Contoh Surat Gugatan Perdata Tentang Sengketa Jual Beli, Hak dan Gugatan Wanprestasi

Makalah.id – Dalam melakukan sebuah gugatan perdata di pengadilan, tentu yang harus anda lakukan adalah dengan membuat sebuah surat gugatan perdata. Surat gugatan perdata merupakan sebuah surat yang dibuat dan diajukan oleh pihak yang menggugat kepada pengadilan yang memiliki kewenangan akan hal tersebut, dimana isi dari surat gugatan ini adalah tentang hak – hak yang berkaitan dengan sengketa serta menjadi sebuah uji materi apakah gugatan tersebut benar atau tidak.

Di dalam surat gugatan perdata, harus tercantum secara jelas mengenai siapa pihak yang menggugat dan juga siapa pihak yang tergugat atau di gugat. Berbeda dengan perkara permohonan yang hanya ada satu pihak saja, yakni pihak pemohon.

surat gugatan perdata

surat gugatan perdata

Di dalam membuat surat gugatan perdata, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, diantaranya yaitu:

  • Surat tersebut harus ditujukan kepada Pengadilan Negeri yang memang memiliki kewenangan untuk mengatasi masalah atau sengketa yang ada.
  • Harus dicantumkan secara jelas mengenai pengadilan yang dituju.
  • Harus mencamtukan secara jelas tentang siapa pihak yang menggugat dan juga siapa pihak yang tergugat atau pihak yang digugat.

Dalam membuat surat gugatan perdata, ada beberapa persyaratan yang harus anda ketahui, yaitu:

  • Surat yang anda buat harus mencamtukan secara jelas mengenai tanggal pembuatan surat.
  • Harus tercantum tanda tangan dari pihak penggugat maupun juga pihak penguasa.
  • Dijelaskan secara jelas mengenai identitas dari semua pihak yang terlibat.
  • Harus juga ada posita. Posita merupakan sebuah dalil – tentang hukum yang mendukung adanya sengketa atau tuntutan yang dilakukan.
  • Harus ada petitum. Petitum merupakan segala hal yang dharapkan atau diminta oleh penggugat agar supay hakim dapat mengabulkan apa yang menjadi permintaan atau tuntutan dari pihak penggugat. Petitum ini harus dijelaskan secara gamblang dan jangan sampai menimbulkan multi tafsir.
surat gugatan perdata

surat gugatan perdata

Contoh Surat Gugatan Perdata Masalah

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai sebuah contoh dari surat gugatan pedata yang bisa anda jadikan referensi:

Contoh Surat Gugatan Perdata Masalah Tanah

contoh surat gugatan perdata masalah tanah

 

SURAT GUGATAN

Nomor                 : 03/SG-BNA/IX/2014
Lampiran            : Surat Kuasa
Perihal                 : Surat Gugatan Tanah

Kepada
Ketua Pengadilan Negeri Kota Surabaya
Jalan Merdeka Atau Mati 3 Raya No. 1 Kota Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Hendro Kartiko, S.HAdvokat dan juga Penasihat hukum yang bertugas di kantor pengacara EFA AND PARTNERS ASSOSIATION LAW dengan No. Reg. Izin Praktek: 07/5423/PPP/Perp/XII/2002 dan berkantor di Raya Dukuh Manis 5 No. 1 – 3, Surabaya 3544.

Berdasarkan surat kuasa yang telah dikeluarkan pada tanggal 14 September 2016 secara terlampir, menjelaskan bahwa saya bertindak untuk dan juga atas nama saudara Muhammad Andika Kangen Band yang bertempat tinggal d Jalan Menuju Akhirat Gg. Manis No. 4 B Kelurahan Suka Tidak Suka, Kecamatan Melodi Cinta Kota Surabaya, dalam hal ini telah memutuskan untuk memilih tempat kediaman hukum yang berada di kantor kuasanya tersebut di atas, bermaksud ingin mengajukan surat gugatan perdata ini, selanjutnya akan disebut sebagai pihak Penggugat.

Dengan ini penggugat ingin mengajukan sebuah gugatan terhadap :

Nama: Andhika Babang Tamvan
Umur   55  tahun
Pekerjaan: Karyawan Swasta
Agama: Islam
Tempat tinggal: Jalan Lada Putih 3 No. 5 RT.10/RW.03 Kelurahan Gundulmu Kecamatan Melayu Kota Surabaya, selanjutnya akan disebut sebagai pihak tergugat.

Adapun mengenai permasalahn yang terjadi adalah sebagai berikut :

  • Penggugat awalnya memiliki sebidang tanah yang berada di Sukamaju Raya Km 20 No 10A Kabupaten Surabaya dengan luas tanah yaitu 480 m2 (empat ratus delapan puluh meter persegi),
  • Tanah tersebut telah diperoleh oleh penggugat dari almarhum ayahnya yang bernama Bapak Lucinta Luna, pada Tahun 2014 dan diberikan sebagai bentuk warisan keluarga dan juga sertifikatnya telah langsung dilakukan balik nama atas nama suami penggugat, yaitu Mukhammad Andika Kangen Band.
  • Pada Tahun 2016 Bulan Februari, pada saat Penggugat ingin dan akan mendirikan sebuah rumah pada tanah tersebut, diketahui ternyata ut pada tanah tersebsudah ada bangunan milik tergugat yang sudah diakui secara sah adalah milik tergugat dengan sertifikat yang dikeluarkan Tahun 2000.
  • Penggugat sudah berkali – kali sudah meminta dengan baik – baik kepada pihak Tergugat agar supaya ia berkenan untuk mengembalikan tanah dan berkenan untuk mengecek keaslian sertifikat yang dimilikinya kepada Dinas Badan Pertanahan Nasional tetapi sampai surat ini dibuat tidak ada tanggapan yang positif,
  • Dan karena tanah tersebut sudah dikuasai pihak Tergugat, maka demi menghindari agar supaya tanah tersebut tidak sampai dialihkan ke pihak lain dan juga demi mendapatkan jaminan dari pelaksanaan putusan pengadilan, maka penggugat bermaksud memohon agar supaya Ketua Pengadilan Negeri Kota Surabaya berkenan untuk melakukan sita jaminan (conservatoir beslaag) terhadap tanah sengketa tersebut.

Berdasarkan dalil-dalil yang sudah dikemukakan oleh penggugat seperti yang telah disebutkan di atas, maka dengan ini penggugat ingin mengajukan permohonan kepada Ketua Pengadilan Negeri Kota Surabaya agar bersedia untuk  kiranya memanggil kedua belah pihak pada hari yang ditetapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan putusan yang berbunyi:

Primair :

  1. Menyatakan, menerima, dan mengabulkan secara sah gugatan penggugat untuk seluruhnya;
  2. Menyatakan atau menetapkan secara hukum terhadap penguasaan tanah yang dilakukan oleh pihak Tergugat sebagai perbuatan  yang bersifat melawan hukum;
  3. Menyatakan dan atau menetapkan tanah tersebut sebagai harta milik penggugat secara sah sebagai warisan yang diberikan oleh Almarhum Bapak Lucinta Luna kepada Penggugat;
  4. Menetapkan sita jaminan (concervatoir beslaag) secara sah dan memiliki kekuatan hukum yang nantinya akan ditempatkan di atas tanah milik penggugat sebagaimana yang dimaksudkan.
  5. Memberikan sanksi kepada pihak Tergugat dengan memberikan hukuman untuk bersedia menyerahkan tanah terperkara dalam keadaan sebagaimana kondisi semula.
  6. Menghukum pihak tergugat I s/d IV untuk membayar semua biaya perkara yang sudah dikeluarkan.

Atau:

Subsidair :
Jika Majelis Hakim Yang Mulia memiliki berpendapat lain, kami memohon untuk memberikan putusan yang seadil-adilnya (ex aequo et bono)

Bandung, 16 September 2016

Hormat kami

Hendro Kartiko, S.H

surat gugatan perdata

surat gugatan perdata

Demikianlah informasi dari kami tentang surat gugatan perdata yang bisa anda jadikan referensi, kami menganjurkan anda untuk juga membaca tentang contoh surat kontrak kerja dan juga bagaimana contoh surat perjanjian jual beli mobil yang benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.