Contoh Makalah Bahasa Indonesia dan Pedoman Membuatnya

Contoh makalah bahasa indonesia

Contoh makalah bahasa indonesia

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu apa saja contoh makalah Indonesia? Tentunya anda akan menjawab bahwa anda mengetahuinya karena tentunya anda pernah atau sering mengerjakan ketika anda masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama maupun juga Sekolah Menengah Atas.

 

Contoh makalah bahasa indonesia

Contoh makalah bahasa indonesia

Pada dasarnya definisi dari makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiha yang mana di dalamnya membahas mengenai berbagai macam persoalan tertentu berdasarkan sebuah kajian teori atau juga berdasarkan denan sebuah kajian lapangan. Namun ketika anda bertanya kepada siswa SMP atau SMA mengenai apa fungsi dari membuat cpntoh makalah bahasa Indonesia, maka mereka akan menjawab bahwa tujuan membuat makalah untuk memenuhi tugas tertentu yang diberikan oleh guru, baik bersifat akademik maupun yang bersifat non – akademik.

Perlu anda tahu bahwa sebuah makalah yang anda buat nantinya bisa menjadi sebuah sarana informasi maupun juga menjadi sarana demonstrasi serta pokok pemahaman mengenai suatu permasalahan yang ditulis oleh penulis makalah dalam menerapkan sebuah prosedur, prinsip, maupun juga teori yang berkaitan dengan masalah atau fenomena tertentu.

Contoh makalah bahasa indonesia

Contoh makalah bahasa indonesia

Dan juga anda harus tahu bahwa sebuah makalah bukanlah merupakan sebuah rangkuman atau resume, akan tetapi berguna sebagai sarana untuk menunjukkan suatu kemampuan pemahaman terhadap suatu isi yang didapatkan dari sumber yang nantinya akan digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.

Berikut ini beberapa fungsi yang harus anda penuhi dalam membuat suatu makalah:

  • Makalah berfungsi untuk melatih penulis dalam membuat suatu karya ilmiah secara benar dan tetap sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang berlaku dalam pembuatan sebuah makalah.
  • Membuat makalah juga akan memberikan keuntungan bagi penulis karena nantinya bisa menambah wawasan bagi penulis dalam hal keilmuan atau bidang yang anda jadikan sebagai makalah.
  • Selain itu, fungsi makalah juga bisa memberikan sebuah gagasan pemikiran yang baik yang berupa konsep teoritis maupun juga berupa konsep praktis.
  • Fungsi yang terakhir adalah makalah bisa memberikan manfaat yang berkaitan dengan perkembangan pada konsep keilmuan maupun juga terhadap suatu pemecahan masalah.

Sementara itu, pembuatan makalah bisa dikatakan benar jika memenuhi beberapa unur seperti yang ada di bawah ini:

  • Data yang anda gunakan dan anda masukan ke dalam makalah harus memiliki tingkat validitas yang tinggi dan juga memiliki analisis maupun juga interpretasi yang bersifat objektif.
  • Makalah yang anda buat di dalamnya harus menunjukkan kejujuran ilmiah yang tentunya juga bersifat objektif.
  • Penulis makalah wajib menyebutkan sumber data atau rujukan yang digunakan dan dimasukkan di dalam makalahnya.
  • Bahasa yang digunakan di dalam makalah anda haruslah menggunakan bahasa yang jelas, singkat, teliti, dan tentunya mudah dipahami oleh pembaca.
  • Jangan pernah membahas hal yang berulang – ulang di dalam makalah anda karena banyak orang yang membuat makalah dengan membahas hal yang terlalu berbelit karena untuk membuat makalahnya terlihat lebih tebal.

Setelah mengetahui definisi dan juga beberapa ketentuan yang harus ada di dalam makalah, selanjutnya penting bagi anda untuk mengetahi beberapa jenis makalah sehingga akan memudahkan anda untuk mengidentifikasi makalah yang anda buat termasuk ke dalam jenis makalah yang mana.

  • Makalah Deduktif, merupakan sebuah makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang sedang dibahas.
  • Makalah Induktif, merupakan sebuah makalah yang dibuat dengan didasarkan pada kajian empiris yang bersifat objektif berkaitan dengan fakta yang diperoleh penulis di lapangan namun harus tetap relevan dengan permasalahan ayng sedang dibahas.
  • Makalah Campuran, meruapakan sebuah makalah yang dibuat dengan didasarkan kepada kajian teotiris maupun juga didasarkkan pada kajian empiris. Dengan kata lain, makalah campuran pada dasarnya merupakan penggabungan dari makalah induktif maupun juga makalah deduktif.

Contoh Makalah Bahasa Indonesia

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh mengenai makalah bahasa Indonesia yang harus anda tahu. Dengan mengetahui serta mendapatkan informasi ini tentunya akan semakin membantu anda dalam menambah wawasan mengenai apa saja contoh makalah bahasa Indonesia yang jarang anda ketahui.

1. Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan

Berikut ini merupakan contoh makalah bahasa indonesia yang berkaitan tentang pendidikan.

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan

Latar Belakang

Kondisi masyarakat Indonesia saat ini sudah bisa dikatakan sangat memprihatinkan. Perkelahian, pembunuhan, dan juga kesenjangan sosial, ketidakadilan, perampokan, korupsi, pelecehan seksual, penipuan, bahkan fitnah sudah terjadi di mana-mana. Hal itu dapat diketahui melalui berbagai media cetak ataupun media elektronik, seperti surat kabar, televisi, dan  internet. Bahkan tidak jarang kondisi semacam ini dapat anda saksikan secara langsung di lingkungan masyarakat kita.

Keprihatinan terhadap kondisi masyarakat yang kompleks tersebut maka kemudian menumbuhkan semangat untuk mengkaji sebab sekaligus mencari pemecahannya. Penelitian dan juga seminar yang telah diselenggarakan mengenai masalah tersebut sudah dilakukan oleh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Akan tetapi ujung – ujungnya adalah persamaaan persepsi mengenai betapa pentingnya menggalakkan pendidikan karakter.

Sementara itu, jika kita melihat respon masyarakat terhadap pendidikan karakter berbeda-beda. Di dalam ruang lingkup kelompok pendidik sudah muncul sebuah gagasan akan perlunya pendidikan budi pekerti. Sedangkan para agamawan juga memberikan pandangan akan adanya penguatan pendidikan agama.

Mereka yang berkecimpung di bidang politik juga tak luput mengusulkan revitalisasi pendidikan Pancasila. Mengenai  permasalahan yang sedang berlangsung tersebut, maka Kemendiknas telah melakukan merespon terhadap berbagai pendapat itu dengan membentuk sebuah Tim Pengembang Pendidikan Karakter.

Kemudian untuk para guru, terkhusus guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang mana mereka ingin menyumbangkan pemikiranya tentang perlu adanya pendidikan apresiasi sastra terhadap pembentukan karakter siswa. Karena dengan melalui sastra, diharapkan akan terbentuknya nilai-nilai luhur dan kearifan lokal guna bisa mencegah pengaruh negatif di era globalisasi sekarang ini. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang sejauh mana “Pengaruh Apresiasi Sastra terhadap Karakter Siswa”.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah nantinya akan membahas tentang

  1. Apakah pendidikan karakter dan satra?
  2. Bagaimana hubungan atau kesesuaian sastra terhadap pendidikan karakter di kalangan siswa?
  3. Bagaimana pengaruh apresiasi sastra terhadap karakter siswa?
  4. Bagaimana cara yang harus dilakukan untuk memberdayakan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah?
  5. Bagaimana upaya yang bisa ditempuh pendidik untuk menanamkan pendidikan karakter melalui sastra?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui apa definisi pendidikan karakter dan sastra.
  2. Untuk mengetahui hubungan sastra terhadap pendidikan karakter di kalangan siswa.
  3. Untuk mengetahui pengaruh apresiasi sastra terhadap karakter siswa.
  4. Untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah.
  5. Untuk mengetahui apa saja usaha yang bisa dilakukan oleh pendidik untuk menanamkan pendidikan karakter lewat media sastra.

2. Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Narkoba

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Narkoba

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Narkoba

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh yang berkaitan dengan makalah bahasa Indonesia tentang narkoba:

Latar Belakang

Narkoba maupun juga Narkotika yang pada dasarnya adalah zat yang digunakan dalam dunia medis ayang memiliki fungsi utama untuk berbagai pengobatan namun seiring waktu, zat – zat tersebut berbalik menjadi ancaman dan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan serta mental jika sampai digunakan dengan takaran tidak sesuai dengan dosis dan serta menyeleweng dari tujuan semestinya.

Tidak hanya buruk bagi kesehatan dan perkembangan mental pelakunya, akan tetapi zat berbahaya tersebut nantinya juga berdampak pada lingkungan sosial karena bisa menimbulkan peningkatan tindak kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba.

Pelajar dan juga generasi muda harus selalu memiliki semangat dan visi yang dapat melahirkan ide-ide kreatif yang berguna bagi perkembangan individu maupun lingkungan sosial. Namun disisi lain usia remaja adalah usia dimana dalam tahap pencarian jati diri yang banyak mempengaruhi pola fikir dan juga usia remaja merupakan usia yang mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif yang salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba.

Seiring dengan perkembangan informasi yang memang sangat pesat menyebabkan peredaran narkoba pun juga sudah sangat mengkhawatirkan. Dan yang menjadi target utama para pengedar adalah anak – anak yang masih berusia muda karena ia memiliki emosi yan tentunya sangat labil yang mana ia mudah di pengaruhi dengan berkedok trend dan zaman.

Tujuan Penulisan

Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media informasi dan juga sosialisasi berkenaan dengan bahaya penyalahguna narkotika bagi kesehatan
  2. Untuk mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan sosial.
  3. Sebagai sumber referensi siswa – siswi untuk membuat makalah  yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba dalam rangka memenuhi tugas sekolah.

Ruang Lingkup

Adapun ruang lingkup dari  makalah ini adalah mencakup beberapa aspek yang berkaitan tentang hal – hal di bawah ini:

  • Pengertian narkoba
  • Jenis-jenis narkoba
  • Bahayanya bagi kesehatan siswa.

Sumber Data

Sementara itu, untuk sumber data yang diambil dari makalah ini adalah berupa:

  1. Referensi pengertian sreta jenis-jenis narkoba yang beredar di masyakarat
  2. Referensi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan dan generasi muda
Makalah bahasa indonesia

Makalah bahasa indonesia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai contoh makalah bahasa Indoneisa. Semoga dengan mengetahui informasi ini bisa menambah wawasan anda serta membantu anda dalam mengetahui apa saja contoh makalah bahasa Indonesi yang berkaitan dengan pendidikan maupun juga berkaitan dengan narkoba.
Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang contoh makalah e- commerce dan e-business terbaru dan juga mengenai contoh makalah dampak globalisasi terhadap pendidikan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.