Contoh Surat Gugatan: Pengertian dan Cara Membuatnya Lengkap

contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

Makalah.id – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan juga contoh surat gugatan. Apakah anda pernah mengetahui seseorang atau perusahaan melakukan sebuah gugatan? Biasanya seseorang maupun sebuah perusahaan yang melakukan sebuah gugatan maka hal tersebut tidak lepas dari membuat surat yang disebut juga sebagai surat gugatan.

Ada dua hal yang membuat banyak orang bingung, yakni antara gugatan dan juga permohonan. Bagi anda yang masih bingung, di bawah ini akan kami berikan penjelasan mengenai apa itu beda gugatan dan juga permohonan, sekaligus kami akan memberikan anda informasi mengenai contoh surat gugatan yang mungkin anda belum tahu.

contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

Namun, apakah anada tahu apa sih definisi yang sebenarnya dari gugatan? Gugatan merupakan sebuah surat yang diajukan oleh seseorang maupun perusahaan kepada ketua pengadilan yang tentunya memiliki kewenangan atau memiliki hak tentang masalah ini. Di dalam surat gugatan tersebut mengandung sebuah sengketa dan juga menjadi sebuah landasan pemeriksaan suatu perkara dan juga suatu bukti kebenaran dari suatu hak.

Sementara untuk pengertian dari permohonan adalah sebuah surat yang di dalamnya berisi sebuah tuntutan yang bersifat perdata yang diajukan kepada ketua pengadilan yang memiliki hal dalam menanganai masalah ini dan perlu anda ingat bahwa di dalam suatu surat permohonan tidak ada suatu sengketa yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

Perlu anda tahu bahwa di dalam surat gugatan, maka ada dua pihak yang nantinya saling berhadapan. Yang pertama disebut dengan pihak penggugat dan yang kedua disebut dengan pihak tergugat. Sedangkan di dalam surat permohonan, maka anda hanya akan menemukan satu pihak saja, yakni pihak pemohon dan anda tidak akan menemukan di dalam surat itu tertulis nama pihak termohon.

Akan tetapi berbeda kasusnya jika hal ini ada di Pengadilan Agama, karena anda akan menemukan bahwa di sana ada dua belah pihak, yakni pihak pemohon dan termohon yang melakukan permohonan izin talak maupun izin beristri lagi.

Denga kata lain, di dalam surat gugatan anda akan menemukan bahwa di dalamnya adanya suatu sengketa yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Akan tetapi di dalam surat permohonan, anda tidak akan menemukan adanya suatu sengketa yang dilakukan oleh kedua belah pihak karena yang ada di surat permohonan hanyalah berupa tuntutan yang bersifat perdata saja.

Bagaimana Contoh Surat Gugatan?

Setelah mengetahui informasi di atas maka tentunya sekarang anda harus mengetahui tentang bagaimana contoh surat gugatan yang biasanya dibuat oleh seseorang yang sedang mengalami sengketa. Namun anda harus ingat bahwa surat gugatan termasuk ke dalam surat resmi, yang artinya bahwa ketika anda ingin membuat surat gugatan maka anda harus memperhatikan mengenai setiap kalimat dan juga diksi karena harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD.

contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

1. Contoh Surat Gugatan Tanah

Di bawah ini akan kami berikan sebuah contoh surat gugatan tanah yang bisa anda jadikan referensi ketika nantinya anda ingin membuat sebuah surat gugatan untuk kebutuhan tugas sekolah maupun hal lainnya.

contoh surat gugatan tanah
Lampiran  : Surat Kuasa
Perihal      : Gugatan
Kepada  Yth.
Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara
Di Tempat
Dengan Hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:
Pengacara HUDA, SH, No. Reg. Ijin Praktek: 123/456/PP/Perp/XIII/2001 yang berkantor di Jalan Medan No. 18 Jakarta Utara.
Berdasarkan surat kuasa terlampir yang bertindak untuk dan atas nama klien kami:
Nama           : Abdul Manaf, yang dalam hal ini bertindak sebagai pemilik tanah.
Umur           : 49 Tahun.
Pekerjaan    : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Alamat         : Jalan Suka Mundur 44, Jakarta Utara
Yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Penggugat
Dengan ini Pihak Penggugat Menggugat :
Nama           : Mirna
Umur           : 37 Tahun
Pekerjaan    : PNS
Alamat         : Jalan Raya Gatot Subroto 34 Surabaya.
Selanjutnya disebut Tergugat
Adapun duduk permasalahannya sebagai berikut:
Berdasarkan pelaksanaan sebuah proyek pembangunan rumah sederhana khusus untuk PNS atau pegawai negeri sipil  yang ada Jakarta Utara, maka dalam hal ini pihak tergugat mendapatkan tanah beserta rumah dengan luas mencapai 140 m2 sebagai sebuah hak milik yang sah berdasarkan sertifikat tanah yang telah dikeluarkan oleh Kepala Kantor Pendaftaran Tanah Direktorat Agraria Propinsi Jakarta yaitu tanggal 4 Maret 1990 no 11, bahwa tanah tersebut terletak di kelurahan Kelurahan Cokro Aminoto, Jakarta Utara.
Dengan batas seperti di bawah ini:
  • Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik Andi
  • Sebelah timur berbatasan dengan jalan raya
  • Kemudian sebelah barat berbatasan dengan Ali
  • Selanjutnya sebelah selatan berbatasan dengan dengan tanah milik pihak tergugat
Bahwa tergugat telah membuka area pertamanan dengan ditangani berbagai macam bunga yang berbatasan dengan tanah milik penggugat yang kemudian menimbulkan kegelisahan penggugat di karenakan aktifitas ini dilakukan pada siang dan malam. Bahwa ketika memperhatikan tindak tanduk serta patok – patok yang telah di pancangkan oleh tergugat, maka ternyata tergugat akan membuat jalan kecil yang nantinya akan menghubungkan antara taman dengan rumahnya.

Namun sayangnya, sampai saat ini pembuatan jalan yang telah dilakukan tersebut telah di kerjakan dengan cara – cara seperti merusak, menggusur tanah dan juga tanaman yang tumbuh di atasnya dengan panjang 1.5 x 8 meter. Bahwa dalam pengusuran tanah tersebut telah dilakukan sebuah penebangan dan juga peretasan sebanyak sepuluh pohon rambutan yang telah berumur lima tahun yang sedang berbuah dan menghasilkan rata-rata 3 karung beras 25 Kg per batang . Di samping itu, telah ditebang pula pohon lain yaitu pohon durian dan salak.

Bahwa penggugat telah datang menghadap kepada kepada Kepala Desa Kelurahan Jakarta dan menanyakan apakah Kepala Desa tersebut telah mengetahui rencana pembuatan jalan oleh tergugat tersebut, namun ternyata Kepala Desa tidak tahu akan hal ini.

Bahwa dari pelanggaran yang sudah dilakukan oleh tergugat dan telah menimbulkan kerugian materi terhadap hak – hak yang menjadi milik penggugat, sebagaimana yang telah diuraikan seperti di bawah ini :

Tanah milik penggugat seluas 1.5 meter x 8 meter  =12 m2dengan taksiran harga sekarang yaitu Rp.1.700.000. Jadi total harga atau keseluruhan harga semuanya yaitu sama dengan 12 x Rp.1.700.000,- = Rp.20.400.000.

Dan juga terdapat sepuluh batang Pohon Rambutan yang sudah berumur lima tahun dengan hasil rata – rata 3 karung beras 25 KG perbatang, dengan harga yaitu Rp 25.000. Total semuanya yakni berjumlah 10 x 3 x Rp.25.000,- sama dengan Rp.750.000,-

Adapun nilai Pohon Rambutan itu sendiri yakni rata – rata Rp.150.000. Jadi semuanya berjumlah 10 x Rp.150.000,- sama dengan Rp.1.500.000. Dan jug ada lima belas batang Pohon Durian yang sudah berumur delapan tahun dengan hasil rata – rata 10 buah untuk setiap pohonnya dengan harga Rp.15.000. Jadi semuanya berjumlah 15 x 10 x Rp.15.000 sama dengan Rp.2.250.000. Untuk nilai Pohon Durian itu sendiri rata – rata Rp.300.000. Jadi total semuanya 15 x Rp.300.000 sana dengan Rp.4.500.000.

contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

2. Contoh Surat Gugatan Singkat

Di bawah ini akan kami berikan contoh surat gugatan secara singkat yang bisa anda buat untuk tugas sekolah atau memang anda ingin melakukan gugatan pada seseorang.

contoh surat gugatan singkat
Bandung, 20 September 2015
Kepada Yth,
Ketua Pengadilan Negeri
Kota Surabaya
Jalan Teratai Merah 13 Raya No. 11 Kota Surabaya
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, saya Mukhamamd Zulkifli Hasan, S.H  pekerjaan Advokat berkantor di  Kantor Advokat Pusat Surabaya yang beralamat di Jalan Raya Dukuh Manis 15 No. 1 – 4, Surabaya 2311
bertindak untuk dan atas nama :
Nama                                  : Munawir Muhasabah
Nomor KTP                       : 2989100001400
Tempat, Tanggal Lahir   : Surabaya, 13 April 1973
Alamat                                : Jalan Harimau Belang No. 12/ 45 C Kota Surabaya
Agama                                : Islam
Pekerjaan                           : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Dalam hal ini telah memilih sebuah tempat kediaman hukum ( domisili ) yang berlokasi di kantor kuasanya tersebut diatas hendak melakukan penandatanganan dan mengajukan surat gugat ini, selanjutnya akan disebut sebagai PENGGUGAT.
Dengan ini penggugat ingin mengajukan sebuah gugatan terhadap :
Nama                                   : Hariyadi Sukirman Santoso
Alamat                                 : Jalan Tikus Putih Raya No. 15 Kota Surabaya
Pekerjaan                            : Karyawan Swasta
Selanjutnya akan disebut sebagai TERGUGAT
Adapun mengenai kronoligi dari permasalahan yang terjadi adalah seperti di bawah ini :
  • Bahwa, pada tanggal 11 Agustus 2012, tergugat telah melakukan peminjaman uang kepada penggugat sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan berjanji akan dilunasi pada tanggal 22 Desember 2014.
  • Bahwa, sudah sampai tanggal 22 Desember 2014, tergugat masih belum dan sama sekali belum membayarkan hutangnya.
  • Bahwa, tergugat juga sudah bersaksi akan membayarkan hutangnya pada awal September 2014 kepada penggugat.
  • Bahwa, sampai pada tanggal 30 September 2014, sampai saat itu tergugat tidak juga sama sekali membayarkan hutangnya.
  • Bahwa, tergugat berjanji akan melakukan pelunasan hutang pada Desember 2014. Namun hingga tanggal 10 Februari 2015, penggugat masih belum juga menerima uang hutang tersebut.
Maka berdasarkan hal – hal yang terurai diatas, pengugat memohon dengan hormat agar supaya Pengadilan Negeri di Surabaya berkenan memutuskan :
 
PRIMAIR :
  1. Menghukum tergugat yakni degan cara membayarkan hutangnya secara nyata dan lengkap kepada pihak penggugat.
  2. Menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara ini.
  3. Menyatakan bahwa putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu 8 uitvoerbaar bij voorraad meskipun timbul verzet ataupun banding.
Apabila pengadilan negeri berpendapat lain, maka :
 
SUBSIDAIR :

Dalam perdilan yang baik, mohon agar keadilan ditegakkan yang seadil – adilnya ( ex aequo et bono )
Hormat kami,
Kuasa Penggugat.
Mukhamamd Zulkifli Hasan, S.H
contoh surat gugatan

contoh surat gugatan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan contoh surat gugatan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai bagaimana cara membuat surat gugatan sehingga anda tidak mengalami kesulitan ketika membuatnya.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang contoh surat lamaran kerja umum di pabrik dan juga contoh surat resign kerja paling lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.