Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata) Terbaru

Berikut ini adalah salah satu Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata) Terbaru 2017 yang dapat kamu download secara gratis. Ada preview nya sebelum kamu download.

Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik

Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik

PENGERTIAN MATA

Mata adalah panca indra yang berfungsi untuk melihat suatu objek. Secara garis besar memang untuk melihat, namun tentu saja mata memiliki bagian-bagian didalamnya yang memiliki fungsi berbeda-beda dan saling berhubungan sehingga mata kita bisa melihat.

BAGIAN – BAGIAN MATA

Pada waktu melihat benda, lensa mata membentuk bayangan pada retina dibagian belakang bola mata. Suatu susunan syaraf penglihatan menyalurkan rangsangan cahaya itu ke otak sehingga timbul kesan melihat benda itu.

1. Kornea

Bagian ini terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang, munutupi iris dan pupil. Salah satu karakteristiknya saat kita sentuh mata akan menutup secara reflek. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar.

2. Lensa Krisalin

Lensa ini memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital.

3. Iris

Inilah bagian mata yang memiliki warna yang pada manusia kadang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Posisi dari iris ini ada di tengah dan berfungsi untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk.

4. Aqueous Humor

Bagian ini berfungsi membiaskan cahaya kedalam mata.

5. Pupil

Berwarna hitam dan berada di tengah Iris yang dapat membuka dan menutup, adapun fungsinya adalah untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.

6. Retina / Selaput Jala

Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Fungsi Retina Mata untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optik.

7. Syaraf Optik

Saraf optik mentransmisikan impuls cahaya yang di tangkap retina menuju otak. Menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian terlihat dari saraf optik disebut disk optik.

8. Otot Mata

Otot ini berguna untuk mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.

9. Vitreus humor

Selanjutnya cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

10. Bintik kuning

Posisi dari bagian ini di retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.Lensa mata dapat berubah-ubah tebal tipisnya sesuai dengan letak benda yang dilihat. Perubahan ini mengubah jarak fokus lensa itu. Dengan demikian, letak bayangan benda yang dilihat jatuh tepat di retina. Kemapuan lensa mata menyesuaikan jarak fokusnya itu disebut kemampuan berakomodasi atau danya akomodasi mata.  Didepan lensa mata terdapat pupil, yaitu lubang yang ukuranya diubah secara otomatis oles iris (yaitu bagian yang berwarna pada bagian depan mata). Bila cahaya kuat, maka pupil mengecil, dan bila cahaya kurang kuat, maka pupil membesar.

Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata) Terbaru

PREVIEW

Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata) Terbaru

Download –  Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata)

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Download Contoh Makalah Fisika Tentang Alat Optik (Mata) Terbaru 2017 dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan contoh makalah, kumpulan contoh makalahcontoh kata pengantar, contoh laporan, contoh skripsi, judul skripsi, contoh karya tulis ilmiah, contoh surat dan lain-lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.