Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Guru yang Baik dan Benar

Makalah.id – Contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru memang terkadang dibutuhkan karena mengingat presentase guru honorer yang semakin meningkat, namun honor yang diterima tidaklah seberapa. Banyak para guru honorer yang akhirnya menyerah, karena tidak bisa menyambung hidup dengan penghasilan sangat kecil setiap bulannya. Surat pengunduran sebagai guru ini sebenarnya secara garis besar hampir sama dengan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja.

contoh surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru yang baik akan penulis bahas pada kesempatan kali ini. Jadi anda wajib memperhatikan poin – poin apa saja yang patut dijadikan perhatian lebih. Agar nantinya proses pengunduran diri bisa berjalan dengan baik dan silaturahmi antar sesama guru bisa tetap terjalin. Sebagai informasi tambahan, anda bisa mempelajari juga Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan. Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini :

Perhatikan Jenis Kertas yang Anda Gunakan

Kertas adalah salah satu komponen utama yang menjadi penentu surat pengunduran diri itu baik atau tidak. Maka anda tidak boleh menggunakan jenis kertas asal – asalan ya. Disarankan anda bisa menggunakan jenis kertas A4 yang notabene ukurannya standar dan pas.

Untuk kualitasnya anda bisa memilih tipe 70 gram atau jika ingin lebih baik menggunakan tipe kertas 80 gram agar lebih tebal dan tidan mudah lecek. Setelah anda mendapatkan kertas yang sesuai, selanjutnya anda wajib memperhatikan kondisi kertas tersebut. Hindari penggunaan kertas yang terdapat noda atau pun kotor. Pastikan kertas tersebut juga tidak lecek.

Perhatikan Cara Melipat Kertas yang Baik Agar Rapi dan Pas Saat Dimasukkan Di Amplop 

Meskipun kelihatannya sangat mudah, anda tidak boleh meremehkan cara melipat surat pengunduran diri yang akan anda ajukan kepada atasan. Hal ini bisa dijadikan sebagai patokan seberapa profesional anda dalam bekerja. Selain itu juga bisa digunakan sebagai penilaian terhadap latar belakang anda seperti apa. Jadi anda wajib mengusahakan untuk memikirkan betul – betul cara melipat kertasnya ya.

Atur Margin Terlebih Dahulu Sebelum Membuat Surat Pengunduran Diri

perhatikan pengaturan margin

perhatikan pengaturan margin

Margin terkadang seringkali dilupakan dan bahkan tidak dihiraukan. Kerapihan surat pengunduran diri yang akan anda buat juga bisa ditentukan oleh pengaturan margin yang tepat. Saran saya anda bisa menggunakan margin top 3, left 3, right 4 dan bottom 4. Setelah anda selesai melakukan pengaturan margin, maka anda sudah bisa melanjutkan ke proses pengetikan surat pengunduran diri tersebut.

Atur Font Style, Font Size, Line Spacing 

Tiga komponen ini juga tidak bisa dipisahkan, anda bisa mematchingkannya setelah selesai penulisan. Usahakan untuk melakukan pengaturan dengan format yang formal ya. Karena surat pengunduran diri merupakan surat yang bersifat formal.

  • Font Style

Penulis menyarankan kepada anda untuk menggunakan font style Times New Roman saja. Karena font style ini bisa dikategorikan ke dalam jenis penulisan yang cocok digunakan untuk surat menyurat bersifat formal. Selain itu anda juga tidak disarankan menggunakan lebih dari satu font style pada surat pengunduran diri.

  • Font Size

Penulis menyarankan kepada anda untuk menggunakan font size 12 saja untuk pembukaan, isi dan penutup. Untuk kop surat bagian heading, anda bisa menggunakan font size 14.

  • Line Spacing

Penulis menyarankan kepada anda untuk menggunakan line spacing 1.5 agar jarak antar baris bisa rapi dan pas. Jika terlalu mepet atau terlalu renggang, kesannya tidak enak untuk dibaca. Jadi anda wajib memperhatikannya.

Perhatikan Penggunaan Bolt, Italic dan Underline

Jika diperlukan biasanya penggunaan fungsi bolt, italic dan underline bisa diaplikasikan. Namun penulis menyarankan kepada anda untuk mempertimbangkan baik – baik saat akan menggunakannya. Jangan sampai anda menggunakannya terlalu berlebihan. Biasanya penggunaan ketiga fungsi ini digunakan pada bagian Heading dan bagian data pembuat surat pengunduran diri tersebut. Jadi anda tidak boleh sembarangan, apalagi mengaplikasikannya secara berlebihan.

Perhatikan Tata Letaknya

perhatikan tata letak

perhatikan tata letak

Tahukah anda tata letak saat membuat surat pengunduran diri itu sangat penting? Tata letak mempunyai fungsi utama untuk memudahkan pembaca mempelajari surat pengunduran diri yang anda buat. Jangan sampai tata letak  surat pengunduran diri tidak teratur dan seenaknya saja.

Tata letak biasanya terbagi atas bagian heading (kop surat), bagian lampiran, bagian pembuka, bagian isi, bagian penutup, bagian pembuat surat pengunduran diri dan bagian persetujuan. Jadi anda wajib memperhatikannya baik – baik.

Lakukan Pengecekan Typografi

Endingnya anda wajib melakukan pengecekan komponen satu ini. Untuk mendapatkan hasil surat pengunduran diri yang baik, maka keberadaan typografi wajib anda perhatikan. Meskipun terlihat sepele, namun bagi pembaca sangatlah mengganggu. Jadi anda bisa melakukan pengecekan mulai dari awal sampai denga akhir secara mendetail.

Typografi ini bisa anda cek dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang saat ini ditawarkan secara gratis. Anda bisa searching saja di google dan memilih aplikasi web mana yang anda anggap nyaman untuk digunakan. Jadi tidak usah terlalu khawatir. Tapi tetap harus teliti ya.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya dalam membuat surat pengunduran diri memang terlihat mudah. Namun dalam prosesnya anda tetap saja diwajibkan untuk memperhatika berbagai komponen pendukungnya agar surat pengunduran diri yang akan anda buat tampak lebih profesional. Jadi intinya disini poin – poin yang penulis jelaskan di atas sangatlah penting.

Pembahasan panjang lebar yang sudah penulis jelaskan di atas mengenai contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru cukup sampai disini dulu ya. Jangan lupa anda ikuti lagi update artikel – artikel terbaru selanjutnya yang bisa menambah wawasan anda. Semoga pembahasan kali ini bisa membawa banyak manfaat baik bagi anda. Terima kasih sudah meluangkan waktunya. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.