

1. Bahwa hasil evaluasi pemantauan dalam hal ini tim Kirana Residence, kinerja kemajuan pekerjaan pembangunan Kirana Residence atas nama Rudy Santoso sebagai Supervisor sampai dengan tanggal 07 Mei 2018 persentase pencapaian pekerjaan pabrikasi besi sebesar 0.9 persen sehingga dinilai tidak memenuhi spesifikasi teknis aktual di lapangan yang tidak mengacu time schedule.

2. Bahwa Saudara selaku mitra kerja yang dimaksud pada poin 1 di atas ternyata tidak melaksanakan tugasnya dengan baik seperti yang tertuang dalam surat perjanjian kerja Pembangunan Perumahan Kirana Residence.

3. Kepada Saudara diberikan Teguran Tertulis, dengan ketentuan saudara harus menambahkan personil atau tenaga kerja pada pekerjaan pembangunan Perumahan Kirana Residence terhitung paling lambat 3 hari setelah surat ini di tentukan.

Demikian surat ini dibuat untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 08 Mei 2018
PT. Jaya Makmur

 

Dany Wibawa
(Site Manager)

Tembusan disampaikan kepada Yth :
1. Komisaris PT. Jaya Makmur
2. Direktur
3. Kepala Divisi Administrasi & Keuangan PT. Jaya Makmur
4. Kepala Divisi Teknik PT. Jaya Makmur
5. Site Manager Pembangunan Kirana Residence
6. Arsip

Contoh Surat Peringatan 2

contoh surat peringatan 2

Contoh Surat Peringatan 2

Surat peringatan 2 biasanya diberikan ketika masalah tersebut sudah cukup fatal. Bagi anda yang sudah mendapatkan surat peringatan kedua, sudah menjadi keharusan bagi anda untuk lebih profesional dalam bekerja.

Contoh Surat Peringatan 2 Paling Mudah

KOP PERUSAHAAN

SURAT PERINGATAN KEDUA (SP-2)
Nomor : 000/SP/IV/2018

Surat ini ditujukan kepada

Nama : Rizky Atala
Jabatan : Staff Marketing
Alamat : Jalan Rajawali No 5 Bekasi

Dengan ini perusahaan terpaksa menyampaikan surat peringatan kedua (SP-2) ini untuk menindak lanjuti perihal surat peringatan pertama (SP-1) yang pernah perusahaan sampaikan pada kesempatan sebelumnya dan Saudara Rizky Atala tidak merespon positif surat peringatan tersebut. Agara Saudara merubah sikap dan bertindak secara profesional lagi dengan ini perusahaan memberikan hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku yakni :

1. Pemotongan gaji sebesar Rp. 1.000.000,00 ( satu juta rupiah ) selama 2 bulan.
2. Dilarang menggunakan inventaris perusahaan berupa kendaraan.

Dan apabila teguran SP-2 ini tidak direspon dengan baik maka kami akan mengeluarkan SP-3 yang berarti bersifat pemberhentian.

Demikian surat peringatan kedua ini kami buat agar dapat ditaati sebagaimana mestinya. Diharapkan Saudara yang besangkutan dapat merubah sikap dan mampu menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja.

Bekasi, 08 Mei 2018

Hormat Kami,
PT. Tata Autoparts Mengetahui

Ridwan Haryanto
(Manager HRD) (Direktur Utama)

Contoh Surat Peringatan 3

contoh surat peringatan 3

Contoh Surat Peringatan 3

Surat peringatan 3 biasanya diberikan ketika masalah yang dilakukan sangatlah fatal dan merugikan perusahaan. Bagi anda yang mendapai surat peringatan 3, saya sarankan untuk lebih ekstra hati – hati dalam bekerja. Pasalnya kesalahan yang anda lakukan lagi akan mengakibatkan anda diberhentikan tanpa pesangon sobat.

Contoh Surat Peringatan 3 Paling Mudah

SURAT PERINGATAN
No. : 05/HRD/IV/2018

Surat peringatan ini diberikan kepada :

Nama     : Heru Triyanto
Jabatan : Staff Marketing

Surat Peringatan tersebut dikeluarkan atas dasar hasil rekap rutin bulanan absensi perusahaan yang menunjukan adanya indikasi tindakan kurang disiplin yang dilakukan oleh Saudara Heru Triyanto, yaitu karena mengalami keterlambatan masuk kerja selama kurang lebih dari 3 kali berturut – turut pada bulan Mei 2018.

Sudah sewajarnya sebagai karyawan, yang berkaitan bisa menjaga profesionalitas kerja dan sanggup untuk datang tepat pada waktunya di tempat kerja yang sudah jelas tercantum di dalam surat perjanjian kerja (jam 08.00 WIB).

Surat Peringatan ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai pengarahan sekaligus peringatan kepada yang bersangkutan agar bersedia mengamalkan tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Berkaitan dengan perbuatan yang tidak disiplin tersebut, oleh karena itu pihak perusahaan sudah sewajarnya memberikan sanksi tertentu kepada pihak yang bersangkutan yakni tidak diijinkan untuk menggunakan barang inventaris kantor. Hukuman tersebut mulai berlaku pada tanggal dibuatnya surat peringatan ini sampai dengan tanggal 15 Juni 2018.

Diberitahukan juga kepada yang bersangkutan bahwa PT. Maju Jaya berniat untuk memberikan Surat Peringatan hanya sekali saja, dan apabila pihak yang bersangkutan di kemudian hari masih saja melakukan kesalahan yang sama atau pun tidak mengindahkannya, maka PT. Maju Jaya akan langsung memutuskan hubungan kerja dengan yang bersangkutan.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan instropeksi diri.

Bekasi, 08 Mei 2018
Dibuat oleh,          Disetujui oleh

 

Stuart Risevelt     Heru Triyanto
Manager HRD    Staff Marketing

Demikian yang bisa kami sampaikan untuk informasi pembahasan kali ini mengenai contoh surat peringatan. Kami mempunyai harapan besar agar sedikit pembahasan kali ini bisa membantu dan banyak menbawa manfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di artikel kali ini. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.