Contoh Skripsi Teknik Informatika yang Baik dan Benar Agar Lulus

Makalah.id – Contoh skripsi teknik informatika saat ini memang banyak dicari oleh mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsinya. Tidak sedikit yang kebingungan bisa memulainya darimana. Hal ini memang wajar terjadi pada sebagian besar mahasiswa yang belum mempunyai pengalaman untuk mengerjakan skripsi. Untuk itu diperlukan contoh referensi yang bisa membimbing anda dalam upaya menyusun skripsi teknik informatika.

contoh skripsi teknik informatika

contoh skripsi teknik informatika

Dulu penulis waktu masih di bangku kuliah juga mengalami hal yang demikian. Daripada terlalu banyak berpikir akan memulainya dari mana, mending anda langsung bertindak saja sobat agar hasil nyatanya bisa anda dapatkan. Misalnya saja anda harus mulai menentukan beberapa daftar judul yang akan diajukan nantinya. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagai informasi mengenai contoh skripsi teknik informatika, jadi bagi anda yang ingin lebih tahu apa saja yang akan diulas di bawah ini, maka anda wajib menyimaknya sampai selesai. Inilah penjelasannya.

Perhatikan Kata Pengantar untuk Membuat Contoh Skripsi Teknik Informatika

Jangan dikira kata pengantar itu tidak penting ya sobat. Kata pengantar sendiri wajib ada yang posisinya sendiri sebagai halaman pembuka yang mewakili hasil penelitian yang anda buat. Kata pengantar biasanya berisi rasa syukur dan ucapan terima kasih karena sudah berhasil menyelesaikan penelitian setelah berlalu beberapa dengan usaha yang luar biasa.

Perhatikan Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar

Untuk memudahkan pembaca memahami dan menemukan isi dari karya tulis yang anda buat, maka anda wajib membuat daftar isi. Namun terkadang juga bisa ditambahkan daftar tabel dan daftar gambar sebagai pelengkap jika dibutuhkan.

tampilan daftar isi

tampilan daftar isi

Ketiganya mempunyai fungsi penting. Bayangkan saja jika karya tulis seperti halnya skripsi tidak terdapat daftar isi, maka pembaca pun akan malas karena tidak bisa mengetahui apa saja yang dibahas pada karya tulis tersebut. Untuk daftar tabel bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui tabel apa saja yang ada di karya tulis beserta lokasinya. Begitu pula daftar gambar yang fungsinya sama dengan daftar tabel.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Bab 1

Selanjutnya anda bisa memperhatikan komponen – komponen penting yang ada bab 1 dalam penyusunan skripsi teknik informatika, antara lain :

  • Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah biasanya berisi deskripsi dan penjelasan mengenai kondisi secara umum mengenai perihal yang berhubungan dengan teknologi informatika. Semua hal yang mendasari perkembangannya saat ini bisa diletakkan pada bagian ini. Kemudian dilengkapi dengan beberapa alasan mengapa anda mengambil tema tertentu untuk diteliti lebih lanjut.

  • Identifikasi Masalah

Untuk mengetahui berbagai macam masalah yang ada pada saat anda melakukan penelitian pada sebuah objek tertentu, identifikasi masalah sangat diperlukan agar nantinya bisa ditemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan – permasalahan yang ada.

  • Tujuan dan Manfaat Penulisan

Tujuan dan manfaat penulisan merupakan komponen penting yang wajib anda. Jika sebuah penelitian tidak terdapat tujuan tertentu dan tidak membawa manfaat, maka untuk apa anda melakukan penelitian ya sobat. Jadi hal yang harus anda pikirkan sebelum melakukan penelitian adalah tujuan dan manfaatnya apa.

  • Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah sangat berperan untuk memudahkan anda dalam upaya membatasi ruang penelitian yang anda lakukan. Jika tidak terdapat pembatasan masalah, maka masalah yang ada akan sangat banyak karena ruang lingkup penelitian sangat luas.

  • Teknik Pengumpulan Data

Komponen ini mempunyai peran penting dalam proses mengumpulkan semua data pada objek yang sedang anda teliti. Misalnya saja berasal dari wawancara, observasi atau pun dari berbagai sumber lain seperti halnya buku, internet, dan jurnal sebagai bahan pendukung.

  • Sistematika Penulisan

Untuk mendapatkan hasil penulisan yang baik, maka anda wajib memperhatikan sistematikanya. Mulai dari urutan, margin, bullet dan numbering atau pun hal – hal lain yang bisa mendukung. Oleh karena itu anda bisa mengikuti prosedur yang telah ditentukan agar karya tulis yang anda susun bisa maksimal.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Bab 2

contoh skripsi teknik informatika bab 2

contoh skripsi teknik informatika bab 2

Proses penyusunan bab dua pada skripsi teknik informatika, melibutkan komponen bab satu yakni teknik pengumpulan data. Nantinya berbagai sumber yang anda peroleh sangat menunjang proses penyusunan pada bab 2, khususnya sumber yang berasal dari buku untuk mengisi berbagai pendapat ahli yang menguatkan tema skripsi yang anda ambil.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Bab 3

Untuk bab 3 sendiri proses penyusunan skripsi teknik informatikan biasanya berhubungan dengan informasi seputar objek yang anda teliti. Misalnya saja gambaran organisasi, sejarah berdirinya sampai dengan dokumen – dokumen pendukung transaksi sehari – hari.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Bab 4

Pada bab 4 teknologi informatika, semua pembahasan seputar penelitian akan dikupas tuntas beserta rumus – rumus pembuatan program jika memang fokus pada program. Alur dan gambar dari setiap langkah juga wajib tercantum untuk mempermudah pemahaman.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Bab 5

Bab 5 nantinya hanya terdapat ulasan mengenai kesimpulan dan saran dari penelitian yang sudah anda lakukan. Disini akan menentukan seberapa bermanfaatkan hasil penelitan anda sehingga bisa diaplikasikan pada objek yang anda teliti. Apakah sudah bisa efektif mengurangi permasalahan yang ada atau belum.

Perhatikan Komponen – Komponen yang Ada Pada Daftar Pustaka

Untuk membuat daftar pustaka baik dan benar, tentu saja anda wajib memperhatikan bagaimana urutan cara penulisannya. Karena jika anda tidak mengikuti prosedur yang telah ditentukan, maka pekerjaan anda menjadi sia – sia saja.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk menyusun skripsi teknik informatika yang baik, tidak plagiat dan berkualitas, tentu saja diperlukan berbagai aspek pendukung seperti halnya banyak sumber, teknik penelitian yang digunakan dan tentu saja keseriusan dari peneliti itu sendiri.

Sampai disini dulu sobat pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai contoh skripsi teknik informatika. Jika memang masih banyak kekurangan pada artikel kali ini mohon dimaklumi karena pengetahuan yang penulis miliki juga masih terbatas. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Terim kasih sudah membaca artikel kali ini dan sudah berkunjung. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan artikel – artikel selanjutnya yang tidak kalah menarik. Salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.