Contoh Laporan Wawancara Yang Ditulis Dalam Bentuk Makalah Dan Narasi

Makalah.id – Apakah anda sudah paham mengenai apa saja contoh laporan wawancara yang sudah banyak dibuat oleh mereka yang memang ahli di dalam bidang ini? Perlu anda tahu bahwa sebuah laporan wawancara berisi tentang apa saja hal-hal yang terjadi atau dilakukan pada waku wawancara tersebut, baik wawancara yang dilakukan kepada pedagang, guru, pengusaha, dan lain sebagainya.

Sebelum kita membahas mengenai apa saja contoh laporan wawancara, kami akan memberikan informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian & Usaha serta Contoh Lamaran Kerja Tulis Tangan Sederhana dan Umum.

Contoh Laporan Wawancara

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari wawancara adalah sebuah proses tanya jawab yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok kepada seseorang yang disebut sebagai narasumber. Narasumber di sini bisa bermacam-macam, seperti guru, pengusaha, penjual, maupun juga presiden.

Tujuan dari melakukan wawancara adalah untuk meminta sebuah jawaban atau pendapat mengenai hal-hal tertentu yang ditanyakan. Biasanya hasil wawancara tersebut akan dicantumkan melalui media sosial, media elektronik, dan bahkan juga bisa dicantumkan melalui media masa.

Seseorang yang telah melakukan kegiatan wawancara tentu harus memiliki sebuah laporan yang isinya tentang hasil dari wawancara yang dilakukan. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis wawancara yang selama ini beredar yang kemungkinan anda belum mengetahuinya.

  • Wawancara bebas: Wawancara yang tidak memerlukan penyusunan pertanyaan. Dengan kata lain, wawancara bebas merupakan sebuah tanya jawab yang dilakukan langsung alias spontan tanpa adanya persiapan untuk mempersiapkan pertanyaan.
  • Wawancara individual: Kegiatan wawancara yang dilakukan pewawancara atau seseorang yang mewawancarai kepada narasumber atau yang juga disebut dengan responden tunggal. Dengan kata lain, wawancara ini hanya dilakukan oleh dua orang yang bertindak sebagai pewawancara dan juga pihak narasumber.
  • Wawancara kelompok: Perlu anda tahu bahwasanya wawancara kelompok tentu berbeda dengan wawancara individual yang telah kami jelaskan sebelumnya. Untuk pengertiannya sendiri yaitu merupakan sebuah wawancara yang dilakukan oleh kelompok atau banyak orang dalam waktu yang bersamaan.
  • Wawancara konferensi: Sementara untuk wawancara jenis ini merupakan wawancara yang dilakukans ecara terbuka dengan jawabannya yang sifatnya tidak terbatas.

Dan masih banyak jenis wawancara lainnya seperti wawancara terpimpin, wawancara tertutup, dan juga wawancara terbuka.

Contoh Susunan Laporan Hasil Wawancara

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan dari kami mengenai seperti apa contoh susunan laporan hasil wawancara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk nantinya anda membaut laporan anda sendiri.

contoh susunan laporan hasil wawancara

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Wawancara

Pada bagian ini anda harus menjelaskan mengenai alasan anda melakukan wawancara tersebut. Anda harus menjelaskan apa aja kondisi atau suasana yang sedang terjadi, alasan anda mengapa mengambil topik tersebut, dan juga alasan anda kenapa harus membuat laporan wawancara tersebut.

B. Tujuan Wawancara

Untuk bagian anda tentu kami yakin anda sudah tahu bahwasanya anda harus menjelaskan poin-poin penting yang berkaitan dengan hal-hal yang ingin anda capai dan juga bagiamana bagaimana anda melakukan proses wawancara tersebut.

C. Topik Wawancara

Untuk poin yang ini kami juga yakin bahwasanya anda sudah mengetahui apa yang harus anda tuangkan dimana anda harus menentukan topik pembicaraan atau pembahasan yang akan anda bahas pada wawancara tersebut.

D. Waktu dan Tempat Wawancara

Anda harus menjelaskan tentang latar tempat dan juga waktu anda melakukan wawancara tersebut. Hal ini akan memberikan informasi dan mencocokkan apakah laporan anda sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

HASIL WAWANCARA

A. Narasumber

Pada poin ini anda harus memberikan informasi kepada pembaca mengenai nama lengkap dari narasumber yang anda mintai wawancara. Pada poin ini juga kemungkinan narasumber tersebut lebih dari satu orang tergantung kepada jenis wawancara yang anda lakukan.

B. Pewawancara

Yang harus anda tulis di sini adalah informasi mengenai daftar pewawancara yang akan dimulai dari menyebutkan nama penanya, notulen atau pencatat, dokumentasi, dan lain sebagainya.

C. Transkrip Hasil Wawancara

Anda harus menjelaskan atau mencantumkan seperti apa transkrip percakapan yang dilakukan antara penanya dan juga narasumber serta juga harus memberikan informasi mengenai jawaban yang dijawab oleh narasumber pada saat melakukan wawancara.

PENUTUP

A. Simpulan

Untuk poin simpulan, anda harus menjelaskan kepada pambaca mengenai hasil atau kesimpulan dari kegiatan wawancara yang anda lakukan, termasuk juga menjelaskan tentang transkrip wawancara yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

B. Saran

Anda harus membuat saran yang anda berikan untuk narasumber atau orang yang anda wawancara mengenai topik yang sudah diperbincangkan sebelumnya.

1. Contoh Laporan Wawancara Dalam Bentuk Makalah

Jika anda perhatikan, anda akan mengetahui bahwasanya bagian-bagian yang harus ada pada laporan jenis ini tidak jauh berbeda dengan bagian-bagian yang telah kami jelaskan sebelumnya. Pada bagian narasumber juga anda akan melihat bahwa informasi yang harus dicantumkan bukan hanya nama narasumber, melainkan tanggal lahir, alamat, dan juga pekerjaan.

Contoh Laporan Wawancara Dalam Bentuk Makalah

Contoh Laporan Wawancara Dalam Bentuk Makalah

2. Contoh Laporan Wawancara Dalam bentuk Narasi

Untuk laporan wawancara yang ditulis dalam bentuk narasi cenderung ditulis lebih singkat dibandingkan dengan yang ditulis dalam bentuk makalah. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak gambar yang kami berikan di bawah ini:

Contoh Laporan Wawancara Dalam bentuk Narasi

Contoh Laporan Wawancara Dalam bentuk Narasi

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan kepada anda mengenai contoh laporan wawancara. Kami sarankan agar anda juga mendapatkan informasi lainnya yaitu Contoh Kata Pengantar Lengkap Yang Baik dan Benar Terbaru 2017.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.