Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian Menarik dan Berkualitas

Makalah.id – Kata pengantar proposal penelitian merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan keberadaannya saat membaca, tapi tanpa kata pengantar, proposal penelitian pun tidak akan sempurna. Untuk itu agar kata pengantar yang anda buat itu unik, sesuai tata cara yang benar dan membuat pembaca tertarik, maka anda harus menerapkan teknik atau cara khusus. Anda juga mencari Contoh Kata Pengantar Proposal penelitian lain yang bisa anda gunakan sebagai referensi.

Kata Pengantar Proposal Penelitian

Kata Pengantar Proposal Penelitian

Untuk mendapatkan banyak referensi contoh proposal, anda harus tahu dulu Cara Mencari Contoh Proposal. Kata pengantar proposal penelitian agar terlihat menarik, maka anda tidak boleh menjiplak kata pengantar milik orang lain. Apalagi jika kata pengantar milik orang lain tersebut juga hasil jiplakan dari sumber lain. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan kata pengantar proposal penelitian yang anda buat tersebut sangat umum dan pasaran. Jika sudah begitu, daya tarik pun tidak akan ada dari kata pengantar proposal penelitian punya anda tersebut. Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat kata pengantar proposal penelitian yang menarik? Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, antara lain sebagai berikut :

Kata Pengantar Proposal Penelitian Harus Original

Karya tulis apa saja yang akan anda buat, hendaknya memang original dan 100 persen karya anda sendiri. Dengan begitu anda akan bangga dengan karya anda sendiri tersebut. Termasuk juga dalam pembuatan kata pengantar proposal penelitan. Anda wajib mengedepankan keoriginalan dari kata pengantar proposal penelitian yang anda buat.

Penilaian karya tulis paling utama memang dari keoriginalan. Jika anda mampu mewujudkannya, berarti sudah bisa dikatakan anda mempunyai beberapa poin unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Namun jika kata pengantar proposal penelitian punya teman anda sebagian besar adalah original, maka anda harus bekerja lebih keras lagi untuk itu, sehingga keunggulan penelitian yang anda buat bisa diperoleh.

Kata Pengantar Proposal Penelitian Tidak Boleh Hasil Plagiat

bebas plagiat

bebas plagiat

Karya tulis yang terdapat beberapa persen saja mengutip karya orang lain tidak diperbolehkan, apalagi jika anda mengutipnya secara kesuluruhan, sudah barang tentu penulisan tersebut dikatakan sebagai plagiat. Dalam pembuatan kata pengantar pun anda juga wajib memperhatikan pengaruh plagiat. Jangan sampai anda melakukannya untuk diaplikasikan pada kata pengantar anda.

Untuk mengetahui kata pengantar proposal penelitian yang anda buat tersebut adalah hasil plagiat atau tidak, sekarang ada aplikasi khusus yang bisa anda gunakan untuk memastikannya dengan melakukan pengecekan lebih lanjut. Dengan begitu anda tahu, sudahkah hasilnya 100 persen lolos plagiarisme.

Kata Pengantar Proposal Penelitian Harus menggunakan EYD yang Benar

Penggunaan susunan bahasa yang baik dan benar memang sangat perlu untuk diperhatikan dalam membuat kata pengantar proposal penelitian. Agar hasilnya lebih menarik, maka anda wajib memilah – milahnya apakah sudah menggunakan EYD yang benar atau tidak.

Pengecekan penggunaan EYD lebih lanjut bisa dengan membacanya kalimat demi kalimat saat kata pengantar proposal penelitian selesai dibuat. Anda sebagai pembaca pasti akan tahu dimana letak kalimat yang kurang pas dan tidak sesuai. Ingat ya baca berulang kali untuk memastikannya.

Kata Pengantar Proposal Penelitian Tidak Boleh Hasil Dari Google Translate

tidak boleh hasil dari google translate

tidak boleh hasil dari google translate

Kalimat hasil dari google translate memang untuk sebagian mereka yang awam tidak mudah untuk diketahui dan diidentifikasi. Namun bagi mereka yang paham dalam dunia penulisan, kalimat hasil google translate cukup mudah untuk ditemukan.

Sebenarnya penggunaan kalimat hasil dari google translate cukup mudah untuk diidentifikasi. Ketidak sesuaian antara kalimat satu dengan yang lain, penyusunan kalimat yang rancu dan aneh saat dibaca merupakan ciri umum dari kalimat hasil google translate. Anda jangan sampa menggunakan cara ini untuk diaplikasikan pada kata pengantar proposal penelitian yang akan anda buat.

Kata Pengantar Proposal Penelitian Harus Mengandung Format yang Telah Ditentukan

Selanjutnya anda juga wajib memperhatikan format yang dibutuhkan dalam membuat kata pengantar pada umumnya. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada kata pengantar proposal penelitian. Jika anda mampu dengan baik mengaplikasikannya, maka kualitas dari kata pengantar tersebut akan memenuhi kriteria. Dengan begitu daya tarik dari kata pengantar tersebut bisa didapatkan.

Kata Pengantar Proposal Penelitian Harus 100 Persen Bebas Kesalahan Penulisan (Typo)

Tahukah anda kesalahan pada penulisan (typo) itu sangat fatal jika banyak ditemukan? Banyaknya kesalahan yang ditemukan oleh pembaca, tentu saja akan membuat tidak nyaman. Meskipun mungkin pembaca tahu apa maksud dari kalimat tersebut. Tetap saja penulisan menjadi tidak sempurna dan menyebabkan daya tarik semakin menipis.

Tidak menutup kemungkinan juga kesalahan pada penulisan tidak dimengerti oleh pembaca karena terlalu parah kondisinya. Maka pembaca pun bisa jadi tidak ingin melanjutkan untuk membaca karya tulis tersebut, walaupun hanya kata pengantar saja. Waduh bisa fatal ya jika pembaca baru baca kata pengantar saja sudah males, apalagi untuk membaca isinya. Jadi intinya anda wajib berhati – hati dan teliti. Lakukan pengecekan secara menyeluruh berungkali dengan membacanya langsung, agar kesalahan penulisan bisa diminimalisir.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Agar lebih jelasnya, anda bisa simak contohnya di bawah ini :

Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt yang telah melimpahkan Rahmat, Karunia dan Hidayah – Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan judul “Program Aplikasi Pergudangan Rawmaterial pada PT Maju Utama Indonesia”.

Penulisan tugas akhir ini disusun guna memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar Ahli Madya pada program Diploma 3 (D3), Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema.

Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, tugas akhir ini tidak akan selesai dengan baik. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :

  1. Rony Ferdana Kusuma, M.Kom selaku ketua STTI.
  2. Hady Perdana, S.Kom, MM selaku ketua jurusan
  3. Gumilang, ST, MM selaku dosen pembimbing I atas segala pengarahan, bimbingan dan dukungannya dalam pembuatan Tugas Akhir ini.
  4. Ardana Putra, SE, MM selaku dosen pembimbing II atas segala pengarahan, bimbingan, dan dukungannya dalam pembuatan Tugas Akhir ini.
  5. Tony Siswoyo selaku manager PPIC PT Maju Utama Indonesia yang telah membantu penulis dalam pengumpulan data untuk penyusunan Tugas Akhir ini.
  6. Kedua orang tua, kakak-kakak penulis yang selama ini selalu memberikan doa sehingga penyusunan Tugas Akhir ini berjalan dengan baik.
  7. Semua Dosen dan Staff STTI atas segala ilmu dan bantuan yang telah diberikan.
  8. Teman-teman Mahasiswa STTI atas dukungan dan motivasinya.
  9. Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu atas dukungannya baik secara moral maupun secara material yang diberikan hingga terselesaikannya Tugas Akhir ini.

Penulis menyadari keterbatasan waktu dan kemampuan yang ada pada penulis, sehingga dalam penulisan tugas akhir ini jauh dari sempurna. Harapan penulis, dengan adanya kritik dan saran akan semakin memperbaiki karya tulis ini. Besar harapan penulis, Tugas Akhir ini dapat bermanfaat.

Bekasi, 07 Maret 2019

Penulis

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk membuat kata pengantar proposal penelitian memang tidak semudah seperti yang anda bayangkan. Perlu banyak poin wajib anda pahami dan aplikasikan sehingga menghasilkan karya tulis yang baik.

Melihat penjelasan panjang lebar dari beberapa poin di atas, tentu saja anda akan menjadi lebih waspada saat akan membuat kata pengantar proposal penelitian. Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan lebih lanjut untuk meningkatkan daya tarik dari kata pengantar proposal penelitian tersebut. Sampai jumpa dan terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.