Contoh Pembuatan Makalah yang Sudah Jadi Bab I – III

Makalah.id – Contoh pembuatan makalah yang sudah jadi memang bisa dijadikan sebagai referensi untuk anda yang sedang kesulitan dalam membuat tugas makalah. Namun dalam memilih contoh, hendaknya anda juga memperhatikan komponen apa saja yang ada pada contoh makalah tersebut. Sebagai pembaca sudah menjadi hal yang wajar jika harus teliti agar anda tidak mengikuti contoh – contoh makalah yang mungkin saja kurang lengkap atau pun kualitasnya belum memadai. Apalagi jika makalah yang anda buat adalah makalah untuk penelitian, maka Contoh Makalah Penelitian yang tepat akan sangat membantu.

contoh makalah yang sudah jadi

contoh makalah yang sudah jadi

Contoh pembuatan makalah yang sudah jadi memang banyak ditemukan di internet. Saking mudahnya, anda bisa menjiplak secara kesuluruhan jika mau. Tapi hal ini sangat tidak disarankan, dengan menjiplak secara keseluruhan, berarti anda percaya dengan isi dari keseluruhan makalah yang anda jiplak tersebut. Iya kalau susunan benar, kalau tidak anda sendiri yang rugi. Untuk itu anda bisa mempelajari pembahasan yang akan penulis ulas di bawah ini mengenai komponen yang wajib ada pada contoh pembuatan makalah yang sudah jadi agar anda bisa tahu dan tidak lagi asal menjiplak makalah. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Buatlah Cover Sesuai dengan Susunan yang Tepat

Dalam membuat cover makalah, meskipun kelihatannya mudah harus anda pastikan bahwa susunannya tepat. Anda tidak boleh seenaknya sendiri dalam membuat cover makalah tersebut. Karena jika tida mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, maka makalah yang anda buat kualitasnya tidak bisa maksimal. Apa iya anda mau jika kualitas makalah kurang maksimal hanya karena ketidaksempurnaan dalam penyusunan cover? Pastinya anda tidak mau bukan, bagian yang dianggap mudah masa iya sampai dianggap menjadi sumber ketidak sempurnaan keseluruhan makalah anda tersebut.

Pastikan Kata Pengantar Original, Bebas Plagiat dan Minimum Kesalahan Penulisan

original bebas plagiat dan minim kesalahan penulisan

original bebas plagiat dan minim kesalahan penulisan

Kata Pengantar Makalah merupakan awal dari karya tulis yang anda buat. Fungsi utamanya adalah memperkenalkan apa saja sebenarnya isi dari makalah yang anda buat secara garis besar. Jadi anda wajib memperhatikan betul – betul kualitasnya. Meskipun bagi sebagian orang kata pengantar merupakan komponen yang tidak terlalu penting, namun bagi penulis sendiri sangat penting. Jadi anda wajib berhati – hati dan teliti dalam proses penyusunan kata pengantar tersebut.

Usahakan anda membuatnya tanpa menjiplak dari sumber manapun. Penulisan yang original akan mampu meningkatkan daya tarik, jadi usahakan agar anda bisa lebih memperhatika keoriginalan karya tulis tersebut. Selanjutnya anda juga harus memastikan bahwasannya penulisan tersebut sudah bebas dari kesalahan dalam penulisan.

Susunlah Daftar Isi Sesuai dengan Isi yang Anda Tuangkan

Selanjutnya daftar isi. Dalam pembuatan makalah, keberadaan daftar isi memang sangat membantu pembaca dalam mencari poin mana yang diinginkan. Jika anda tidak memperhatikan dengan baik pembuatan daftar isi tersebut, maka bisa saja daftar isi bukannya memudahkan justru malah menyusahkan. Hal ini biasa terjadi karena ketidak telitian penulisnya. Selain itu, biasanya pembuatan makalah tersebut sebagian adalah hasil dari jiplakan tanpa adanya pengecekan lebih lanjut. Berawal dari kemalasan akan berujung pada hal – hal yang fatal. Jadi anda bisa lebih memberikan perhatian khusus.

Pastikan Antara Bab 1 dengan Bab Lainnya Saling Melengkapi dan Nyambung

saling melengkapi dan nyambung

saling melengkapi dan nyambung

Tidak dipungkiri dalam penulisan makalah ternyata sering ditemukan ketidaksesuaian antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. Kebiasaan copy paste dan rasa malas dituding menjadi faktor utama kesalahan fatal tersebut. Pembaca pun bisa menilai dengan sangat mudah, makalah mana yang berkualitas dan makalah mana yang disusun asal – asalan saja. Jadi anda wajib mempertimbangkan poin kali ini karena memang jika ketidaksesuaian terjadi, maka makalah yang dibuat dianggap gagal total.

Pastikan Kualitas Penulisan Pada Masing – Masing Bab Memenuhi Syarat

Untuk lebih memudahkan dalam menentukan kualitas secara menyeluruh dari makalah yang anda buat. Anda bisa menggunakan cara yang pernah penulis lakukan dan berhasil. Sebaiknya anda selesaikan per bab terlebih dahulu secara berurutan. Saat anda sedang mengerjakan bab 1, anda harus menyelesaikan bab 1 terlebih dahulu. Kemudian anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kualitas jika sudah selesai.

Usahakan tidak loncat – loncat dalam membuat penulisan yang nantinya akan sangat beresiko terhadap ketidaksesuaian antara bab satu dengan bab lainnya. Jika anda menyelesaikan bab demi bab secara berurutan, peluang besar makalah yang anda buat mempunyai kualitas baik sangatlah besar.

Pastikan Porsi Per Bab Sesuai dan Tidak Berlebihan

Dalam membuat makalah, sebaiknya tidak terlalu berlebihan sehingga membuat pembaca menjadi bingung karena ulasannya kemana – mana dan fokus pada masalah yang diangkat. Memang keinginan untuk menghasilkan karya tulis yang sempurna tentu data yang disajikan harus lengkap. Tapi jika anda mengulasnya secara berlebihan dan tidak sesuai dengan porsinya, maka makalah yang anda buat pun menjadi kurang relevan dan membosankan. Jadi anda bisa mempertimbangkan hal ini lebih lanjut.

Buatlah Kesimpulan, Saran dan Penutup yang Relevan dengan Isi Makalah Secara Keseluruhan

Nah ini poin terakhir juga wajib diperhatikan. Anda tidak boleh menganggap remeh pembuatan kesimpulan, saran dan penutup pada karya tulis makalah anda tersebut. Bagian ini juga bisa dijadikan sebagai penentu apakah makalah yang  anda buat sempurna atau tidak. Saran penulis, anda bisa membuatnya dengan memperhatikan aspek keoriginalan yang seperti dibahas pada bagian kata pengantar di atas.

Contoh Pembuatan Makalah yang Sudah Jadi

Berikut ini penulis sajikan contoh pembuatan makalah yang sudah jadi :

Penyebab Adanya Pengangguran

Bab 1

Pendahuluan

1.Latar Belakang Masalah

Tingginya tingkat perkembangan jumlah penduduk dari tahun ke tahun, merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan pengangguran ada dimana – mana. Fakta yang demikian ini berbanding terbalik dengan perkembangan lapangan pekerjaan yang relatif lambat. Sehingga pengangguran pun tidak bisa dihindari. Belum lagi maraknya kasus korupsi di negara kita yang membuat rakyat semakin bergejolak. Ditambah lagi kualitas sumber daya manusianya juga belum mumpuni.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh faktor pendidikan yang rendah terhadap berkembangnya pengangguran?

3. Tujuan Penelitian

Guna mengetahui dengan gamblang dan jelas bagaimana sebenarnya pengaruh rendahnya kualitas pendidikan terhadap perkembangan tingkat pengangguran.

Bab 2

Pembahasan

Penyebab Adanya Pengangguran

Pengangguran merupakan pekerjaan rumah yang hingga saat ini masih menjadi masalah yang cukup pelik bagi pemerintahan kita. Dari masa ke masa seiring berjalannya waktu dan berkali – kali adanya penggantian Presiden, angka pengangguran masih menjadi sorotan utama.

Mengingat penduduk negara kita yang sangat banyak dan lapangan pekerjaan yang terbatas, alhasil pengangguran memang tidak bisa terelakkan. Pengangguran sendiri juga disebabkan karena tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah sehingga kemampuan yang dimiliki sangatlah terbatas. Sedangkan di luaran sana kompetisi tetap berjalan.

Bab 3

Penutup

Kesimpulan

Dari pembahasan di bab sebelumnya bisa diambil kesimpulan mengenai permasalahan yang ada, ternyata rendahnya tingkat pendidikan juga mempunyai dampak besar dalam menyumbang angka pengangguran. Tidak hanya itu saja, kemampuan dan keahlian yang sangat terbatas juga menjadi penyebabnya.

Nah setelah anda menyimak penjelasan panjang lebar mengenai komponen yang wajib ada pada contoh pembuatan makalah yang sudah jadi, diharapkan anda bisa lebih teliti dan berhati – hati dalam mencari referensi. Agar nantinya, makalah yang anda buat bisa mempunyai bobot yang berkualitas. Jadi apa salahnya jika menjadi pembaca yang lebih bijak demi perkembangan diri anda sendiri khususnya. Salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.