Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi Osis dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Makalah.id – Mengundurkan diri dari organisasi tidak bisa anda lakukan begitu saja, dalam artian anda tidak bisa langsung keluar dari organisasi tersebut, namun anda harus membuat surat pengunduran diri organisasi sebagai sebuah tanda yang mewakili sebuah keputusan anda bahwa anda ingin mengundurkan diri dari organisasi tersebut.

Hampir semua organisasi yang ada di Indonesia, baik yang ada hubungannya dengan pemerintahan maupun juga tidak akan mengharuskan anda untuk membuat sebuah surat pengunduran diri organisasi jika memang anda berniat ingin mengundurkan diri.

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Tedapat banyak sekali versi dari surat pengunduran diri organisasi yang beredar di masyarakat, mulai dari surat pengunduruan diri OSIS. BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Jurusan, dan lain sebagainya yang mana hampi semuanya akan meminta anda untuk membuat surat pengunduruan diri jika anda ingin mengundurkan diri.

Bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara membuat surat pengunduran diri organisasi yang baik, maka anda kami sarankan untuk menyimak baik – baik penjelasan kami karena pada postingan kali ini kami akan memberikan anda beberapa contoh dari surat pengunduran diri organisasi yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat surat pengunduran diri organisasi versi anda sendiri.

Namun sebelum itu, kami anjurkan agar anda membaca terlebih dahulu mengenai apa pengertian atau definisi sebenarnya dari surat pengunduran diri organisasi.

Pengertian Surat Pengunduran Diri Organisasi

Surat pengunduran diri organisasi merupakan sebuah surat yang dibuat untuk memberitahukan bahwa pada waktu dan tanggal tertentu anda secara resmi mengundurkan diri dari sebuah organisasi dimana anda berkeciumpung anda mendedikasikan diri anda pada organisasi tersebut.

Anda bisa mencamtukan alasan anda mengapa anda resign atau mengundurkan diri maupun juga tidak karena anda memiliki kebebasan untuk memberikan alasannya atau tidak. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah bahwa surat pengunduran diri organisasi merupakan salah satu surat resmi. Dengan kata lain, anda harus memperhatikan setiap penggunaan bahasa maupun juga pemilihan kata yang akan anda gunakan di dalam surat tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Setelah anda mengetahui tentang pengertian dari surat pengunduran diri organisasi, maka berikutnya kami akan memberikan anda beberapa contoh dari surat pengunduran diri organisasi yang selama ini beredar di masyarakat.

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Surat Pengunduran Diri Organisasi

1. Surat Pengunduran Diri Dari OSIS

surat pengunduran diri dari OSIS

Surat Pengunduran Diri

 

Kepada

Yth. Ketua OSIS serta Pembina Osis SMK TUGU

di Tempat

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama: Muhammad Ubadillah Bajuri
Kelas: XI IPA 2
Jabatan: Bendahara I

Dengan surat ini saya bermaksud ingin mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) SMK Tugu. Adapun mengenai alasan dibalik pengunduran diri say adalah seperti di bawah ini:

  1. Tidak mendapatkan izin dari orang tua
  2. Jadwal rapat OSIS terlalu padat sehingga khawatir dapat menyita waktu belajar saya
  3. Minat saya untuk terus berada di OSIS sudah mulai berkurang

Dalam kurun waktu selama setahun ketika saya mengemban tanggung jawab jabatan di organisasi OSIS  yakni sebagai bendahara I, saya telah mendapatkan banyak pengalaman, pelajaran serta dapat mengasah kemampuan saya dalam berorganisasi.

Maka dari itu saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran Pengurus serta Pembina SMk Tugu dan saya juga ingin memohon maaf yang sedalam – dalamnya jika selama saya bergabung dengan OSIS dan menjabat sebagai pembina I ada perilaku yang kurang berkenan di hati rekan – rekan sekalian.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas waktu, perhatian serta izin yang telah diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui:

Orang Tua Murid

 

(KH. Muhamamd Darwis)                                                                                    (Muhammad Ubadillah Bjuri)

Menyetujui:

Pembina Osis                                                                                                                    Ketua OSIS 2015

 

(Agung Widjayanyo Suprapto)                                                                           (Suka Siksa Sunarsih)

2. Surat Pengunduran Diri Dari BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa )

surat pengunduran diri dari BEM

SURAT IZIN PENGUNDURAN DIRI

 SEBAGAI ANGGOTA BEM

 

UNIVERSITAS NEGERI SEBERANG JALAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: Muhamamd Rusdi Azizul Rokhim
Jabatan di BEM: Seksi Publikasi
Fakultas: Sasta – Bahasa Jerman
NIM: 130221615521
Alamat: Jl. Bangunana Liar No. VII RT 05 RW 07 Jakarta Selatan
Telp: 087756743566

Dengan mengirimkan surat ini saya bermaksud ingin mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Sebarang Jalan. Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih karena selama saya berada di dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM saya sudah mendapatk banyak pengalaman, pelajaran serta diberikepercayan untuk menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Tak lupa juga saya ingin mohon maaf apabila selama saya berada di dalam organisasi ini, saya pernah melakukan hal – hal yang kurang berkenan di hati rekan – rekan semua.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya tekanan atau paksaan dari pihak manapun. Tak lupa saya berharap agar nantinya pembina dan juga pengurus BEM Universitas Sebrang Jalan  dapat memahami serta memberikan izin terhadap keputusan yang sudah saya buat. Atas waktu, perhatian dan izin  yang telah diberikan kepada saya, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

17 Desember 2017

Yang menyatakan,

 

(Muhamamd Rusdi Azizul Rokhim)

Materai 6.000

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Demikian informasi dari kami berkaitan dengan surat pengunduran diri organisasi. Kami juga menginformasikan kepada anda agar anda juga membaca informasi lainnya seperti contoh surat keterangan kerja dan juga mengenai contoh curriculum vitae yang baik dan benar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.