Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Format Perjanjiannya

Makalah.id – Mungkin anda sudah pernah tahu mengenai contoh surat jual beli tanah, namun kami yakin bahwa anda belum mengetahui lebih detail mengenai definisi atau pengertian dari surat tersebut serta seperti apa format surat jual beli tanah yang sesuai dengan ketentuan atau aturan – aturan yang berlaku.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semuanya mengenai definisi dari surat jual beli tanah termasuk juga seperti apa contoh surat jual beli tanah yang nantinya bisa anda jadikan referensi ketika anda sewaktu – sewaktu dimintai tolong untuk membuat sebuah surat jual beli tanah yang baik dan benar.

Memang dalam menjalankan sebuah bisnis properti atau bisnis yang berhubungan dengan jual beli tanah, anda tidak akan lepas dari surat yang satu ini. Surat jual beli tanah tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bukti dan memiliki kekuatan hukum yang kuat sehingga tidak akan bisa digugat lagi.

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Pengertian Surat Jual Beli Tanah

Surat jual beli tanah merupakan sebuah surat yang dibuat yang mana isi dari surat tersebut menginformasikan bahwasanya pada tanggal dan waktu tertentu telah dilakukan akad atau transaksi jual beli tanah antara pihak pertama dengan pihak kedua atau juga bisa disebut antara pihak penjual dengan pihak pembeli.

Perlu anda tahu bahwa di dalam pembuatan surat jual beli tanah harus disertakan juga seorang saksi yang berjumlah minimal satu atau jika bisa sebanyak dua orang yang mana fungsi dari saksi tersebut nantinya akan menjadi pihak yang akan membuktikan kebenaran yang sesungguhnya jika misalnya kedua belah pihak mengalami perselisihan.

Dan yang tidak kalah penting adalah surat jual beli tanah yang akan anda buat harus menyertakan secara jelas mengenai informasi telah dilakukan jual beli tanah secara jelas dan tidak menimbulkan multi tafsir. Selain itu, surat ini termasuk ke dalam contoh surat resmi. Jadi jika anda membuatnya, maka anda harus memperhatikan mengenai penggunaan bahasa dan juga pemilihan kata yang tepat yang akan anda tuangkan di dalam surat anda.

Sementara itu, untuk hal – hal yang harus anda perhatikan di dalam membuat surat jual beli tanah adalah seperti di bawah ini:

  • Anda harus secara jelas menyebutkan identitas dari kedua belah pihak yang melakukan akad jual beli.
  • Anda harus menerangkan secara jelas mengenai objek yang akan atau telah dijual, dalam hal ini yaitu tanah, yakni dengan menjelaskan perihal luas tanah, harga tanah, sertifikat tanah, sampai dengan batas – batas wilayah tanah yang akan anda jual.
  • Dan juga anda harus menghadirkan saksi – saksi sebanyak minimal 2 orang untuk nantinya sebagai pihak yang akan dimintai keterangan ketika terjadi sebuah sengketa.
  • Menyebutkan jaminan seperti misalnya menyebutkan beberapa keterangan mengenai metode pembayaran, waktu pembayaran, dan lain sebagainya.
Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai definisi dan juga hal – hal yang harus anda perhatikan dalam membuat surat jual beli tanah, maka tiba saatnya kami akan memberikan contoh surat jual beli tanah yang bisa anda jadikan referensi ketika nantinya anda dimintai tolong untuk membuat surat jual beli tanah yang benar.

contoh surat jual beli tanah

Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH
Kami yang bertanda tangan dibawah ini yakni bernama :
Nama                : Muhammad Sunarto Afifudin
Umur                 : 55 Tahun
Pekerjaan          : PNS ( Pegawai Negeri Sipil)
Alamat              : Jln. Soekarno – Hatta No. 34 Kota Pekanbaru, Riau
Untuk selanjutnya berperan dan juga disebut sebagai pihak ke I (Penjual).
Nama                : Agustinus Franciscus Benekdikus
Umur                 : 37 Tahun
Pekerjaan          : PNS ( Pegawai Negeri Sipil)
Alamat              : Jln. KH. Anwar Zahid No. 24  Kota Pekanbaru, Riau
Untuk selanjutnya berperan dan juga disebut sebagai pihak ke II (Pembeli)
Dengan dibuatnya surat ini, maka pada tanggal 10 Januari 2016 menyatakan bahwa pihak ke I telah menjual atau melepas secara mutlak sebidang tanah darat yang memiliki luas 350 M2, beserta sebuah bangunan yang berada tepat diatas tanah tersebut kepada pihak ke II dengan harga yang dibayarkan secara tunai yaitu sebesar Rp. 390.000.000,- (tiga ratus sembilan puluh juta rupiah). Adapun pembayarannya telah dilakukan dihadapan saksi-saksi secara tunai.
Berikut ini batas-batas tanah yang telah dijual tersebut yakni:
  • Sebelah barat     : Berbatasan dengan tanah milik M. Amin
  • Sebelah timur     : Berbatasan dengan tanah milik Melinda
  • Sebelah utara     : Berbatasan dengan tanah milik Fauziah
  • Sebelah selatan  : Berbatasan dengan tanah milik Sungai
Sementara untuk bangunannya sendiri terdiri dari :
  • Ukuran panjang dan lebar sebesar 590 M2
  • Atap yang berupa Genteng
  • Dinding yang terbuat dari Tembok
  • Lantai yang terbuat dari Keramik marmer
Maka secara mutlak bahwa sejak tanggal 10 Januari 2016 tanah dan juga bangunan tersebut di atas telah menjadi hak milik dari pihak ke II. Dalam waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut, baik pihak ke I yang berperan sebagai penjual maupun pihak ke II yang mana berperan sebagai pembeli juga telah menghadiirkan saksi-saksi yang mana saksi-saksi tersebut telah dinyatakan dalam kondisi sehat, baik jasmani maupun rohani serta segala sesuatu dengan itikad baik.
Demikian surat ini kami buat dan telah disetujui oleh pihak ke I dan juga pihak ke II maupun juga oleh saksi-saksi yang hadir, maka ditanda tanganilah surat jual beli tanah ini sebagai permulaan pada saat pemindahan hak milik dari pihak ke I kepada pihak ke II.
Pekanbaru, 10 Januari 2016
Pihak Ke I (Penjual)                                                                                                            Pihak Ke II (Pembeli)
(Muhammad Sunarto Afifudin)                                                                               (Agustinus Franciscus Benekdikus)
Saksi-saksi
Saksi Ke I                                                                     Saksi Ke II                                                      Saksi Ke III
(M. Amin Ya Allah)                                                 (Phoebe Melinda)                                           (Nur Fauziah)
Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Itulah informasi dari kami tentang contoh surat jual beli tanah. Kami juga menyarankan anda membaca tentang contoh makalah geografi dan juga contoh surat permintaan penawaran.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.