Contoh Nota Dinas Tugas Luar Kota Pada Perusahaan Swasta Beserta Perihal yang Harus Diperhatikan

Makalah.id – Contoh nota dinas dalam dunia kerja memang sangat diperlukan sebagai bukti nyata terhadap transaksi yang telah dilakukan. Contohnya saja saat bepergian dalam rangka tugas dinas kerja ke luar kota dari kantor. Semua transaksi yang berhubungan dengan kebutuhan kerja dan penting, harus bisa dibuktikan dengan adanya nota atau struk pembayaran sebagai bukti untuk claim atau pencairan dana ke pihak manajemen kantor. Tanpa adanya nota tersebut, jangan harap pengeluaran yang ada diganti oleh kantor. Bisa diibaratkan contoh nota dinas sama pentingnya seperti halnya Contoh Surat Perjanjian Kerjasama.

Contoh Nota Dinas Tugas Luar Kota Pada Perusahaan Swasta Beserta Perihal yang Harus Diperhatikan

Contoh Nota Dinas Tugas Luar Kota Pada Perusahaan Swasta Beserta Perihal yang Harus Diperhatikan

Contoh nota dinas juga bisa jadi dalam bentu laporan matang yang sudah direkap sehingga penyajian laporannya lebih jelas dan lengkap. Tapi tetap saja bukti fisik nota wajib dilampirkan. Jika tidak anda lampirkan, bisa saja pihak manajemen keuangan akan mencurigai anda bahwasannya laporan pengeluaran adalah hasil manipulasi demi mendapatkan keuntungan pribadi semata. Sebelum masuk ke pembahasan contoh dari nota dinas, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu poin – poin yang dibutuhkan agar nota dinas bisa tersaji dalam bentuk laporan yang lebih mudah dan rinci. Perlu anda pahami, contoh nota dinas perusahaan biasanya berbeda dengan Contoh Nota Dinas Pada Instansi Pemerintahan.

Hindari Manipulasi Data saat Membuat Laporan Nota Dinas

Manipulasi data dalam sebuah laporan memang terkadang ditemukan dan dilakukan oleh sebagian orang. Hal seperti ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena hanya menyusahkannya saja dan tentu membuat perusahaan menjadi rugi. Ingat jangan sekali – kali anda melakukan manipulasi data ya, karena lambat laun pasti akan ketahuan juga.

Bukti data asli juga jangan sampai hilang atau pun rusak agar anda tidak terindikasi atau pun dicurigai melakukan manipulasi data. Karena kecurigaan dalam pelaporan keuangan memang sudah menjadi hal yang wajar. Yang terpenting anda tidak melakukan kesalahan dan jujur.

Perhatikan Baik – Baik Maksimum Budget yang Telah Ditetapkan Oleh Perusahaan

Poin ini biasanya banyak yang tidak memperhatikannya. Namanya perusahaan pasti sudah ada anggaran khusus dan sudah diperhitungkan matang – matang sebelumnya agar kondisi keuangan perusahaan tetap dalam kondisi baik. Untuk itu anda harus memperhatikan hal tersebut. Perhatikan jumlah pengeluaran saat anda sedang perjalanan dinas ya.

Kumpulkan Dokumen Pendukung 

Selanjutnya anda bisa mengumpulkan data mentah dalam bentuk struk sebagai bahan penunjang. Dokumen pendukung sangat penting keberadaannya karena memang semua sumber data berasal dari dokumen tersebut. Dengan demikian penyajian laporan data bisa lebih akurat dan lengkap. Jangan lupa untuk struk tagihan yang masih ada hubungannya dijadikan satu untuk memudahkan proses pengecekan.

Buatlah dan Sajikan Tabel Laporan yang Mudah Dipahami

Kemudian anda bisa membuat tabel pelaporan yang lebih rinci dan jelas. Dari sekian banyak nota yang anda kumpulkan, anda bisa menggabungkannya menjadi satu laporan saja untuk lebih memudahkan dalam proses pengecekan. Total pengeluaran pun juga terlihat jelas tanpa harus melakukan penotalan secara berulang. Selanjutnya anda bisa lampirkan dokumen aslinya yang anda dapatkan dari tempat anda menginap, tempat anda makan dan tempat – tempat lainnya yang berhubungan dengan pengeluaran yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Segera Laporkan Data Pengeluaran ke Pihak Kantor

Agar anda tidak terkena masalah setelah selesai pergi dari dinas kerja ke luar kota, sebaiknya anda sesegera mungkin menyetorkan rekapan pengeluaran beserta biaya tagihan aslinya kepada pihak keuangan di kantor anda tempat bekerja. Jika anda melaporkannya sudah terlalu lama, ditakutkan perusahaan sudah tidak mau bertanggung jawab atas keteledoran yang anda lakukan tersebut. Periode laporan pun biasanya sudah ditetapkan batas waktunya agar bisa tertib dan rapi. Untuk itu disarankan kepada anda agar tidak bersikap teledor.

Contoh Nota Dinas Secara Umum

Mengingat pentingnya keberadaan nota dinas, dalam proses pembuatannya memang perlu untuk diberikan perhatian lebih. Anda tidak boleh membuatnya secara sembarangan. Karena nota dinas dibuat bukan tanpa alasan, dasar dari pembuatan nota dinas tersebut wajib jelas dan dari mana asalnya. Misalnya saja ada perintah langsung dari atasan dengan landasan memo internal yang diberikan dan sudah ditandatangani.

Landasan memo internal tersebut sangat kuat dan wajib anda masukkan ke dalam nota dinas sebagai referensi dengan mencantumkan nomer memo internalnya saja. Dengan demikian nota dinas yang anda buat dan ajukan ke divisi keuangan perusahaan bisa segera diproses. Jangan lupa untuk memperhatikan betul rincian tagihan pembayarannya. Karena jika anda sampai salah mencantumkan nominalnya, tentu bisa menimbulkan pertanyaan bagi divisi keuangan saat anda mengajukan revisi.

Berikut ini terdapat contoh nota dinas yang nantinya bisa digunakan untuk pengajuan claim ke perusahaan agar proses pembayaran tagihan bisa segera diselesaikan.

contoh nota dinas

contoh nota dinas

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya dalam membuat contoh nota dinas memang diperlukan perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan apalagi sampai manipulasi. Dengan penyajian laporan yang baik, maka pembaca pun akan bisa lebih mudah memahaminya.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada ulasan kali ini mengenai contoh nota dinas. Dengan adanya pembahasan di atas penulis mempunyai harapan besar agar anda bisa mendapatkan informasi baru dan wawasan baru yang mungkin sebelumnya belum terlalu anda pahami. Sampai jumpa di lain waktu yang tentunya terdapat ulasan yang tidak kalah menarik. Terima kasih dan salam hangat selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.