Contoh Makalah Askep TB Paru – Gangguan Sistem Pernafasan 2017

Berikut ini kami akan menyampaikan salah satu makalah askep yaitu contoh makalah askep (Asuhan Keperawatan) dengan gangguan sistem pernafasan. Makalah askep ini berhubungan dengan Tuberculosis (TB) paru-paru. Sebelum menjelaskan dan memberikan contoh makalah askep, akan lebih baik jika kita membeberkan terlebih dahulu apa sih itu askep, tujuan asuhan keperawatan, fungsi asuhan keperawatan, dan juga tahap-tahap keperawatan.

Berikut ini kami jelaskan secara ringkas mengenai asuhan keperawatan (Askep).

Pengertian askep

Asuhan keperawatan adalah proses maupun rangkaian kegiatan dalam praktik keperawatan yang diberikan secara langsung kepada pasieun/ klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan. Tentunya hal ini dilaksanakan berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan sebagai suatu profesi berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, yang bersifat humanistic dan juga berdasarkan pada suatu kebutuhan objektif pasien/ klien dalam menghadapi masalah.

Tujuan askep

Adapun tujuan dalam pemberian asuhan keperawatan antara lain:

  1. Membantu individu untuk mandiri.
  2. Mengajak individu atau masyarakat berpartisipasi dalam bidang kesehatan.
  3. Membantu individu mengembangkan potensi untuk memelihara kesehatan secara optimal agar tidak tergantung pada orang lain dalam memelihara kesehatannya.
  4. Membantu individu memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

Fungsi proses keperawatan

Proses Keperawatan berfungsi sebagai berikut.

  1. Memberikan pedoman dan bimbingan yang sistematis dan ilmiah bagi tenaga keperawatan dalam memecahkan masalah klien melalui asuhan keperawatan .
  2. Memberi ciri profesionalisasi asuhan keperawatan melalui pendekatan pemecahan masalah dan pendekatan komunikasi yang efektif dan efisien.
  3. Memberi kebebasan pada klien untuk mendapat pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhanya dalam kemandirianya di bidang kesehatan.

Tahap-tahap proses keperawatan

Pengkajian

Pengkajian adalah upaya mengumpulkan data secara lengkap dan sistematis untuk dikaji dan dianalisis sehingga masalah kesehatan dan keperawatan yang di hadapi pasien baik fisik, mental, sosial maupun spiritual dapat ditentukan.tahap ini mencakup tiga kegiatan,yaitu pengumpulan data,analisis data,dan penentuan masalah kesehatan serta keperawatan.

Diagnosa keperawatan

Diagnosa keperawatan adalah suatu pernyataan yang menjelaskan respon manusia (status kesehatan atau resiko perubahan pola) dari individu atau kelompok dimana perawat secara akontabilitas dapat mengidentifikasi dan memberikan intervensi secara pasti untuk menjaga status kesehatan menurunkan, membatasi, mencegah dan
merubah (Carpenito,2000)

Rencana keperawatan

Semua tindakan yang dilakukan oleh perawat untuk membantu klien beralih dari status kesehatan saat ini kestatus kesehatan yang di uraikan dalam hasil yang di harapkan (Gordon,1994).

Implementasi keperawatan

Merupakan inisiatif dari rencana tindakan untuk mencapai tujuan yang spesifik. Tahap pelaksanaan dimulai dimulai setelah rencana tindakan disusun dan ditujukan pada nursing orders untuk membantu klien mencapai tujuan yang diharapkan.

Evaluasi

Perencanaan evaluasi memuat criteria keberhasilan proses dan keberhasilan tindakan keperawatan. Keberhasilan proses dapat dilihat dengan jalan membandingkan antara proses dengan pedoman/rencana proses tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai asuhan keperawatan (askep), mari sekarang kita lanjutkan ke contoh makalah askep yang berhubungan dengan tuberculosis paru. Berikut ini ringkasan mengenai contoh makalah askep TB paru – gangguan sistem pernafasan.

contoh makalah askep

contoh makalah askep

Latar belakang : Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman Mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi. Hal ini dikarenakan ketika penderita TB paru batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka memercikkan kuman TB paru atau bacilli ke udara. Seseorang dapat terpapar dengan TB paru hanya dengan menghirup sejumlah kecil kuman TB. Kemudian data dari Depkes menunjukkan pada tahun 2009, 1,7 juta orang meninggal karena TB (600.000 diantaranya perempuan) sementara ada 9,4 juta kasus baru TB (3,3 juta diantaranya perempuan).

Tujuan : Mengetahui tentang gambaran asuhan keperawatan dengan TB Paru dan mampu mengaplikasikannya pada penderita TB Paru meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan.

Hasil : Mengacu pada intervensi dan implementasi dari hasil evaluasi, ada 2 diagnosa yang teratasi : nyeri akut berhubungan dengan inflamasi paru dan batuk menetap, dan gangguan pola tidur berhubungan dengan sesak napas dan batuk. Disamping itu ada 3 diagnosa yang teratasi sebagian : brsihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan penumpukan sekret, sekret kental, risiko tinggi penyebaran infeksi berhubungan dengan adanya infeksi kuman tuberkulosis, dan intoleransi aktivitas berhubungan dengan keletihan dan inadekuat oksigen untuk beraktivitas.

Kesimpulan : Untuk perawatan pasien dengan TB Paru, harus ada kerjasama antara tenaga kesehatan dan keluarga agar selalu memberikan informasi tentang perkembangan kesehatan pasien dan memberi pendidikan kesehatan pada keluarga dan senantiasa memotivasi pasien dan keluarga untuk selalu menjaga pola hidup dan kesehatan pasien dan keluarga.

Kata Kunci : Tuberkulosis, sesak napas, batuk, paru-paru

Contoh Makalah Askep TB Paru – Gangguan Sistem Pernafasan 2017
PREVIEW

Contoh Makalah Askep TB Paru – Gangguan Sistem Pernafasan 2017

Download 1Download 2

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Contoh Makalah Askep TB Paru – Gangguan Sistem Pernafasan 2017 dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan contoh kata pengantar, contoh laporan PKL SMK TKJ, contoh laporan prakerin administrasi perkantoran, contoh laporan PKL akuntansi, contoh laporan PKL otomotif, contoh laporan prakerin multimedia, contoh laporan prakerin pemasaran, contoh laporan prakerin RPL, contoh makalah, contoh skripsi, judul skripsi, contoh karya tulis ilmiah, contoh surat dan lain-lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.