Contoh Surat Kontrak Kerja dan Cara Membuat Surat Kontrak

Makalah.id – Mengetahui tentang contoh surat kontrak kerja merupakan suatu hal yang perlu anda lakukan karena memang surat kontrak kerja dibuat dengan tujuan tertentu yang akan kita jelaskan pada kesempatan kali ini. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari surat kontrak kerja.

Surat kontrak kerja maupun juga contoh surat kontrak kerja merupakan sebuah surat yang dibuat yang mana di dalam surat tersebut terdapat kedua belah pihak yang telah sepakat atau berjanji secara tulisan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan urusan kerja. Ada juga yang memberikan definisi bahwa surat kontrak kerja merupaakn surat yang digunakan untuk mempermudah melakukan kerjasama antara pegawai dan juga pihak pemilik perusahaan untuk memberikan kejelasan mengenai hak dan juga kewajiban yang harus dipenuhi.

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Kontrak Kerja

Di dalam membuat surat kontrak kerja, tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal sehingga surat yang anda buat tersebut bisa dikatakan benar dan juga sah secara hukum karena jika ada bagian yang anda lupakan, maka kemungkinan besar surat yang anda buat tersebut bisa dikatakan tidak sah.

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Di bawah ini akan kami berikan penjelasan mengenai hal – hal apa saja yang harus ada di dalam surat kontrak kerja yang wajib anda ketahui.

  • Data jelas pegawai
  • Nama pegawai yang bersangkutan, ditulis secara jelas
  • Alamat yang jelas
  • Mengisikan nomor KTP (kartu tanda penduduk)
  • Jabatan
  • Kewajiban yang harus diemban atau harus dilaksanakan
  • Durasi kontrak yang harus dijalani
  • Sanksi atau hukuman yang akan diperoleh jika nanti pihak yang bersangkutan (pegawai) melanggar kesepakatan yang telah dibuat di dalam surat tersebut
  • Yang tidak kalah penting adalah surat kontrak kerja yang anda buat tentunya harus memiliki kekuatan hukum yang kuat, yakni dengan memberikan atau melakukan perjanjian di atas matrai
  • Surat tersebut dibuat secara sadar dan tanpa dipaksa oleh pihak manapun
  • Isi perjanjian yang ada di dalam kontrak kerja harus diketahui dan disepakati oleh kedua belah pihak yang berjanji.

Dengan kata lain bahwa jika anda ingin membuat surat kontrak kerja, maka anda harus menuliskan kontrak kerja tersebut secara jelas dan lengkap sehingga nanti tidak menimbulkan multi tafsir yang malah akan menyebabkan kedua belah pihak mengalami masalah lain yang tentunya akan semakin rumit.

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Fungsi Surat Kontrak Kerja

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja fungsi atau kegunaan dari surat kontrak kerja:

  • Pembuatan surat kontrak kerja bertujuan untuk memberikan ketenangan diantara kedua belah pihak karena adanya keputusan yang jelas mengenai hak dan juga kewajiban yang harus dipenuhi
  • Surat kontrak kerja dibuat untuk memberikan wawasan atau informasi mengenai apa saja hak dan juga kewajiban yang harus dipenuhi
  • Surat kontrak kerja dibuat dengan tujuan agar supaya tidak adanya perselisihan diantara kedua belah pihak di kemudian hari karena masing – masing sudah tahu tentang hak dan juga kewajibannya
  • Surat kontrak kerja juga berfungsi sebagai solusi atau bahan penyelesaian masalah jika nantinya kedua belah pihak mengalami perselisihan perihal hal tertentu
  • Selain itu, di dalam surat kontrak kerja, harus dicantumkan pasal – pasal yang berfungsi untuk mendukung kontrak kerja yang dilakukan

Contoh Surat Kontrak Kerja

Setelah kita membahas mengenai pengertian, fungsi, dan juga apa saja yang harus ada di dalam surat kontrak kerja, maka sekarang kami akan memberikan informasi kepada anda semua mengenai contoh surat kontrak kerja yang baik dan sesuai dengan ketentuan.

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

1. Contoh Surat Kontrak Kerja Dala Bahasa Indonesi Terbaru

SURAT KONTRAK KERJA
Nomor: …………………………………………


Dengan dikeluarkannya surat ini, maka pada hari Senin tanggal 18 Januari 2015 sudah dibuat dan juga telah disepakati oleh kedua belah pihak yang melakukan perjanjian kontrak kerja. Pihak – pihak tersebut adalah:

Nama lengkap : Johan Afifudin
Nama perusahaan : PT. Karya Bakti Multifungsi
Alamat : Jalan Pramuka No. 555 Raja Gopal, Jakarta Utara

Dalam hal ini telah bertindak atas nama PT. Karya Bakti Multifungsi yang selanjutkan akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama pegawai     : Andiniani Setyawahyu Puspita Sari
No. KTP                : 098762727222727
Tempat/ tanggal lahir : Jakarta Utara, 20 Juli 195
Alamat     : Jalan Cendrawasih nomor 5 Jakarta Utara
Jabatan             : Administrasi
Pendidikan terakhir    : S1 Managemen

Dalam hal ini yang bertindak untuk dan serta atas nama dirinya sendiri dalam melaksakan perjanjian kontrak kerja atau perjanjian kerja yang selanjutnya akan disebut dengan PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengikatkan diri dalam suatu perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu (Kontrak) dengan diberlakukan ketentuan – ketentuan sebagai berikut:

PASAL 1
KETENTUAN UMUM
  1. Perusahaan atas nama PT. Karya Bakti Multifungsi  merupakan PIHAK PERTAMA. Dan PIHAK PERTAMA memiliki kuasa penuh untuk dan akan penetapan kebijakan dan juga peraturan di dalam perusahaan. PIHAK PERTAMA juga yang memiliki hak untuk menentukan pemutusan kerja ataupun melanjutkan kontrak kerja ini dengan PIHAK KEDUA yaitu Andiniani SSetyawahyu Puspita Sari.
  2. PIHAK PERTAMA dengan dikeluarkannya surat ini telah menyatakan bahwasanya telah menerima PIHAK KEDUA sebagai karyawan atau pekerja dengan jangka waktu tertentu di PT Karya Bakti Multifungsi yang berlokasi di Jalan Pramuka No. 555 Raja Gopal, Jakarta Utara.
  3. PIHAK KEDUA dengan ini juga menyatakan bahwa bersedia menjadi karyawan secara penuh kepada PIHAK PERTAMA dalam posisinya yang menjabat sebagai administrasi yang mana cakupan pekerjaannya akan di terangkan pada pasal berikutnya.
  4. SEMUA PIHAK telah bersedia untuk mengikuti dan juga mematuhi semua isi perjanjian yang ada di surat ini.

 

PASAL 2
WAKTU BERLAKUNYA SURAT KONTRAK KERJA


Surat perjanjian kontrak kerja ini sudah berlaku sejak tanggal 21 Januari 2015 dimana PIHAK KEDUA akan menjadi pegawai tetap yang bekerja di PT Karya Bakti Multifungsi hingga 21 Januari 2015.

PASAL 3

HAK DAN KEWAJIBAN 

Adapun HAK yang akan didapatkan oleh PIHAK PERTAMA adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kontribusi dari PIHAK KEDUA yang berupa hasil dari pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan posisi yang dijabat oleh PIHAK KEDUA yang telah dijelaskan pada pasal 1.
  2. Membuat suatu ketetapan, peraturan, dan juga kebijakan PT. Karya Bakti Multifungsi.
  3.  Melakukan pengawasan, koordinasi dan juga menegur serta memiliki hak untuk memberhentikan PIHAK KEDUA.
  4. PIHAK PERTAMA juga memiliki hak untuk memindahkan, menaikkan, atau bahkan menurunkan posisi atau jawaban kerja  dari PIHAK KEDUA.
  5. PIHAK PERTAMA juga memiliki hak untuk meningkatkan, memotong pemberian bonus kerja yang diberikan kepada PIHAK KEDUA.

Sementara itu, untuk KEWAJIBAN yang akan dipenuhi oleh PIHAK PERTAMA adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan hak – hak  secara penuh kepada PIHAK KEDUA.
  2. Memberikan arahan, instruksi dan juga memberikan putusan sesuai dengan lingkup pekerjaan dari kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK PERTAMA memiliki kewajiban yaitu untuk menjaga nama baik perusahaan, yakni PT. Karya Bakti Multifungsi.

2. Contoh Surat Kontrak Kerja Proyek

Di bawah merupakan sebuah contoh dari surat kontrak kerja proyek yang harus anda tahu.

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

SURAT PERJANJIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL

Surabaya, Jumat tanggal 21 bulan Juli tahun 2010, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Eko Saputro
Alamat :Jl. Bukti Kembar Indah Permai No. 81, Surabaya
Pekerjaan : PNS atau Pegawai Negeri Sipil
No KTP : 7161617171717
Dalam hal ini bertindak sebagai dan atas nama Pemilik Rumah yang kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Sulaiman Rosyidi
Jabatan : Direktur CV Sukasukague Dong
Alamat : Jl. Gunung Kembar No. 17, Surabaya
No KTP : 727272828282
Dalam hal ini bertindak untuk dan juga atas nama CV. Sukasukague Dong yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Berdasarkan Penawaran Harga yang dikeluarkan melalui surat dari CV. Sukasukague Dong
Nomor : 3111
Tanggal : 21 Juni 2011

Kedua belah pihak telah menyatakan sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian yang dilakukan di dalam bidang pelaksanaan Pembangunan Rumah Tinggal dengan beberapa ketentuan dan juga syarat – syarat yang sebagaimana tercantum dalam pasal – pasal yang akan dijelaskan dibawah ini :

Pasal 1
TUGAS PEKERJAAN

  1. PIHAK PERTAMA telah memberikan tugas kepada PIHAK KEDUA dan juga  PIHAK KEDUA  sudah siap menerima tugas tersebut. Tugas yang akan dilakukan adalah untuk melaksanakan Pembangunan Rumah Tinggal Beralamat Jl. Gunung Kembar Siam No. 39, Surabaya
  2. Adapun ruang lingkup pekerjaan telah dibuat secara terperinci seperti yang tercantum di dalam lampiran dan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Pasal 2
DASAR PELAKSANAAN PEKERJAAN

Pekerjaan yang harus dilakukan sebagaimana yang telah dimaksud di dalam Pasal 1, harus dilaksanakan oleh PIHAK KEDUA sesuai dengan ketentuan – ketentuan berikut ini :

  1. Rencana Kerja dan Syarat – syarat Kerja atu RKS
  2. Petunjuk – petunjuk yang telah diberikan oleh PIHAK PERTAMA baik secara lisan maupun juga secara tulisan.

Pasal 3
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN DAN MASA PEMELIHARAAN

  1. Untuk jangka waktu pekerjaan ini telah ditetapkan selama tiga puluh (30) hari kalender dan terhitung sejak dikeluarkannya surat ini yang berarti dimulainya kerja tanggal 21 Juni 2010 dan juga sudah harus selesai dan kemudian harus diserahkan paling lambat tanggal 27 Juni 2010
  2. Untuk waktu penyelesaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatas,ut maka hal terseb tidak dapat diubah oleh PIHAK KEDUA, kecuali jika memang terdapat keadaan yang bersifat memaksa sebagaimana yang telah diatur dalam perjanjian ini.
  3. Sementara itu, untuk masa pemeliharaan adalah 30 (tiga puluh) hari kalender, terhitung mulai dilakukan serah terima pertama pekerjaan yang dimaksud.
Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Contoh Surat Kontrak Kerja Yang Terbaru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan contoh surat kontrak kerja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Kami menyarankan anda membaca tentang contoh surat pengunduran diri kerja dan juga contoh surat lamaran kerja.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.