Contoh Nota Dinas Pada Instansi Pemerintahan Untuk Perjalanan Dinas dan Narasumber

Makalah.id – Sebelum kita membahas mengenai contoh nota dinas, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian atau definisi dari contoh nota dinas tersebut. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari penjelasan Badan Tata Naskah Dinas Lembaga Sandi Negara, nota dinas merupakan sebuah naskah dinas yang dibuat oleh seorang pejabat yang berfungsi untuk menyampaikan atau menginformasikan mengenai sebuah laporan, permintaan, pernyataan, maupun juga penyampaikan yang dilakukan kepada pejabat lainnya.

Di dalam contoh nota dinas, haruslah terdapat catatan yang dibuat secara ringkat namun jelas sehingga nantinya tidak akan membutuhkan penjelasan yang terlalu panjang. Sehingga naskah tersebut akan langsung dijawab melalui disposisi oleh pejabat yang dituju.

contoh nota dinas

contoh nota dinas

Bagi anda yang merupakan seorang karyawan yang bekerja di instansi pemerintahan maupun jug swasta tentunya anda tidak akan merasa asing mengenai hal yang disebut dengan nota dinas. Fungsi utama dari nota dinas ini adalah untuk menyampaikan sebuah informasi yang disusun secara singkat namun jelas kepada seseorang yang dituju sehingga akan mempermudah dalam kelancaran berkomunikasi.

Meskipun dewasa ini sudah didukung dengan teknologi yang yang canggih, akan tetapi nota dinas masih tetap menjadi pilihan untuk menyampaikan sebuah informasi. Alasannya sangat sederhana, kaerna nota dinas bersifat formal dan bisa langsung dibalas oleh seseorang yang dituju. Alasan lain yang membuat nota dinas masih menjadi piliah utama dibandingkan dengan surat atau nota lainnya yang jika dilihat dari bentuk luarnya terkesan lebih canggih, namun nota dinas memiliki sifat hukum.

Adapun contoh dari nota dinas yaitu seperti misalnya ada atasan yang menyuruh bawahannya untuk melaksanakan tugas yang bersifat mendadak yang mana nota dinas ini nantinya bisa difungsikan sebagai SK sementara sambil nanti akan dibuatkan sebuah SK asli. Dan juga nota dinas ini disebut sebagai memo karena memang menjelaskan informasi kepada orang lain secara singkat, padat, namun dengan informasi yang jelas dan tidak membutuhkan penjelasan yang berulang.

Beberapa fungsi dari nota dinas adalah seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini:

  • Nota dinas digunakan sebagai pesan pengingat atau reminder karena surat ini bisa difungsikan sebagai arsip bagi instansi terkait.
  • Nota dinas juga bisa dijadikan sebagai alat bukti yang sah seperti misalnya nota yang di dalamnya berisi tentang perjanjian.
  • Nota ddinas bisa difungsikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu.
  • Bisa juga digunakan sebagai informasi yang berkaitan dengan perintah atau instruksi.
  • Fungsi lain dari nota dinas adalah digunakan untuk memberikan izin maupun juga pengembalian keputusan.
  • Digunakan juga sebagai bukti yang berkaitan dengan perkembangan dari sebuah isntansi maupun lembaga tertentu.

Sekedar informasi bagi anda bahwa pada dasarnya dalam pembuatan nota dinas ini tidak diperlukan adanya keahlian khusus. Yang terpenting dalam membuat surat nota dinas ini adalah anda memiliki pemahaman yang cukup mengenai bagaimana cara menulis dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau yang disingkat dengan EYD.

contoh nota dinas

contoh nota dinas

Dengan kata lain, pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan untuk membuat nota dinas ini. Akan tetapi, bagi anda yang masih ragu mengenai bagaimana contoh nota dinas yang sesuai, maka di bawah ini akan kami berikan informasi kepada anda tentang seperti apa contoh nota dinas yang sesuai dengan ketentuan atau aturan – aturan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contoh Nota Dinas Pada Instansi Pemerintahan Untuk Perjalanan Dinas

contoh nota dinas pada instansi pemerintahan untuk perjalanan dinas

DINAS PARIWISATA

PEMERINTAH KOTA SELALU INGIN DIMENGERTI

PROVINSI AKU YANG KAU MAU

Jl. Tidak ingin dimadu No. 33  Telp. 032-333677 Fax.032-336777

http://www.pariwisatakotainginselaludimengerti.gov  Email: [email protected]


NOTA DINAS

Nomor : 041/KDP/STPD/XI/2017

Yth                        : Bapak Kepala Bagian Informasi
Dari                       : Kepala Dinas Pariwisata Kota Selalu Ingin Dimengerti
Tanggal                 : 20 April 2017
Sifat                      : Penting dan Mendesak
Lampiran             : –
Hal                        : Permohonan izin untuk melakukan perjalanan dinas ke Kota Sangat Mencintaimu sebagai perwakilan  untuk peresmian pembukaan Museum Seni Budaya.

Dalam rangka untuk mencapai target tahunan Provinsi Aku Yang Kau Mau dan juga untuk menciptakan Kota yang berbasis Teknologi Digital serta karena adanya himbauan dari Kementrian Pariwisata Pemerintah Republik Indosiar, maka untuk meningkatkan jumlah pendapatan kota dalam bidang pariwisata, Kota Selalu Ingin Dimenegerti bermaksud akan melakukan peningkatan dengan strategi yakni membuka Museum Seni Budaya dan juga Taman Bunga, Sains serta Teknlogi yang berbasis Digital yang rencananya akan diresmikan pada :

Hari/ Tanggal   : Minggu, 23 April 2017
Waktu           : 08.00 s.d selesai
Tempat         : Halaman Utama Museum Seni Budaya
Jl. Burung Rajawali No. 1 Kota Selalu Ingin Dimengerti Provinsi Aku Yang Kau Mau

Adapun sehubungan dengan hal tersebut, maka kami memohon agar Bapak Kepala Bagian Informasi untuk bertugas sebagai perwakilan menghadiri acara peresmian tersebut. Namun, jika Bapak berhalangan tolong agar supaya Bapak segera menunjuk staf untuk mewakilkan Bapak karena nantinya akan langsung diurus bagian akomodasi dan pemesanan tiket PP (Pulang Pergi) untuk perjalanan kesana dan supaya akan langsung memberitahukannya kepada bagian administrasi serta akan langsung melakukan koordinasikan dengan panitia acara.

Demikian nota dinas ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

 

Kepala Dinas Pariwisata
PEMERINTAH KOTA SELALU INGIN DIMENGERTI
PROVINSI AKU YANG KAU MAU,

 

Dr. Ir. Muhammad Jordi Alba, M.Sc
NIP. 199973737380101

 

Tembusan :.

  1. Kepala Bagian Administrasi
  2. Kepala Bagian Humas
  3. Sekretaris Dinas Pariwisata
contoh nota dinas

contoh nota dinas

Demikain informasi yang bisa kami sajikan kepada anda berkaitan dengan contoh nota dinas. Kami berharap hal ini bisa membuka wawasan anda sekaligus kami ingin memberitahu anda untuk membaca informai lainnya seputar contoh kontrak kerja karyawan dan contoh surat gugatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.