Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Lengkap dengan Format Penulisan

Makalah.id – Mungkin anda sudah tahu bahwa contoh surat pengunduran diri dari jabatan diperlukan agar anda bisa resign atau mengundurkan diri dari perusahaan atau kantor dimana tempat anda bekerja. Jika misalnya anda tidak membuat surat tersebut, maka meskipun nantinya anda bisa keluar dari perusahaan tempat anda bekerja, namun anda akan diberhentikan secara tidak hormat dan kemungkinan besar juga tidak mendapatkan pesangon.

Hal inilah yang membuat kita merasa penting untuk mengetahui seperti apa contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan atau aturan – aturan yang berlaku. Anda juga harus tahu bahwa surat pengunduran diri tersebut jauh berbeda dengan surat lamaran kerja karena akan lebih menguras emosi anda ketika anda membuat surat ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Mengapa demikian? Karena anda tentunya akan mengingat setiap kebersamaan dan keseruan yang anda alami dan lewati bersama rekan – rekan kerja selama anda bekerja di sana dan tiba – tiba anda harus meninggalkan kebersaman dan keseruan yang telah dibangun selama bertahun – tahun.

Maka dari itu, pada postingan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda semuanya mengenai pengertian dan juga seperti apa contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang benar dan sesuai dengan aturan – aturan dalam membuat surat.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang dibuat dimana di dalam surat tersebut berisi informasi bahwa anda ingin resign atau mengundurkan diri dari jabatan yang anda emban selama anda bekerja di perusahaan tersebut. Di dalam surat pengunduran diri tentunya anda bebas untuk menjelaskan mengenai alasan anda mengundurkan diri.

Namun yang harus ada di dalam surat tersebut adalah ucapakan terima kasih kepada rekan – rekan atau teman – teman kerja anda selama anda bekerja di sana. Perlu anda tahu bahwa surat pengunduran diri termasuk surat resmi, yang artinya adalah anda harus memperhatikan mengenai gaya bahaya yang akan anda gunakan dan juga mengenai diksi atau pemilihan kata yang anda tuangkan di dalam surat tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Di bawah ini akan kami berikan contoh surat pengunduran diri yang bisa anda jadikan acuan atau contoh untuk nantinya anda membuat surat pengunduran diri anda sendiri.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

1. Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Kepala Sekolah

surat pengunduran diri dari jabatan kepala sekolah

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth :
Ketua Yayasan Pendidikan SMA Negeri 03 Suka Mundur – Jawa Tengah

Di:
Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                               : Sunarto Muhammad Saputro, S.pd, M.pd

Tempat/Tanggal Lahir: Magelang, 5 Maret 1967

Jabatan                       : Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Suka Mundur

Masa Kerja                  : 7 tahun

Dengan surat ini saya ingin mengajukan sebuah permohonan untuk mengunduran diri sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 03 Suka Mundur, terhitung mulai tanggal 21 Agustus 2017.

Saya juga ingin mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya atas pengalaman dan kesempatannya untuk menjabat sebagai kepala sekolah. Saya juga telah diberikan kesempatan membimbing siswa – siswi dalam mengembangkan bakat serta keterampilannya agar supaya menjadi generasi penerus yang nantinya akan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa.

Tak lupa saya juga ingin memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada Bapak Ketua Yayasan secara khusus serta kepada jajaran keluarga besar SMA Negeri 03 Suka Mundur secara umumnya apabila selama saya menjabat sebagai kepalaa sekolah telah melakukan kesalahan aik byang saya sengaja maupun yang tidak sengaja, sehingga bisa menyakiti hati keluarga besar SMA Negeri 03 Suka Mundur

Tak lupa saya juga berharap agar SMA Negeri 03 Suka Mundur akan selalu menjadi sekolah favorit. Dan saya akan selalu berdoa agar supaya para siswa SMA Negeri 03 Suka Mundur selalu menghasilkan prestasi – prestasi yang membanggakan sekolah dikemudian hari

Hormat saya,

Sunarto Muhammad Saputro, S.pd, M.pd

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

contoh surat pengunduran diri kerja

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

 

Jakarta Utara, 2 Desember 2015

Kepada Yth,
Kepala Cabang JNT Express Tangerang
Jl. Waduk Pluit Timur Raya Kav III (14440) Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya Muhammad Indra Leksmana Bin Bekti ingin mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jasa Ekspedisi Transportasi sebagai bagian Kurir Delivery sejak tanggal 15 Desember 2015

Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar – besarnya karena telah diberikan kesempatan dan juga kepercayaan serta pengalaman oleh PT. Jasa Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk dapat bekerja dan mendapatkan pengalaman di JNT EXPRESS Cabang Jakarta Utara sebagai Kurir Delivery selama kurun waktu 1 tahun ini.

Takk lupa saya juga ingin mohon maaf kepada segenap jajaran manajemen PT. Jasa Ekspedisi Transportasi jika selama saya bekerja terdapat hal – hal yang kurang berkenan yang telah saya lakukan selama saya bekerja di PT. Jasa Ekspedisi Transportasi

Dan yang terakhir saya berharap  agar PT. Jasa Ekspedisi Transportasi akan selaluu menjadi perusahaan yang terus maju dan menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.

 

Hormat Saya

Muhamamd Indra Leksmana Bin Bekti

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Itulah contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa saja jelaskan. Kami juga ingin menyarankan agar supaya anda membaca tentang contoh MOU kerja perusahaan dan sponsorship serta contoh kontrak kerja karyawan yang benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.