Contoh Kontrak Kerja Karyawan yang Lengkap dan Benar

Makalah.id – Setiap perusahaan swasta, BUMN, instansi pemerintah, lembaga atau sebuah organisasi dimana terdapat tenaga kerja dan karyawan diharuskan mempunyai surat perjanjian kontrak kerja karyawan sebagai dasar utama. Hal ini tertulis diatur dalam undang undang bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja dan karyawan sudah diatur dan agar dapat menjamin setiap orang mendapatkan hak nya masing masing. Namun sebelum menandatangani surat kontrak sebaiknya membaca isi keseluruhan surat tersebut agar dapat mengerti dan memahami kewajiban dan hak yang akan diterima ataupun bisa membatalkan, bila sekiranya tidak cocok atau sepakat dengan perjanjian.

Pada dasarnya kontrak kerja karyawan merupakan surat perjanjian antara pekerja dan pemilik kerja secara lisan ataupun tulisan dalam kurun waktu tertentu ataupun tidak tertentu dengan memuat berbagai persyaratan kerja, hak dan kewajiban pekerja dan pemilik kerja. Surat kontrak kerja karyawan ini harus dibuat dengan sangat detail, karena semakin detail surat yang dibuat, maka akan meminimalisir kesalahpahaman peraturan ataupun kontrak lainnya terhadap karyawan ataupun calon karyawan.

Dalam pembuatan surat seperti ini harus memenuhi berbagai persyaratan dan menurut Pasal 54 Undang Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Perjanjian kerja harus memuat sekurang kurangnya berisi :

  1. Nama, Alamat Pemilik Kerja dan juga Jenis Usaha yang ditekuni
  2. Nama, Jenis Kelamin, Umur dan Alamat pekerja
  3. Jabatan atau Jenis Pekerjaan
  4. Tempat Pekerjaan
  5. Besaran upah dan cara pembayarannya
  6. Syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pemilik kerja dan pekerja
  7. Awal dimulainya pekerjaan hingga jangka waktu berlakunya perjanjian kerja
  8. Tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat, ditanda tangani oleh kedua belah pihak

Perjanjian kontrak kerja karyawan bisa disebut sah ataupun tidak sah, tetap harus berdasarkan pada Pasal 1320 Kitab Undang Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) yang menyatakan bahwa supaya terjadi persetujuan yang sah, perlu dipenuhi empat syarat , yaitu :

  • Kesepakatan mereka yang mengikatkan dirinya
  • Kecakapan untuk membuat suatu perikatan
  • Suatu pokok persoalan tertentu
  • Suatu sebab yang tidak terlarang

Pada pasal 52 ayat 1 Undang Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa perjanjian kerja dibuat dengan menggunakan dasar :

  • Kesepakatan kedua belah pihak
  • Kemampuan atau kecakapan melakukan perbuatan hukum
  • Adanya pekerjaan yang diperjanjikan
  • Pekerjaan yang diperjanjikan tidak bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan peraturan perundang undangan yang berlaku

Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan

Ada banyak sekali contoh surat kontrak kerja karyawan yang bisa digunakan sebagai referensi ataupun pedoman dalam penulisan surat seperti ini.  Penulisan ini berbeda dengan penulisan surat undangan resmi perusahaan yang ditujukan untuk tujuan tertentu. Sebagai referensinya penulisan surat kontrak kerja karyawan adalah sebagai berikut :

1. Contoh kontrak kerja karyawan hotel

Hotel dimanapun tempatnya selalu menggunakan surat kontrak kerja untuk mengikat karyawannya, sehingga kinerja sumber daya manusia menjadi lebih bisa terarah. Apabila terjadi kinerja yang kurang baik, bisa dilakukan langsung dengan monev (monitoring dan evaluasi). Berikut contoh kontrak kerja karyawan hotel :

CONTOH KONTRAK KERJA KARYAWAN HOTEL

CONTOH KONTRAK KERJA KARYAWAN HOTEL

2. Contoh kontrak kerja karyawan tetap

Perusahan atau instansi umumnya mempunyai dua tipe karyawan, yaitu karyawan tetap dan karyawan tidak tetap. Fungsi karyawan tetap sebenarnya lebih menitik beratkan pada kelangsungan organisasi tersebut dengan mempertahankan tenaga kerja berkompetensi handal. Contoh kontrak kerja karyawan tetap adalah sebagai berikut :

CONTOH KONTRAK KERJA KARYAWAN TETAP

CONTOH KONTRAK KERJA KARYAWAN TETAP

3. Contoh surat perjanjian kerja karyawan tetap

Menjadi karyawan tetap dalam suatu perusahaan atau instansi dapat memberikan banyak sekali keuntungan yang diperoleh. Selain memiliki penghasilan tetap, mempunyai waktu cuti untuk liburan, mudah mengajukan cicilan, mendapatkan asuransi kesehatan, minim resiko, mempunyai uang pensiun dan waktu kerja lebih teratur serta produktif. Dibawah ini adalah contoh surat perjanjian kerja karyawan tetap :

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

4. Contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta

Perusahaan swasta juga menggunakan kontrak karyawan sebagai dasar mempekerjaan sumber daya manusia. Surat perjanjian ini merupakan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan dimana didalamnya berisi pasal pasal yang tidak boleh dilanggar dan memiliki masa berlaku. Contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta ada dibawah ini :

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

5. Contoh kontrak kerja outsourcing

Stigma kata outsourcing melekat erat pada karyawan dengan posisi ini karena sifat dari jenis pekerjaan ini adalah mengikat dalam waktu tertentu saja. Bila salah satu pihak mengakhiri hubungan kerja meskipun masih dalam periode waktu yang lama, kemungkinan bisa terjadi pemutusan kerja. Dibawah ini contoh surat kontrak kerja outsourcing :

CONTOH KONTRAK KERJA OUTSOURCING

CONTOH KONTRAK KERJA OUTSOURCING

6. Contoh surat kontrak kerja proyek

Surat kontrak sejenis ini dilakukan hanya selama masa proyek tertentu saja, setelah proyek tersebut habis bisa jadi muncul kemungkinan untuk tidak diadakan lagi proyek sejenis. Berikut adalah contoh surat kontrak kerja proyek :

CONTOH SURAT KONTRAK KERJA PROYEK

CONTOH SURAT KONTRAK KERJA PROYEK

7. Contoh format surat perjanjian kerja

Ada banyak format perjanjian kerja, baik swasta, instansi, proyek dan lain lain. Dalam proses pembuatan surat seperti ini sebaiknya sebelum mengerjakan carilah referensi terlebih dahulu. Salah satu contoh format surat perjanjian kerja ada dibawah ini :

CONTOH FORMAT SURAT PERJANJIAN KERJA

CONTOH FORMAT SURAT PERJANJIAN KERJA

Berbagai contoh diatas merupakan referensi bagus yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam membuat surat perjanjian kerja. Semoha bisa membantu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.