Contoh Penelitian Geografi Tentang Polusi Air

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu seperti apa contoh penelitian geografi? Jurusan geografi merupakan sebuah jurusan yang biasanya masuk kedalam Fakultas Ilmu Sejarah yang memang jurusan ini bisa dikatakan gampang-gampang susah karena menuntut mahasiswa yang mengambil jurusan ini agar supaya memiliki ingatan yang kuat untuk menghafal materi yang disampaikan.

Salah satu hal yang membuat jurusan ini sulit adalah ketika harus membuat sebuah contoh penelitian geografi dengan memanfaatkan fenomena atau kejadian alam yang pernah atau sedang terjadi. Bagi anda yang bingung mencari seperti apa contoh penelitiannya, maka pada kesempatan kali ini akan kami berikan khusus untuk anda. Namun sebelum itu, kami ingin membagikan informasi mengenai Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian & Usaha dan juga Contoh Makalah Penelitian Biologi Terbaru – Kodok dan Katak

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jurusan Geografi

Perlu anda tahu bahwa jurusan geografi mempelajari mengenai tata ruang penggunaan dan juga seperti apa penempatan tanah dan permukaan bumi. Tujuan dari pemberian materi ini adalah agar supaya mahasiswa mampu memahami seperti apa penerapan perspektif regional yang terdapat di dalam berbagai pengembangan wilayah.

Jurusan ini juga menuntut mahasiswa agar supaya ia mampu memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang ada dengan memanfaatkan teknologi yang akan membantunya di dalam pemecahan masalah tersebut. Di bawah ini akan kami berikan contoh kepada anda semua mengenai seperti apa penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan geografi.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jurusan Geografi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jurusan Geografi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Semua makhluk yang ada di bumi ini selalu membutuhkan air yang akan digunakan untuk keperluan seperti memasak, minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, air yang kita konsumsi di dalamnya harus memenuhi unsur 3B yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. Namun pada kenyataannya, kita malah sering menemukan air dengan kondisi yang keruh, kotor, berbau, atau juga bercampur dengan zat lain yang tentu saja akan berbahaya ketika air tersebut diminum.

Hal yang menyebabkan kondisi tersebut ialah karena banyaknya barang-barang yang di dalamnya mengandung bahan kimia, logam, yang terdapat pada sampah-sampah dibuang ke sungai dan kemudian zat-zat tersebut akan bercampur dengan air sehingga kemudian akan menyebabkan air tersebut menjadi beracun.

Dampak yang ditimbulkan bukan hanya akan dialami oleh manusia, bahwa hewan darat dan air pun akan mengalami dampak buruk yang sama seperti keracunan atau bahkan menyebabkan kematian, sehingga anda jangan heran jika anda menemukan banyak ikan yang mati karena habitat mereka sudah tercemar dengan bahan-bahan atau zat berbahaya.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari latar belakang di atas yakni seperti berikut:

  1. Apa pengertian dari pencemaran air?
  2. Mengapa bisa terjadi pencemaran air?
  3. Apa akibat dari pencemaran air?
  4. Siapa saja yang akan terkena dampak pencemaran air?
  5. Bagaimana solusi untuk mengatasi pencemaran air?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Agar dapat memahami mengenai pengertian dari pencemaran air.
  2. Agar mampu mengetahui penyebab dari pencemaran air.
  3. Agar memahami tentang akibat dari pencemaran air.
  4. Agar memahami mengenai siapa saja yang akan terkena dampak dari pencemaran air.
  5. Agar memahami dan menemukan seperti apa solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran air.

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pembaca agar supaya mereka mampu memahami pengertian, penyebab, akibat, pihak yang dirugikan, dan juga seperti apa solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran air yang sedang terjadi tersebut.

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Polusi Air

Polusi merupakan masuknya sebuah zat, unsur, maupun energi yang dapat mencemari dan merugikan lingkungan yang mana kondisi ini biasanya merupakan ulah manusia atau juga karena terjadi secara alami. Akibat yang ditimbulkan dari polusi inilah yang kemudian akan disebut sebagai polutan.

Polutan itu sendiri biasanya bisa berupa debu, suara, panas, bahan kimia, maupun benda atau zat-zat lainnya. Jika kadar polutan tersebut berlebih, maka akan menyebabkan terganggunya ekosistem dan ekosistem tersebut juga tidak bisa melakukan regenerasi atau pembersihan diri sendiri.

Sementara polusi air merupakan sebuah fenomena dimana banyaknya zat-zat berbahaya yang masuk dan bercampur dengan air sehingga kemudian akan membuat air tersebut mengalami perubahan warna, berbau, dan juga beracun yang otomatis akan membuat air tersebut sudah tidak murni lagi.

Kondisi masuknya zat atau benda-benda berbahaya ini bisa diakibatkan oleh ulah manusia maupun juga bisa terjadi karena fenomena alam. Meskipun begitu, penyebab terbanyak terjadinya polusi air adalah karena ulah manusia seperti membuang sampah di sungai sehingga membuat air yang berada di sungai menjadi tercemar.

Ciri-ciri Polusi Air

Sebenarnya untuk ciri-ciri air yang sudah terkena zat berbahaya alias tercemar tergantung dari kondisi atau jenis dari air itu sendiri. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah air tersebut sudah tercemar atau belum, maka perlu dilakukan sebuah penelitian yang terpercaya untuk bisa menentukan sifat-sifat air yang sudah terkena atau tercemar zat berbahaya.

Sifat Polusi Air

Agar supaya mampu melihat, memahami, sertai menyimpulkan mengenai sifat polusi air, maka anda bisa melakukan cara yaitu dengan menentukan Nilai pH, keasaman dan alkalinitas. Untuk pH normal air adalah antara 6 sampai dengan 8 pH. Bila terlalu rendah, maka hal tersebut bisa menimbulkan terjadinya korosif.

contoh penelitian geografi

contoh penelitian geografi

contoh penelitian geografi 2

contoh penelitian geografi 2

Demikian informasi dari kami mengenai contoh penelitian geografi. Kami juga menyarankan agar anda menyimak informasi lainnya yaitu 5 Contoh Abstrak Skripsi Berbagai Jurusan dan juga Kumpulan Daftar Judul Skripsi Teknik Informatika Terbanyak. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.