Contoh Surat Kontrak Sesuai, Format dan Pengertian Yang Terbaru

Makalah.id – Pada zaman sekarang ini kita perlu tahu mengenai pengertian dan juga seperti apa contoh surat kontrak. Hal ini bertujuan karena surat ini sangat bermanfaat agar nanti dijadikan sebagai bukti akan adanya kontrak kerja yang dilakukan kedua belah pihak. Surat ini nantinya akan bersifat mengikat kedua belah pihak karena akan memberikan serta melindungi tentang hak dan juga kewajiban yang harus dipenuhi dari masing – masing pihak tersebut.

Dan dalam membuat contoh surat kontrak  ini, harus dilakukan secara sadar dan tidak boleh ada unsur paksaan dalam bentuk apapun yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Selain itu, surat kontrak tersebut harus terbebas dari unsur penipuan dalam bentuk apapun karena nantinya bisa diselesaikan melalui jalur hukum.

contoh surat kontrak

contoh surat kontrak

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai pengertian beserta definisi dari surat kontrak yang harus anda pahami agar supaya ketika nanti anda melakukan sebuah kontrak atau perjanjian dengan orang lain, anda bisa mencermati dengan baik – baik dan tidak mudah untuk dibohongi.

Pengertian Surat Kontrak

Surat kontrak merupakan sebuah surat yang dibuat di dalamnya berisi penjelasan mengenai sebuah perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak dimana nanti ada yang berperan sebagai pihak pertama dan ada yang berperan sebagai pihak kedua.

Surat kontrak tersebut bersifat mengikat serta akan dijadikan sebagai sebuah solusi jika nanti terdapat beberapa hal yang dipermasalahkan atau menjadi perselisihan di antara kedua belah pihak. Selain itu, surat kontrak juga akan memberikan penjelasan tentang apa saja hak – hak dan kewajiban yang harus dilakukan dan dipenuhi oleh masing – masing pihak yang berjanji tersebut.

Surat ini juga termasuk ke dalam salah satu surat resmi. Jadi, anda harus memperhatikan diksi atau pemilihan kata serta gaya bahaya yang akan anda tuangkan di dalam surat kontrak tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah bahwa surat kontrak harus jelas dan tidak menimbulkan multitafsir.

contoh surat kontrak

contoh surat kontrak

Contoh Surat Kontrak

Di bawah ini akan kami berikan sebuah contoh surat kontrak yang harus anda perhatikan:

Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan

contoh surat kontrak kerja karyawan

PT. PUJA KEONG AJAIB
Jl. Macan Arab Raya No. 1 Bandung
Telp. 022 – 327808 Fax. 022 – 327800


SURAT KONTRAK KERJA

Nomor: 021/SPK-PTNKS/VI/2017

 

Pada hari ini, Rabu tanggal 25 (Dua Puluh Enam) bulan April tahun 2017 (Dua Ribu Enam Belas)

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Muhammad Andika Kangen Band, S.T
Jenis Kelamin         : Laki – Laki
Jabatan                    : Manager HRD PT. Puja Keong Ajaib
NIK                           : 2012456789
Alamat Kantor       : Jl. Macan Arab Raya No. 1 Bandung
untuk selanjutnya disebut dan akan berperan sebagai “PIHAK PERTAMA”

Nama                        : Andhika Babang Tamvan
Alamat/Telepon     : Jl. Desa Gemerlap Indah No. 4 Bandung
Jenis Kelamin        : Laki – Laki
No.KTP/ NIM        : 31234567890
dalam hal ini bertindak dan akan berperan sebagai “PIHAK KEDUA”

Dengan keluarnya surat ini maka kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan sebuah kontra kerja yang diatur dengan ketentuan–ketentuan sebagaimana disebutkan dibawah ini:

BAB I

MASA BERLAKU PERJANJIAN

Pasal 1

Berdasarkan surat kontrak kerja ini, maka perjanjian yang dilakukan mempunyai waktu tertentu, terhitung sejak tanggal 25 April 2017 dan akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2018.

Pasal 2

Perjanjian dapat diperpanjang beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika PIHAK KEDUA secara terbukti telah menunjukkan kinerja yang bagus selama masa perjanjian kontrak kerja sebagaimana tersebut padaPasal 1, maka perjanjian akan terus berlaku sampai batas akhir surat perjanjian ini dan kemudian akan dilakukan perpanjangan berdasaran kebijakan Perusahaan.
  2. PIHAK PERTAMA  harus melakukan evaluasi setiap bulannya mengenai kinerja PIHAK KEDUA.

BAB II

HAK DAN KEWAJIBAN KARYAWAN

Pasal 3

  1. PIHAK KEDUA wajib untuk memenuhi peraturan serta ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh PIHAK PERTAMA dalam kontrak kerja.
  2. PIHAK KEDUA wajib menjaga nama baik Perusahaan.
  3. PIHAK KEDUA dilarang dengan keras untuk tidak membocorkan semua dokumen, informasi dan juga pengetahuan apapun yang berkaitan tentang Perusahaan kepada siapapun atau kepada Perusahaan manapun.
  4. PIHAK PERTAMA dapat memberikan tugas atau perintah kepada PIHAK KEDUA untukmengikuti kegiatan pelatihan demi tetap menjaga kualitas karyawan.
  5. PIHAK KEDUA wajib melaksanakan serta memenuhi masa kontrak kerja sesuai dengan yang telah disepakai dalam BAB 1 Pasal 1, dan jik PIHAK KEDUA tidak dapat memenuhi ketentuan – ketentuan yang telah disebutkan tersebut maka PIHAK KEDUA tidak akan mendapat sanksi apapun melainkan akan menjadi catatan bagi PIHAK PERTAMA.

Jam Kerja Karyawan

Pasal 4

Di bawah ini merupakan jam karyawan yang harus dilaksanakan oleh PIHAK KEDUA

  • Senin – Kamis             : 08.00 – 16.00, istirahat 12.00 – 13.00
  • Jumat                            : 07.30 – 16.00, istirahat 11.30 – 13.00
  • Sabtu                             : 10.00 – 14.00, istirahat 12.00 – 12.30

 

Hak Karyawan

Pasal 5

  1. PIHAK KEDUA berhak untuk menerima gaji pokok sebesar Rp. 3.350.000 setiap bulannya. Jika misalnya anda penambahan berupa tunjangan atau bonus, maka akan disampaikan kemudian setelah masa percobaan selama 3 bulan.
  2. PIHAK PERTAMA juga memiliki hak untuk memotong Pajak Penghasilan Pasal 21 dari Gaji Pihak Kedua sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

BAB III

PEMUTUSAN KONTRAK

Pasal 6

PIHAK PERTAMA berhak untuk memutuskan kontrak kerja berdasarkan penilaian kinerja yang dilakukan dan apakah ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan yang terbukti menyalahi ketentuan atau juga peraturan perundang-undangan yang berlaku. Serta PIHAK PERTAMA tidak memiliki kewajiban untuk membayar ganti rugi.

 

BAB IV

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Pasal 8

Segala hal yang tidak ada atau tidak diatur dalam perjanjian ini, maka akan diselesaikan oleh kedua belah pihak secara musyawarah mufakat. Apabila terjadi perselisihan yang terjadi diantara kedua belah pihak, maka harus ditunjuk suatu badan atau perorangan yang dianggap mampu dan adil dalam menyelesaikan perselisihan dan pihak tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Demikian surat kontrak kerja ini dibuat atas dasar kesepakatan bersama dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Dibuat di:  Bandung
Pada Tanggal 25 Mei 2017

Pihak Kedua                                                                                Pihak Pertama

 

Andhika Babang Tamvan                                                        Muhammad Andika Kangen Band, S.T

contoh surat kontrak

contoh surat kontrak

Demikian contoh surat kontrak ini kami buat. Kami menganjurkan anda untuk membaca tentang surat perjanjian jual beli mobil dan mengenai contoh surat keterangan kerja. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.