Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2017

Berikut ini akan kami berikan Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan. Sebelumnya www.makalah.id sudah memberikan makalah juga namun dengan tema akuntansi kewajiban dan ekuitas. Pajak bumi dan bangunan merupakan pajak yang dipungut dari tanah dan bangunan. Karena adanya kedudukan maupun keuntungan sosial ekonomi yang lebih baik lagi bagi bagi orang atau badan yang sudah mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Sebelum melangkah ke download contoh makalah akuntansi pajak bumi dan bangunan, alangkah lebih baik Anda simak terlebih dahulu ringkasan dari isi makalah yang akan kami sampaikan.

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:a. Bagaimanakah metode penilaian dan penentuan nilai jual objek pajak bumi dan bangunanb. Upaya-upaya pemerintah dalam mengatur kebijakan agar meningkatkan rasa sadar wajib pajak untuk melaporkan perubahan tanah dan bangunanc. Bagaimana sistem penetapan NJOP yang berlaku saat ini

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian yang dilakukan dalam tugas akhir mengenai keadilan penetapan NJOP PBB bagi wajib pajak dan kesadaran wajib pajak dalam melaporkan perubahan tanah dan atau bangunan adalah sebagai berikut:a. Mengetahui bagaimanakah metode penilaian dan penentuan nilai jual objek pajak bumi dan bangunan.b. Mengetahui upaya-upaya pemerintah dalam mengatur kebijakan agar meningkatkan rasa sadar wajib pajak untuk melaporkan perubahan tanah dan bangunanc. Mengetahui sistem penetapan NJOP yang berlaku saat ini.

Sejarah Pajak Bumi Dan Bangunan

Kalau kita melihat kembali ke masa lalu sampai pada asal mula Pajak Bumi Dan Bangunan, maka di zaman kolonial, sudah dipungut bermacam-macam pajak dari tanah yang dimiliki atau digarap oleh rakyat Indonesia seperti “Contingenten” dan “Verplichte Leverantieen” yang lebih dikenal dengan Tanam Paksa. Kemudian oleh Gubernur Jenderal Raffles, pajak atas tanah disebut “Landrent” yang artinya adalah “sewa tanah”.

Tapi diganti oleh Pemerintah Belanda dengan nama Landrente.Pada waktu Indonesia merdeka Landrente ini tetap diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia tetapi diganti nama dengan Pajak Bumi. Kemudian diubah dengan nama Pajak Hasil Bumi. Yang dikenal pajak tidak lagi nilai tanah melainkan hasil yang keluar dari tanah, sehingga timbul frustrasi, karena hasil yang keluar dari tanah merupakan obyek dari Pajak Penghasilan (Pajak Peralihan atau Overgangsbelasting).

Akibat dari frustrasi maka Pajak Hasil Bumi ini dihapuskan mulai tahun 1952 karena hasil yang keluar dari tanah dan bangunan telah dikenakan Pajak Peralihan, Ketetapan Kecil (Kleine Aanslag). Hal ini berlangsung sampai tahun 1959. Rupanya Pemerintah menginsafi kekeliruannya sehingga sejak tahun 1959 dipungut lagi Pajak Hasil Bumi atas Nilai Tanah (bukan lagi atas hasil yang keluar dari tanah dan bangunan).

Dengan pemberian Otonomi dan Desentralisasi kepada Pemerintah Daerah, Pajak Hasil Bumi yang namanya kemudian diubah menjadi Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA), hasilnya diserahkan pada Pemerintah Daerah walaupun pajak tersebut masih merupakan pajak pusat. Hasil Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA) tersebut digunakan untuk membiayai Pembangunan Daerah.Tetapi yang disayangkan bahwa dasar hukum Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA) sangat lemah atau dapat di katakan tidak ada dasar hukumnya.

Memang maksud Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA) adalah untuk menggantikan Verponding. Inlands Verponding dan Pajak Hasil Bumi pada waktu itu merupakan pajak atas harta tak gerak, tetapi belum pernah ada undang-undang yang menghapuskan Verponding dan Pajak Hasil Bumi.

Selanjutnya masing-masing daerah dapat mengubah peraturan Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA). Maka Pajak Bumi dan Bangunan yang baru merupakan suatu jalan keluar yang sangat berharga yang memberikan dasar hukum yang kuat, dan memberikan keseragaman sehingga pungutan itu tidak dilakukan secara simpang siur di masing-masing daerah.

Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2017
PREVIEW

Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2017

Download 1Download 2

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2017 dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan contoh kata pengantar, contoh laporan PKL SMK TKJ, contoh laporan prakerin administrasi perkantoran, contoh laporan PKL akuntansi, contoh laporan PKL otomotif, contoh laporan prakerin multimedia, contoh laporan prakerin pemasaran, contoh laporan prakerin RPL, contoh makalah, contoh skripsi, judul skripsi, contoh karya tulis ilmiah, contoh surat dan lain-lain.

Review Pengunjung
  • Star
4.9

Summary

Penilaian tentang Contoh Makalah Akuntansi Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2017 yang di publish oleh www.makalah.id. Terima kasih sudah memberikan review yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.