Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum)

Berikut ini adalah salah satu Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum) yang dapat kamu download secara gratis. Ada preview nya sebelum kamu download.

Download Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum)

Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan

Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan

Latar Belakang

Porifera berasal dari kata latin yang berarti porus atau pori dan fer atau  membawa sehingga mengandung arti spons atau hewan berpori, merupakan sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana struktur tubuhnya ketimbang filum-filum hewan multi seluler yang lain. Contoh dari porifera adalah Euplectella aspergillum. Euplectella aspergillum merupakan hewan yang hidup menempel pada suatu substrat di laut. Hidup di air laut dangkal hingga kedalaman 5,5 mil.

Hidupnya selalu melekat pada substrat (sesil) dan tidak dapat berpindah tempat secara bebas.. Bentuk tubuhnya seperti tabung atau jambangan bunga yang bersifat simetris radial. Di dalam tubuhnya terdapat rongga tubuh yang disebut spongosol. Air beserta makanan masuk melalui pori kedalam rongga di dalam tubuh dari hewan akhirnya keluar melalui oskulum.

Air yang telah disaring ini akan dibuang melalui oskulum.Tubuh Euplectella aspergillum tampak dari luar seperti radial simetris, mereka biasanya silinder, tetapi bisa juga berbentuk cangkir, guci atau keranjang, bercabang, melengkung dan berdiri tegak dengan topangan spikula. Dinding bedannya berisi ruang–ruang berflagella berbentuk sarung jari (thimble).

Ketinggian rata-rata antara 10 dan 30 cm, tetapi beberapa dapat tumbuh menjadi cukup besar.  Mereka mempunyai sifat khas, yakni memiliki spikula dari silicon berbentuk triakson, yakni dengan enam jari atau perbanyakan dari enam jari. Badannya sering berbentuk tabung dan spikulanya dapat berbentuk kerangka bersambung seperti kaca pintalan. Euplectella aspergillum tidak memiliki saraf, pencernaan atau sistem peredaran darah. Sebaliknya, sebagian besar mengandalkan aliran air konstan yang melalui badan mereka untuk mendapatkan makanan dan oksigen dan untuk menghilangkan limbah, dan bentuk tubuh mereka yang diadaptasi untuk memaksimalkan efisiensi dari aliran air.

Rumusan Masalah

  1. Apa ciri-ciri Euplectella aspergillum?
  2. Bagaimana struktur tubuh Euplectella aspergillum?
  3. Bagaimana cara berkembang biak Euplectella aspergillum?
  4. Bagaimana sistem pernafasan dan pencernaan dari Euplectella aspergillum?
  5. Bagaimana klasifikasi Euplectella aspergillum dalam phylum porifera?

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui:1. Ciri-ciri Euplectella aspergillum2. Struktur tubuh Euplectella aspergillum3. Cara berkembang biak Euplectella aspergillum4. Sistem pernafasan dan pencernaan dari  Euplectella aspergillum5. Klasifikasi Euplectella aspergillum.

Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum)

PREVIEW

Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum)

Download –  Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum)

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Download Contoh Makalah Biologi Sistematika Hewan (Euplectella Aspergillum) dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan contoh makalah, kumpulan contoh makalahcontoh kata pengantar, contoh laporan, contoh skripsi, judul skripsi, contoh karya tulis ilmiah, contoh surat dan lain-lain.

Leave a Reply